Tips Menjual Barang Bekas di Situs Jual-Beli Online

Tips Menjual Barang Bekas di Situs Jual-Beli Online
Saat ini, internet adalah teknologi yang cukup membantu dan memberi kemudahan dalam akses informasi, berinteraksi maupun terhubung dengan berbagai orang tanpa terbatas ruang dan waktu, bahkan hingga melakukan perniagaan dengan pasar yang lebih luas.

Banyak orang mulai menekuni usaha dengan pemasaran melalui internet.

Tentu didasarkan dengan berbagai alasan salah satunya karena bisnis di internet tidak terlalu membutuhkan modal yang besar serta bisa dilakukan dengan cara yang cukup mudah.

Tak hanya itu, kehadiran berbagai macam platform dalam mendukung penjualan pun semakin memanjakan para pengelola bisnis di internet.

Baca juga: Alasan Mendasar Memilih Google Adwords dalam Beriklan di Internet

Seperti banyaknya situs atau web marketplace sebagai tempat jual beli online yang dapat dimanfaatkan oleh siapapun dan di manapun.

Tak hanya barang atau produk baru yang bisa dijual pada situs jual beli online tersebut, bahkan produk KW dan barang bekas pun bisa juga lho di jual pada situs-situs tersebut.

Nah, bagi anda yang memiliki barang-barang bekas dengan kondisi masih bagus dan jarang terpakai, tak ada salahnya anda coba untuk menjualnya di internet.

Namun, sebelumnya anda harus perhatikan dulu ya tips-tips berikut ini, agar barang anda bisa cepat laku dan dengan harga yang pantas.


1. Ambil Gambar Produk dengan Kualitas Foto yang Bagus

Oleh sebab produk yang akan anda jual adalah produk bekas, usahakan untuk foto diambil dari berbagai sisi.

Pastikan foto yang anda pilih untuk diunggah ke internet juga harus foto yang terbaik. Maksud terbaik di sini yaitu dapat dilihat dengan jelas, tidak nge-blur atau buram, dan dengan pencahayaan yang sesuai.

Resolusi kamera juga harus dipilih yang terbaik, bila ingin menghasilkan foto yang paling maksimal.

Namun, pada saat hendak mengunggah foto, sebaiknya ukuran foto di-resize kembali agar tidak terlalu besar (maks 200 kb) sehingga saat orang hendak melihat produk anda tidak terlalu lama loading-nya.


2. Cantumkan Deskripsi yang Lengkap

Untuk produk barang bekas, cantumkan deskripsi barang dengan sejelas-jelasnya. Sampaikan kondisi barang dengan lengkap, termasuk kekurangannya atau apabila ada cacat akibat pemakaian.

Sebagai pengguna barang sebelumnya, tentu andalah yang paling tahu tentang kondisi dari barang tersebut. Sampaikan dengan jujur, agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan setelahnya.


3. Cek Harga Pasaran

Setelah foto dan deskripsi barang anda disiapkan, setelah itu barulah anda tentukan berapa harga yang hendak dipasang pada barang yang akan anda jual tersebut. Survey harga sebaiknya anda lakukan terlebih dahulu terhadap produk yang sama.

Agar harga yang pantas bisa tergambar dalam benak anda sehingga barang anda akan lebih cepat terjual.

Pastinya sesuaikan pula bila memang ada kelemahan pada barang anda tersebut, karena bila anda memasang harga terlalu tinggi atau tidak sesuai dengan kondisi barang saat itu, maka akan membuat pembeli hanya banyak bertanya namun berujung pada tidak jadi membeli.


4. Pilih Media Berjualan yang Tepat

Sebenarnya anda dapat melakukan promosi di mana saja bila anda hendak berjualan di internet. Situs-situs yang cukup populer dalam berjualan online bisa anda manfaatkan seperti Facebook, forum jual-beli, mungkin bisa juga dipasang di blog sendiri, dan sebagainya.

Namun, memilih situs-situs forum jual-beli maupun situs jual beli online adalah yang paling disarankan.

Karena calon konsumen anda akan lebih tertarget dan tersegmentasi untuk menemukan antara penjual dan pembeli secara online.


Itulah beberapa tips untuk menjual barang bekas anda secara online. Marketing online memang cukup menjanjikan, karena ke depannya orang akan semakin cenderung memilih untuk belanja di marketplace.

Sumber:
http://netpreneur.co.id/cara-mudah-menjual-barang-bekas-di-internet/#.VVuCvHKunLW


Related Posts

Tips Menjual Barang Bekas di Situs Jual-Beli Online
4/ 5
Oleh