5 Alternatif Peluang Usaha yang Menguntungkan di Pedesaan

5 Alternatif Peluang Usaha yang Menguntungkan di Pedesaan
Tersedia beberapa pilihan peluang usaha ketika Anda memutuskan untuk berwirausaha di pedesaan.

Tentunya, ada sedikit perbedaan antara usaha yang akan dijalankan di desa dengan usaha yang ada di kota besar.

Hal ini dikarenakan pola hidup yang masyarakat desa lakukan juga jauh berbeda dengan masyarakat di perkotaan.

Profesi yang banyak dilakukan di pedesaan antara lain petani, peternak, atau menjadi pedagang di pasar-pasar tradisional, perbandingannya dengan jumlah pekerja kantoran maupun PNS sangatlah jauh selisihnya.

Baca juga: Tips Memulai Usaha Ternak Ayam Kampung (Part 1)

Terdapat suatu tingkat kesulitan tersendiri dalam membuka usaha di pedesaan. Meskipun peluang untuk memperoleh keuntungan yang lebih besar terdapat pada usaha di pedesaan.

Tetapi, bila Anda tidak menjalankan jenis usaha yang benar-benar cocok untuk masyarakat desa, maka Anda akan gagal untuk mendapatkan kesempatan meraih keuntungan yang besar tersebut.

Jadi, sebelum memutuskan untuk membuka usaha, Anda harus pelajari dulu bagaimana kehidupan mereka dan kira-kira apa saja yang memang dibutuhkan oleh masyarakat di pedesaan.


1. Toko Peralatan dan Bahan Kebutuhan Pertanian

Salah satu dari beberapa referensi usaha yang bisa Anda jalankan di pedesaan, yaitu dengan membuka toko yang memperdagangkan pupuk atau alat pertanian sehingga dapat membantu kebutuhan para petani dalam usahanya bekerja sehari-hari.

Di samping peralatan pertanian, juga sandingkan dengan peralatan peternakan serta pakan ternak, ini akan menjadi peluang yang bagus untuk mengembangkan usaha Anda secara berkelanjutan.


2. Membuka Usaha Jahit Pakaian

Membuka usaha jahit pakaian juga bisa menjadi peluang yang bagus di pedesaan. Sebab, di desa tentunya jasa menjahit akan sangat dibutuhkan dan dicari oleh masyarakat.

Dalam memulai usaha tersebut, bisa Anda lakukan dengan menyewa sebuah toko atau membukanya di rumah sendiri.


3. Usaha Toko Kelontong dan Jual Pulsa

Pilihan lain yaitu bisa juga dengan membuka usaha toko kelontong. Kemungkinan besar di desa, orang-orang lebih suka berbelanja ke toko kelontong atau pasar tradisional, hal ini merupakan peluang besar untuk membuka usaha toko kelontong dan menyediakan barang serta keperluan rumah tangga sehari-hari.

Biasanya, sebuah toko kelontong yang paling lengkap dan relatif murah akan menjadi incaran masyarakat dalam berbelanja kebutuhan sehari-harinya.

Peluang membuka usaha toko kelontong juga cukup bagus, karena bisa dikatakan pesaingnya masih sedikit, jadi berpeluang untuk Anda memperoleh keuntungan yang besar.

Selain itu, Anda juga bisa menyandingkan toko kelontong Anda dengan jualan pulsa, walaupun konsumsi pulsa dalam berkomunikasi di masyarakat desa tidak terlalu besar, tapi hasilnya akan lumayan sebagai penghasilan tambahan dari toko kelontong Anda. Jadi, orang yang berbelanja barang kebutuhan pokok bisa sekalian mengisi pulsa di tempat Anda.


4. Usaha Warung Kopi dan Gorengan

Sebagian besar masyarakat desa baik yang berusia muda maupun orangtua senang minum kopi dan makan gorengan.

Hal ini bisa Anda jadikan peluang usaha untuk membuka warung kopi dan makanan camilan seperti gorengan tempe, bakwan, dan sebagainya.

Banyak orang-orang tua di desa yang senang mencari tempat tongkrongan untuk sekadar ngobrol-ngobrol bersama rekannya dengan mencari warung-warung kopi terdekat.

Bisa juga Anda tambahkan fasilitas televisi ataupun radio untuk sedikit menghibur mereka yang datang ke warung Anda. Pastinya, semakin hari warung kopi Anda pun juga akan semakin ramai.


5. Usaha Persewaan Alat Hajatan dan Sound System

Banyak orang-orang di desa ketika mengadakan hajatan mereka menyewa tenda (layos) beserta sound systemnya sebagai resepsi dari pernikahan maupun khitanan anaknya. Namun usaha ini memang tidak bisa memberikan keuntungan yang setiap hari bisa Anda dapatkan.

Masalahnya, acara-acara hajatan ini bersifat musiman, artinya tidak mesti setiap hari ada orang yang menyewa, jadi mungkin akan lebih baik kalau usaha ini hanya untuk sekadar usaha sampingan saja.

Yah, itung-itung untuk tambahan penghasilan Anda dalam menutup pengeluaran kebutuhan tiap bulannya.


Itulah kelima peluang usaha yang menguntungkan di pedesaan yang dapat Anda coba jalankan. Sebenarnya masih banyak lagi usaha-usaha lainnya yang bisa Anda jalankan di pedesaan, misalnya seperti peternakan ayam, budidaya ikan lele, dan sebagainya, namun untuk usaha di bidang peternakan tentunya dibutuhkan modal yang tidak sedikit dan keterampilan yang mumpuni.

Ada baiknya sebelum membuka suatu usaha di desa, Anda sering ngobrol-ngobrol dengan masyarakat desa dan mempelajari seperti apa minat orang-orang di pedesaan tersebut.

Boleh juga kalau misalnya Anda ingin memperkenalkan hal-hal baru kepada orang di pedesaan, siapa tahu ternyata banyak peminatnya dan bisa mendatangkan kesuksesan untuk Anda. Selamat mencoba dan semoga sukses yah sobat.

Sumber:
http://www.bisnisonlinegratisan.com/2013/07/peluang-usaha-di-pedesaan-yang.html


Related Posts

5 Alternatif Peluang Usaha yang Menguntungkan di Pedesaan
4/ 5
Oleh

1 komentar: