Apakah Sehat, Makan Lalapan Mentah?

Apakah Sehat, Makan Lalapan Mentah?
Sayuran mentah atau biasa disebut dengan istilah lalapan memang memiliki nilai gizi yang lebih baik dibandingkan sayuran matang.

Namun, ternyata lebih berisiko akan tertular bakteri penyakit.

Salah satu hal yang bisa dilakukan jika Anda tetap ingin hidup sehat ialah dengan sering mengkonsumsi sayuran.

Dengan mengkonsumsi sayuran secara rutin dalam porsi yang sesuai, Anda akan senantiasa memperoleh kondisi tubuh yang bugar dan awet muda.

Baca juga: 7 Bahan Pangan yang Baik Dikonsumsi Selama Masa Kehamilan

Karena, sayuran bisa dikatakan sebagai pabrik vitamin, serat pangan, mineral, dan juga antioksidan yang semuanya sangatlah dibutuhkan oleh tubuh agar kesehatannya senantiasa terjaga.

Sayangnya, vitamin adalah komponen gizi yang sangat gampang rusak, oleh sebab itu dalam memilih sayuran juga harus diperhatikan tingkat kesegarannya.

Merupakan parameter penting untuk memperhatikan kesegaran sayuran, karena dengan begitu akan menentukan kualitas hidangan, citarasa, keawetan, dan asupan nilai gizinya.

Mengapa Sayuran Perlu Dimasak? Memasak sayuran sebelum dimakan bertujuan untuk:

  1. Menguraikan pektin yang terdapat pada dinding sel tumbuhan supaya teksturnya menjadi lunak sehingga mudah dicerna.
  2. Membunuh kuman penyakit yang mungkin masih terdapat pada sayuran.
  3. Menon-aktifkan senyawa beracun alami yang mungkin terkandung dalam suatu jenis sayuran.
  4. Menyederhanakan senyawa komplek sehingga lebih mudah dicerna dan diserap oleh tubuh.


Jika dibandingkan dengan bahan segar pada sayuran, proses pemasakan memang bisa menurunkan nilai gizi yang terkandung di dalamnya.

Untuk itu, dalam proses memasak sayuran harus bisa mengkombinasikan antara pemenuhan selera, serta kebutuhan gizi.

Maka, dalam proses memasak juga merupakan suatu pekerjaan seni yang mengolah bahan makanan agar ketika dimasak khasiatnya bagi tubuh tidak hilang atau hancur.


Lalapan Mentah dan Faktor yang Perlu Diwaspadai

Budaya makan lalapan sebenarnya sangat baik untuk dikembangkan, selain karena dapat disajikan dengan mudah, juga banyak manfaat yang bisa didapat.

Lalapan dapat dibedakan menjadi lalapan mentah dan lalapan matang. Biasanya, jenis sayuran yang sering digunakan dalam lalapan mentah adalah daun kemangi, kol, mentimun, tomat, kacang panjang, dauh poh-pohan, daun jambu mete, kenikir, dan terong bulat.

Sedangkan, untuk lalapan matang umumnya memakai bahan wortel, buncis, labu siam, kacang panjang, kecipir, pare, kol, daun singkong, bayam, dan kangkung.

Lalapan mentah bila ditinjau dari perolehan gizinya, mengandung unsur gizi yang lebih banyak daripada lalapan matang.

Tapi, lalapan mentah lebih berisiko ditinjau dari segi keamanannya jika dibandingkan dengan lalapan matang. Faktor yang perlu diwaspadai dalam memakan lalapan mentah antara lain sebagai berikut:

1. Teknik Mencuci Sayur yang Kurang Baik

Ditunjukkan oleh berbagai penelitian bahwa terdapat beberapa zat kimia dalam pestisida yang memang tidak bisa hilang dengan cara dicuci. Apalagi, bila teknik yang dilakukan kurang benar dalam mencuci sayuran.

2. Kualitas Air Pencuci

Air yang bersih ialah air yang tidak berwarna, berbau dan berasa, serta tidak terdapat mikroba patogen di dalamnya.

Berbagai kontaminan seperti bakteri penyebab infeksi sering mencemari air bila tidak didapat dari sumber air yang bersih. Agar lebih aman, sebaiknya cuci lalapan dengan air matang....

Baca selanjutnya di sini:
Apakah Sehat, Makan Lalapan Mentah? (2)


Related Posts

Apakah Sehat, Makan Lalapan Mentah?
4/ 5
Oleh