Benarkah Generasi Muda Masa Kini Lebih Rajin Menabung?

Benarkah Generasi Muda Masa Kini Lebih Rajin Menabung?
Ternyata, bagi Anda yang selama ini mempunyai persepsi bahwa generasi muda zaman sekarang memiliki gaya hidup yang hedonis dan boros, maka Anda salah besar.

Faktanya, generasi muda dengan rentang usia 18-33 tahun atau yang biasa dikenal dengan sebutan generasi millenium ini justru disiplin dalam mengelola arus keuangan pribadi mereka.

Sayangnya, penelitian ini baru terjadi di Negara maju. Dan belum pernah dilakukan di Indonesia, tapi mungkin generasi muda di tanah air kita tercinta ini bisa mencontoh dari mereka.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh sebuah perusahaan penyedia tabungan online, GE Capital Direct membuktikan bahwa generasi milenium ternyata memiliki kedisiplinan dalam hal menabung bila dibandingkan dengan generasi X dan generasi baby boomer.

Baca juga: 4 Hal yang Dapat Merangsang Kebiasaan Menabung

Penelitian yang dilakukan di Inggris, melibatkan 2000 orang penabung, menemukan bahwa generasi muda pada rentang usia 18 hingga 24 tahun selalu menyimpan hampir 1/3 dari pendapatan bulanan mereka.

Selanjutnya pada penelitian yang sama pula, generasi muda pada rentang usia 25 sampai 34 tahun, sedikitnya menyimpan seperlima dari gaji mereka yang didapatkan setiap bulannya.

Kondisi yang demikian dapat terjadi disebabkan anak-anak generasi milenium lebih teguh dalam memegang prinsip You Only Live Once.

Mereka beranggapan bahwa mereka merasa sangat lapar akan pengetahuan, pengalaman dan petualangan yang hanya sekali dalam seumur hidup bisa mereka nikmati.

Dengan begitu, memang bila 13 persen dari mereka menabung untuk memperoleh pengalaman hidup yang berharga bukanlah suatu yang mengherankan.

Dalam penelitian tersebut juga para peneliti menyoroti generasi pada rentang usia 25 hingga 34 tahun, ternyata mereka lebih khawatir mengenai masa depan.

Bahkan, mereka beranggapan kalau selama ini mereka belum cukup menabung bila dibandingkan dengan seperempat kelompok silver savers, yaitu kelompok dalam rentang usia 65 tahun ke atas.

Alhasil, sebanyak 42% dari kelompok usia 25 hingga 34 tahun cenderung menabungkan uangnya dengan rutin.

Jadi, anak muda zaman sekarang memang sudah sepatutnya untuk bekerja keras dan menyisihkan uang mereka dalam tabungan secara rutin.

Nantinya, mereka sendiri bukan yang akan memetik hasilnya dari kebiasaan menabung yang ditanamkan sejak dini?

Namun, berbeda dengan generasi dalam kelompok rentang usia lainnya, dari hasil penelitian tersebut, menunjukkan bahwa hampir sepertiga dari generasi baby boomers atau yang berada pada rentang usia 55 hingga 64 tahun mengaku tidak menabung sama sekali. Entah alasan mereka, yang jelas itulah yang mereka akui.

Sumber:
http://female.kompas.com/read/2014/04/20/1527199/Meski.Hobi.Bersenang-senang.Generasi.Muda.Masa.Kini.Rajin.Menabung.


Related Posts

Benarkah Generasi Muda Masa Kini Lebih Rajin Menabung?
4/ 5
Oleh