Tips Efektif Mengatasi Insomnia

Tips Efektif Mengatasi Insomnia
Terbiasa tidur larut malam bukanlah hal yang baik untuk kesehatan. Anda pun mungkin tahu hal itu.

Tapi entah kenapa, walaupun suatu kali anda hendak mencoba tidur cepat, sangat sulit untuk anda memejamkan mata hingga kembali anda hanya bisa memejamkan mata hingga larut, bahkan sampai waktu dini hari tiba.

Bila begitu, anda harus waspada, mungkin anda terkena penyakit susah tidur, atau dalam bahasa medis biasa disebut dengan INSOMNIA.

Baca juga: Cara Bijak Menangani Trauma

Insomnia adalah suatu hal yang sangat mengganggu aktivitas istirahat anda. Selain dapat menyebabkan kekurangan darah karena tidak teraturnya sirkulasi darah dalam tubuh, juga tentu aktivitas kerja anda di siang hari juga menjadi tidak maksimal karena kantuk yang melanda.

Anda jadi merasa lemah, letih dan loyo saat siang hari. Kendati demikian, penggunaan obat tidur dalam jangka panjang juga bukanlah solusi bijak untuk kesehatan anda dalam mengatasi Insomnia. Nah, berikut ini adalah cara-cara yang dapat anda lakukan dalam mengatasi gejala Insomnia.


1. Tidak Mengkonsumsi Kafein di Malam Hari

Jangan mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein seperti kopi, coklat, teh, dan lainnya, terutama saat malam hari.

Hal ini akan menambah anda semakin susah tidur dan mengganggu aktivitas istirahat anda di malam hari.

Jadi, alangkah baiknya agar tidur anda bisa lebih nyenyak, sebelum tidur anda tidak mengasup makanan atau minuman yang mengandung kafein.


2. Berhenti Merokok

Banyak dampak buruk bagi kesehatan yang diakibatkan dari kebiasaan merokok. Nikotin yang terkandung dalam rokok akan tambah memperburuk kondisi insomnia yang anda alami.

Jadi, dari sekarang mulailah berhenti merokok jika anda ingin istirahat dengan nyaman dan berkualitas, agar kesehatan tubuh juga dapat tetap terjaga.


3. Hindari Minuman Beralkohol

Mungkin sebagian orang berpendapat dengan minum minuman beralkohol akan membuat mereka mengantuk.

Memang ada benarnya, tapi tidur yang anda lakukan setelah minum minuman beralkohol bukanlah tidur berkualitas yang bisa membuat anda tidur dengan nyaman dan nyenyak.

Justru alkohol akan tambah memperburuk insomnia anda. Selain itu, alkohol juga tidak baik untuk kesehatan tubuh anda, terutama dapat merusak hati dan sel otak.


4. Tenangkan Pikiran Saat Malam Hari

Setiap orang pasti punya masalah dalam hidupnya, namun saat malam hari menjelang tidur lupakanlah sejenak segala urusan pekerjaan maupun keluarga.

Sebab, stres dapat membuat anda sulit tidur dan menjadi ancaman serius bagi kesehatan anda. Oleh karena itu, supaya pikiran anda bisa lebih tenang, sebelum tidur biasakanlah diri anda melakukan kegiatan yang menyenangkan.

Setelah bangun nanti, tentu tubuh anda akan lebih bugar dan pikiran pun juga lebih tenang, segala urusan atau masalah pasti akan lebih mudah untuk menemukan jalan keluarnya.


5. Hindari Cahaya saat Tidur Malam

Disarankan, jika anda ingin dapat tidur dengan nyenyak dan nyaman di malam hari sebaiknya anda menghindari sumber cahaya, seperti lampu, cahaya TV, komputer, dan lainnya.

Sebab, adanya cahaya tersebut saat anda tidur akan membuat hormon melatonin dalam tubuh produksinya menjadi terhambat.

Maka, sebelum tidur sebaiknya anda memastikan bahwa alat elektronik di ruangan atau kamar anda yang memancarkan cahaya agar dimatikan terlebih dulu agar aktivitas istirahat anda tidak terganggu dan kualitas tidur yang baik bisa anda dapatkan.


6. Jauhkan Gadget dari Tempat Tidur

Meletakkan gadget dekat dengan posisi anda tidur, apalagi tepat di samping kepala atau di bawah bantal adalah suatu kebiasaan buruk yang harus anda hentikan.

Selain dapat membuat anda susah tidur, gadget juga memancarkan radiasi yang berbahaya bagi otak dan fungsi organ seksual.

Jadi, sebelum tidur singkirkanlah gadget anda, jangan meletakkannya terlalu dekat dengan posisi tidur anda.


7. Rutin Berolahraga

Sebelum tidur, biasakan untuk rutin berolahraga. Namun, waktunya jangan terlalu dekat dengan waktu tidur anda.

Bisa anda beri jarak 3 sampai 4 jam sebelum tidur. Lelah karena olahraga bisa membuat anda lebih mudah beristirahat dan tertidur lebih pulas.


8. Jaga Kebersihan Kamar

Kebersihan kamar anda yang selalu terjaga tentu akan membuat suasananya lebih nyaman. Untuk itu, biasakan untuk membersihkan kamar setidaknya setiap seminggu sekali.

Gantilah dengan rutin seprei tempat tidur anda dan mungkin bisa anda tambahkan pengharum ruangan dalam kamar anda.

Dengan kondisi kamar yang bersih dan nyaman akan membuat tidur anda lebih nyenyak dan ketika bangun anda akan lebih fresh dalam menjalani aktivitas di pagi hari.


Demikianlah posting kami tentang tips mencegah insomnia dengan efektif, semoga bermanfaat.

Sumber:
http://www.8tipskesehatan.com/2015/03/8-cara-mengatasi-insomnia-susah-tidur.html


Related Posts

Tips Efektif Mengatasi Insomnia
4/ 5
Oleh