5 Aspek Mendasar yang Harus Dipahami Sebelum Memulai Bisnis

5 Aspek Mendasar yang Harus Dipahami Sebelum Memulai Bisnis
Bila Anda adalah orang dengan semangat enterpreneur tentunya harus memiliki kemampuan untuk menemukan jalan yang tepat dalam menyalurkan semangat enterpreneurnya menjadi sebuah kesuksesan melalui usaha atau bisnis yang Anda bangun.

Namun, sebelum Anda memutuskan untuk mulai berdikari dalam suatu usaha atau bisnis, sebaiknya pertimbangkan dahulu dengan matang bagaimana kelangsungan bisnis tersebut ke depannya apakah akan langgeng atau hanya bersifat momentum yang hanya akan berjalan dalam periode tertentu, sehingga Anda harus memutar otak lagi menganalisa berbagai peluang bisnis baru yang lebih menjanjikan.

Terdapat beberapa aspek penting yang harus Anda putuskan sebelum memulai bisnis Anda sendiri. Aspek-aspek ini memiliki fungsi yang sangat vital untuk menilai apakah berdikari melalui bisnis sendiri merupakan jalan terbaik untuk Anda atau bahkan sebaliknya.

Baca juga: 3 Tips Mengembangkan Usaha Dengan Cepat


1. Keuangan

Semangat berwirausaha memang penting untuk Anda miliki, namun aspek yang sangat berpengaruh pada bisa atau tidaknya Anda membuka usaha sendiri ialah apakah Anda memiliki sumber daya keuangan yang memadai.

Lakukan evaluasi terhadap keuangan pribadi Anda guna mengetahui apakah bisa Anda menyisihkan sejumlah dana atau mencari sumber dana eksternal (pinjaman di bank misalnya) untuk memulai suatu bisnis.

Permodalan haruslah direncanakan dan diputuskan terlebih dahulu sebelum sebuah bisnis dimulai, agar bisnis baru Anda nantinya dapat berjalan dengan lancar sehingga Anda mampu berkonsentrasi penuh pada hal-hal penting lainnya dalam bisnis Anda.


2. Dedikasi

Ketika baru merintis sebuah usaha, Anda harus sudah siap terhadap konsekuensi bekerja sepanjang hari, bahkan juga pada saat akhir pekan.

Hari-hari Anda akan selalu diisi dengan bekerja dan bekerja. Seperti itulah memang, suatu bisnis yang baru dibangun membutuhkan perhatian dan kerja yang ekstra dengan segala sumber daya yang terbatas.

Mampu atau tidaknya Anda menjadikan usaha tersebut sukses dari awal berdiri hingga masa mendatang, tentunya akan ditentukan seberapa besar dedikasi Anda untuk usaha tersebut.


3. Sumber Daya

Agar bisnis Anda dapat berjalan dengan lancar, tentunya dibutuhkan sumber daya yang memadai. Buatlah sumber daya apa saja yang nantinya akan dibutuhkan, dan apa saja sumber daya yang Anda miliki saat ini.

Misalnya saja, gedung dengan lokasi strategis, berbagai peralatan maupun perlengkapan usaha, atau beberapa karyawan untuk menunjang kelancaran jalannya usaha Anda.

Selain itu, pastikan pula bahwa bahan baku akan dapat dipenuhi selalu oleh suplier sehingga kelancaran pasokan bahan baku dapat terus terjaga untuk operasional perusahaan.


4. Produk

Kenali produk Anda dengan baik, amati para pesaing, dan lakukan riset pasar terkait dengan produk yang Anda jual serta bagaimana cara Anda untuk bisa masuk ke target pasar tersebut, bahkan merebutnya dari tangan pesaing Anda lainnya.

Dan pastikan Anda selalu melakukan evaluasi secara berkala terhadap produk yang akan Anda jual di pasaran.

Pemahaman yang baik terhadap produk Anda serta memahami situasi pasar yang baik akan sangat membantu Anda dalam pengambilan keputusan yang tepat demi kelangsungan bisnis yang Anda jalankan.


5. Pengalaman

Pengalaman adalah guru yang paling berharga, begitulah kiranya pepatah mengatakan. Akan lebih baik dan sangat membantu jika sebelumnya Anda memang memiliki pengalaman yang cukup pada bidang usaha yang dijalankan.

Perbanyak terus ilmu dan wawasan Anda terutama yang berkaitan dengan bidang bisnis Anda. Di samping itu, perluas pula jaringan Anda dan jangan segan untuk mencari informasi tentang asosiasi terkait usaha Anda tersebut.


Itulah kelima aspek penting yang jangan sampai dilupakan ketika mengawali langkah dalam membangun suatu bisnis baru.

Agar usaha Anda akan mudah dalam menembus pasar, pertimbangkan pula tentang Nama Usaha yang tepat dan “menjual”, karena hal ini juga merupakan aspek penting dalam kelangsungan bisnis Anda di masa mendatang.

Sumber:
http://www.coretankecil.com/hal-penting-yang-harus-dipahami-dan-dilakukan-sebelum-memulai-usaha-sendiri/


Related Posts

5 Aspek Mendasar yang Harus Dipahami Sebelum Memulai Bisnis
4/ 5
Oleh