8 Hal Penyebab Seseorang Mengalami Sakit Kepala

8 Hal Penyebab Seseorang Mengalami Sakit Kepala
Seseorang mengalami sakit kepala bisa disebabkan oleh banyak hal.

Bisa saja sakit kepala yang anda alami adalah gejala awal terhadap penyakit tertentu yang harus diwaspadai.

Untuk itu, sebaiknya jangan anggap sepele ketika sakit kepala kerap menyerang anda dan telah berlangsung lama, konsultasikan dengan dokter tentang sakit kepala yang anda alami tersebut agar bisa cepat diketahui cara penanganannya.

Walaupun penyakit ini nampaknya tergolong ringan, dan bisa sembuh dengan membeli obat di warung terdekat.

Simak juga: 13 Cara Mencegah Kanker Payudara Secara Alami

Namun, harus anda ketahui bahwa sakit kepala umumnya disebabkan karena perilaku yang tidak sehat.


1. Kekurangan Cairan (dehidrasi)

Kekurangan cairan dalam tubuh bisa mengakibatkan anda terserang sakit kepala. Para ahli menyatakan, kurangnya konsumsi air putih dapat mengakibatkan penyempitan pembuluh darah di otak, akibatnya pasokan darah serta oksigen ke otak anda menjadi berkurang.

Hal inilah yang membuat kepala anda terasa sakit. Jadi, selalu minum air putih sebanyak 8 gelas harus anda biasakan setiap hari supaya anda terhindar dari sakit kepala dan kesehatan juga tetap terjaga.


2. Kondisi Stres

Kondisi pikiran yang kacau karena stres dapat mengakibatkan anda menderita sakit kepala. Biasanya stres adalah penyebab sakit kepala yang paling umum terjadi.

Saat anda stres, kortisol akan diproduksi oleh tubuh untuk meringankan pikiran, namun jika kortisol yang diproduksi terlalu sedikit, maka anda bisa dengan mudah menderita sakit kepala.

Cara paling mudah untuk mengurangi stres ialah dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan atau bisa pula dengan pijat relaksasi.


3. Konsumsi Obat yang Berlebihan

Mungkin tidak mengapa bila sesekali anda membeli obat warung untuk meredakan sakit kepala, atau mengobati penyakit ringan lainnya.

Namun, akan jadi berbahaya apabila anda mengkonsumsinya secara berlebihan dan secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama.

Sakit kepala anda justru akan semakin parah. Bacalah aturan pakai sebelum meminum obat, dan jangan terlalu sering membeli obat warung ketika anda terkena penyakit. Periksa ke dokter adalah lebih baik, karena dokterlah yang lebih ahli tentang suatu penyakit.


4. Berolahraga Secara Berlebihan

Ternyata sakit kepala juga dapat disebabkan karena olahraga. Olahraga walaupun banyak manfaatnya, jika dilakukan tidak secara benar juga akan berakibat fatal.

Umumnya, olahraga harus diawali dengan pemanasan, dan jangan anda langsung melakukan olahraga berat tanpa pemanasan terlebih dahulu.

Kelelahan akibat olahraga yang berlebihan akan berdampak buruk, salah satunya kepala anda akan terasa sakit.

Oleh karena itu, sebelum berolahraga biasakanlah untuk melakukan pemanasan dan mengatur pernapasan. Selain itu, bila memang sudah merasa lelah maka istirahatlah jangan dipaksakan.


5. Kelelahan Karena Kurang Tidur

Para ahli mengatakan, orang yang waktu tidurnya setiap hari kurang dari 6 jam lebih berisiko terserang sakit kepala dibandingkan dengan orang yang waktu tidurnya cukup atau selama 8 jam setiap malam hari.

Kurang tidur juga merupakan salah satu penyebab sakit kepala yang sering ditemui. Oleh sebab itu, agar anda terhindar dari sakit kepala, biasakanlah untuk tidur dengan waktu yang cukup yaitu 7 sampai 8 jam perhari.

Dan jangan terlalu kebanyakan tidur, karena waktu tidur yang berlebihan juga akan membuat anda mengalami sakit kepala dan badan merasa lemas.


6. Perubahan Cuaca

Kesehatan manusia memang bisa dipengaruhi oleh cuaca. Beberapa orang ada yang mudah terserang sakit kepala setiap kali datang musim penghujan.

Hal ini disebabkan karena perubahan kimia pada otak manusia bisa dipicu oleh cuaca yang berubah, dan biasanya akan mengakibatkan iritasi pada saraf yang kemudian akan anda rasakan sebagai sakit kepala.


7. Polusi

Di daerah perkotaan, khususnya dengan lingkungan yang kotor, banyak debu, asap, dan kadar karbon monoksida yang tinggi, tentunya akan sangat membahayakan bagi tubuh manusia.

Zat-zat yang bersifat polutan ini mengandung racun bagi tubuh dan akan mudah membuat seseorang terserang sakit kepala.

Untuk itu, cobalah dengan melakukan penghijauan di sekitar halaman rumah dengan menanam beberapa tanaman, fungsinya sebagai penyaring udara kotor yang mungkin bisa masuk ke dalam lingkungan rumah anda.


8. Asap Rokok

Merokok memang suatu kebiasaan yang tidak sehat, asapnya bukan hanya akan mengganggu kesehatan si perokok saja melainkan juga orang-orang di sekitarnya yang ikut menghirup asap rokok yang dikeluarkan oleh si perokok.

Asap rokok akan membuat orang yang menghirupnya menjadi sakit kepala. Hal ini dikarenakan kandungan zat nikotin yang ada pada rokok dapat mengakibatkan pembuluh darah yang ada di otak menyempit, dan membuat anda terkena sakit kepala.


Demikianlah posting kami kali ini tentang beberapa hal yang dapat menyebabkan seseorang terserang sakit kepala. Semoga dengan membaca informasi di atas akan mengurangi risiko anda terserang sakit kepala.

Sumber:
http://www.8tipskesehatan.com/2015/02/8-penyebab-sakit-kepala.html


Related Posts

8 Hal Penyebab Seseorang Mengalami Sakit Kepala
4/ 5
Oleh