Benarkah Dehidrasi Bisa Menyebabkan Timbulnya Jerawat

Benarkah Dehidrasi Bisa Menyebabkan Timbulnya Jerawat
Jerawat memang kadang menyebalkan, mati satu eh yang tumbuh lagi malah seribu.

Adanya jerawat tentu akan membuat tampilan wajah menjadi tidak indah, terutama bagi kaum wanita, timbulnya jerawat selalu dianggap sebagai suatu masalah besar, sebab penampilan kamu pastinya akan terganggu secara keseluruhan akibat adanya jerawat yang tumbuh subur di wajahmu.

Adanya jerawat ternyata tidak hanya terjadi pada mereka yang memiliki kelenjar minyak berlebih pada kulitnya.

Simak juga: Khasiat Kesehatan yang Bisa Anda Dapatkan dari Kayumanis

Masalah jerawat pun dapat timbul pada mereka yang mempunyai kondisi kulit yang kering. Apalagi kalau kamu kurang minum air, maka kemungkinan untuk tumbuhnya jerawat di wajah kamu akan cenderung lebih besar.

Tubuh manusia hampir 70 persennya terdiri dari air, dan banyak penyebab masalah kulit yang timbul akibat kurangnya tubuh kita dalam mengkonsumsi air. Terutama timbulnya sel-sel kulit mati yang disebabkan karena tubuh kita kekurangan air.

Sel kulit mati yang semakin banyak dan didiamkan ini akan menumpuk di lapisan kulit sehingga mengakibatkan pori-pori kulit menjadi tersumbat.

Maka, timbullah jerawat pada wajah maupun kulit kamu. Jadi, dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh secara tidak langsung akan mengakibatkan timbulnya masalah jerawat pada wajah.

Terdapat kelenjar sebaceous di dalam lapisan kulit manusia yang fungsinya yaitu sebagai pelumas minyak yang ada pada kulit.

Keseimbangan dari kelenjar ini sangat perlu untuk dijaga sehingga minyak baik akan mampu diproduksi oleh kulit, dan keseimbangannya akan tetap terjaga pula walaupun kulit kekurangan air atau kelebihan minyak.

Biasanya, ketika kamu mengalami kekeringan pada kulit, kesalahan utama yang dilakukan adalah kamu akan segera memakai pelembab guna mengatasi kulit kering tersebut.

Cara seperti ini sebetulnya justru akan membuat kotoran menyumbat pada pori-pori kulit sehingga akan memicu timbulnya jerawat.

Ketika dehidrasi kamu alami, mencukupi kebutuhan air serta cairan elektrolit adalah hal yang sangat penting harus dilakukan sebagai pemenuhan mineral penting untuk organ dan jaringan tubuh.

Tubuh membutuhkan kecukupan air untuk mengganti cairan yang keluar melalui air seni, keringat, dan aktivitas ekskresi tubuh lainnya.

Itulah yang menjadi sebab mengapa minum air sangatlah penting untuk manusia, yaitu sebanyak delapan gelas perharinya agar keseimbangan akan kebutuhan air dalam tubuh dapat tercipta.

Oleh sebab itu, menjaga kulit dari masalah jerawat sebenarnya mudah saja dilakukan. Hanya dengan mencukupi kebutuhan minum Anda setiap harinya, maka timbulnya jerawat pada kulit akan dapat dicegah.

Sumber:
http://health.kompas.com/read/2013/04/22/19504868/Kurang.Minum.Hati-hati.Jerawat.Datang.


Related Posts

Benarkah Dehidrasi Bisa Menyebabkan Timbulnya Jerawat
4/ 5
Oleh