Tips Sederhana Menjadi Seorang Sales yang Baik

Tips Sederhana Menjadi Seorang Sales yang Baik
Banyak orang yang mungkin memandang remeh posisi kerja sebagai seorang sales.

Bahkan, pasti anda pun pernah mengalami ketika ada seorang sales yang datang menawarkan produknya ke rumah anda, pasti anda sudah langsung bilang “maaf mas/mba enggak dulu deh...”, padahal sales tersebut pun belum sempat mengenalkan namanya dan menawarkan produk yang dijajakannya.

Sehingga mungkin banyak para pelamar kerja yang ketika dilihat bahwa lowongan yang tersedia dan cocok untuk dirinya hanyalah bagian sales, ia pun mengurungkan niatnya untuk melamar pekerjaan tersebut.

Simak juga: Pemahaman Singkat Tentang Profesi Advokat yang Perlu Anda Ketahui

Entah, nampaknya posisi sales begitu tidak menjadi profesi yang populer di masyarakat kita. Padahal, bila anda ketahui bahwa sales itu merupakan ujung tombak dari kelangsungan bisnis sebuah perusahaan.

Tanpa adanya sales, bagaimana perusahaan dapat menjual barang produksinya? Dan lagi sebenarnya sales itu bila sudah ‘menemukan jalannya’ dapat menjadi profesi pekerjaan dengan prospek yang bagus, keuntungannya menjadi sales antara lain penghasilan yang tidak terbatas, bebas mengekspresikan pola kerja (pemasaran) yang sesuai dengan passionnya, tidak terkungkung bekerja di dalam kantor dan diawasi oleh atasan setiap menitnya, dan banyak lagi kelebihan-kelebihan profesi sales.

Jadi bagi anda yang bekerja sebagai sales, jangan berkecil hati karena banyak orang-orang sukses yang mengawali karir mereka dari nol sebagai seorang sales.

Kendati demikian, menjadi sales yang baik dan dapat menjual barang dengan maksimal bukanlah hal yang mudah.

Tentunya dibutuhkan trik atau cara-cara yang baik dan kreatif agar anda dapat diterima dengan baik oleh calon konsumen anda.


1. Berikan Pujian pada Calon Konsumen

Memberikan sanjungan kepada calon pembeli diawal pertemuan merupakan cara yang cukup efektif membuat calon konsumen muncul ketertarikan sebelum anda menawarkan produk yang hendak dijual.

Namun, tetaplah memuji sewajarnya, karena salah-salah bila anda terlalu ‘lebay’ malah akan membuat calon pembeli anda ‘ilfeel’.


2. Berpenampilan Menarik

Penampilan adalah hal penting untuk menimbulkan ‘kesan pertama yang begitu menggoda’. Berpenampilan rapi, menarik, dan mungkin bisa juga disesuaikan dengan produk yang anda jual.

Misalnya anda jual produk penumbuh rambut, tapi pembeli akan merasa aneh bila anda saja tidak mempunyai sehelai pun rambut di kepala anda.


3. Pintar Berkomunikasi

Seorang sales harus mampu mengolah kata-kata ‘ajaib’ untuk membuat calon pembeli merasa butuh dengan barang yang ia jual, padahal barang tersebut juga tidak terlalu penting di mata orang yang anda jadikan ‘target operasi’.

Namun, yang terpenting adalah sales itu harus bisa berbahasa yang baik, sopan, dan juga merakyat. Tentu akan sangat tidak nyambung apabila anda menawarkan produk menggunakan bahasa jawa apabila pembeli anda adalah orang batak.

Orang yang anda ajak bicara paling juga hanya bisa melongo mendengar anda ‘ngedumel’ enggak jelas.


4. Memastikan Kembali Calon Pembeli

Di akhir ‘presentasi sederhana’ yang anda lakukan di depan calon pembeli, pastikan bahwa barang tersebut memang benar-benar menjadi kebutuhan mereka.

Namun, harus diingat juga sebaiknya jangan terlalu memaksa, karena bisa-bisa anda malah diteriaki ‘begal’ oleh calon pembeli anda.


5. Hadapi dengan Senyuman

Hadapi dengan senyuman, semua yang terjadi, biar terjadi... Mengutip lirik lagu “Dewa 19”, apapun kenyataan yang anda hadapi tetaplah tersenyum, dan yakin bahwa semua akan baik-baik saja.

Awali dengan senyuman saat pertama kali berhadapan dengan calon pembeli, dan akhiri pula dengan senyuman.

Laku enggak laku, diterima atau ditolak, jadian atau putus, yang penting pastikan senyuman untuk selalu menghiasi wajah anda.


Hehe... Itulah beberapa tips yang mungkin dapat anda terapkan untuk menjadi seorang sales yang baik, sebenarnya tips-tips di atas sangatlah penting untuk diterapkan. SERIUS lho...!!! Hanya saja memang cara penyampaiannya yang kami buat lebih santai dan menghibur.

Sumber:
http://www.komikdimsum.com/2015/05/tips-menjadi-sales-yang-baik-dan-benar.html


Related Posts

Tips Sederhana Menjadi Seorang Sales yang Baik
4/ 5
Oleh