4 Alasan Penting Mengapa Web Designer Sebaiknya Bekerja Secara Tim

4 Alasan Penting Mengapa Web Designer Sebaiknya Bekerja Secara Tim
Jika Anda adalah orang dengan kemampuan yang diperlukan untuk mencapai hal besar dalam bidang desain web, maka jangan berbangga dulu!

Mungkin Anda mempunyai semua yang dibutuhkan untuk menjadi Web Designer yang hebat, baik dari segi artistik maupun kreativitas serta punya mata yang jeli pada warna dan tekstur.

Ditambah lagi mungkin Anda sanggup memecahkan berbagai permasalahan dalam bidang desain web dengan kemampuan teknis dan keterampilan yang dimiliki.

Segala keterampilan tersebut bisa saja membuat Anda menjadi hebat dalam industri desain web.

Akan tetapi, sebaiknya jangan langsung berpuas diri, karena ada satu faktor yang paling penting untuk bisa menjadi hebat dalam industri desain web, yaitu “Kerjasama”.

Baca juga: 7 Tantangan Bekerja Di Rumah Melalui Internet untuk Ibu Rumah Tangga

Kebanyakan orang mampu mencapai keberhasilan karena didukung dan memiliki tim yang baik. Sebab, budaya perusahaan hanya dapat dibangun dengan adanya kerjasama yang baik antara masing-masing personelnya.

Walau kenyataannya ke-dinamis-an dunia desain web yang dinamis banyak digeluti oleh orang-orang yang lebih menyukai bekerja sendiri.

Namun, adanya kerjasama tentu akan lebih mendorong suatu kreativitas untuk lebih hebat dan merajai dunia industri yang bersangkutan.

Memang, dengan bekerja sendirian terdapat banyak hal positif yang mungkin bisa Anda dapatkan. Akan tetapi, sebagai seorang Web Designer, kemungkinan Anda menjadi kontra-produktif juga bisa terjadi bila Anda hanya bekerja sendiri.

Dan berikut ini kami akan berbagi tentang alasan-alasan mengapa Web Designer sebaiknya tidak hanya sendirian dalam bekerja.


1. Kesendirian Menyebabkan Isolasi Sosial

Mungkin ini adalah alasan krusial dan mendasar mengapa Web Designer sebaiknya tidak bekerja sendiri.

Sebagai manusia, kita diciptakan sebagai mahluk sosial, dirancang untuk berkembang, berbaur, dan menghadapi tantangan demi tantangan dengan berbagi serta mendapatkan pengalaman bersama umat manusia yang lain.

Berkomunikasi dan berinteraksi dengan manusia lainnya merupakan suatu hal yang penting demi kemajuan Anda dan juga kemajuan manusia yang lainnya.

Saat bekerja sendiri, kebanyakan orang akan cenderung mengisolasi dirinya dan hal ini jika dibiarkan dalam jangka waktu lama maka akan mengakibatkan kerusakan, tak hanya untuk karir Anda sebagai desainer, melainkan juga kesehatan fisik dan mental Anda.

Ketika bekerja sendiri, mungkin Anda lebih mudah untuk melakukannya, sebab tidak ada bos, tidak ada jam kerja, dan tak perlu ke mana-mana.

Anda bisa bekerja dengan bebas tanpa ada peraturan yang mengikat, dan faktanya, ide Andalah yang mengurus segala sesuatu itu sendiri, supaya Anda bisa lebih menikmatinya. Hal ini bisa menjadi sangat sulit seiring waktu berjalan, walau di awal memang tampak menarik.

Akan datang saat di mana Anda tak mampu lagi menanganinya sendiri. Ketika itu, ketidaknyamanan akan mulai terasa, bahkan ketidaknyamanan dengan dirimu sendiri, sehingga Anda mulai menyadari bahwa sebenarnya Anda membutuhkan orang lain.

Efek nyata yang terlihat dan akan Anda rasakan adalah Anda menjadi cepat marah, kelelahan, bahkan menjadi putus asa.

Oleh sebab itu, tak mengapa bila memang harus bekerja dalam kesendirian, namun jangan membuat Anda menjadi mengisolasi diri Anda dari kehidupan sosial. Sebab, kesendirian dengan isolasi merupakan dua hal yang memiliki perbedaan.


2. Kreativitas Butuh Dinamika yang Berkesinambungan

Memang ada benarnya, banyak ide-ide kreatif yang terlahir dalam kesendirian, dan orang-orang kreatif tentu akan dapat bekerja melebih kemampuan yang dimiliki orang lain.

Namun, kreativitas juga memerlukan dinamika yang berjalan secara berkesinambungan. Semua yang dilakukan untuk berkreativitas, pada titik tertentu akan berubah menjadi seperti rutinitas, dan bila sudah terjadi seperti itu, maka sudah bukan lagi dikatakan sebagai pekerjaan yang kreatif.

Selalu membuat hal apapun menjadi lebih baik merupakan tugas utama seorang Web Designer. Situs yang didesain tentunya harus dinamis dan tampak hidup.

Contoh kecil dari manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan bekerja secara tim ialah Anda selalu dapat membicarakan ide-ide gila dengan tim Anda, dan berawal dari ide gila bukan tidak mungkin sedikit masukan dari rekan Anda akan mengubah ide gila menjadi sangat luar biasa.


Baca Lanjutannya di Sini:
4 Alasan Penting Mengapa Web Designer Sebaiknya Bekerja Secara Tim (bagian 2)


Related Posts

4 Alasan Penting Mengapa Web Designer Sebaiknya Bekerja Secara Tim
4/ 5
Oleh