Berburu Program Beasiswa untuk Kelangsungan Kuliah Anda

Berburu Program Beasiswa untuk Kelangsungan Kuliah Anda
Masa depan seseorang yang lebih baik dipercaya dapat diraih dengan adanya pendidikan tinggi yang seseorang miliki.

Namun, seperti diketahui bersama bahwa untuk memperoleh akses pendidikan tinggi yang baik tidaklah murah.

Selain adanya biaya yang besar ketika pertama masuk, seorang mahasiswa pastinya juga akan mengeluarkan biaya yang cukup besar ketika harus membeli buku maupun saat melakukan penelitian.

Beasiswa nampaknya bisa menjadi sebuah solusi yang baik di tengah mahalnya biaya pendidikan tinggi yang harus dikeluarkan seseorang di zaman sekarang ini.

Baca juga: 8 Cara Memicu Semangatmu Mengerjakan Tugas Kuliah

Beasiswa merupakan sebuah program pembiayaan pendidikan yang ternyata tidak hanya diperuntukkan bagi mereka yang memiliki prestasi akademik gemilang saja.

Bagi anda yang walapun prestasi akademiknya biasa saja, tapi memiliki kualifikasi yang sesuai pada suatu program beasiswa dan juga mempunyai kesungguhan dalam belajar pun bisa memiliki peluang untuk mendapatkan suatu program beasiswa.

Beasiswa merupakan solusi tepat dalam mengatasi masalah finansial yang dihadapi para mahasiswa dengan kondisi keuangan keluarga yang kurang baik.

Di samping dapat meringankan beban finansial di waktu sekarang, adanya program beasiswa yang didapatkan ketika kuliah biasanya juga akan menjadi nilai tambah pada resume ketika nanti telah lulus dan mencari pekerjaan yang diinginkan.

Posting berikut ini merupakan tips tentang beberapa lembaga yang biasanya mengadakan program beasiswa kepada para mahasiswa.

Tidak ada salahnya bagi anda mahasiswa yang sedang mengalami kesulitan kondisi keuangan namun masih tetap semangat mengejar gelar sarjana untuk berburu beasiswa dari beberapa lembaga di bawah ini!


1. Program Beasiswa dari Universitas

Biasanya banyak juga Universitas baik di Indonesia maupun dari luar negeri yang menyediakan program beasiswa untuk mahasiswa baru.

Jadi, sebaiknya sebelum mendaftarkan diri di Universitas yang Anda tuju, tanyakan kepada pihak kampus apakah Universitas tersebut memberikan program beasiswa untuk mahasiswa baru.

Sebelum menerima anda sebagai peserta beasiswa, biasanya ada beberapa pertimbangan yang diajukan pihak Universitas.

Syaratnya pun bisa berbeda-beda di masing Universitas, fakultas, maupun jurusan. Ada yang memang ditujukan untuk mereka dengan prestasi akademik yang baik, dan ada juga yang berdasarkan status ekonomi si pendaftar beasiswa.

Selain itu, tak jarang pula Universitas yang memberikan program beasiswa dengan pertimbangan prestasi non-akademik seperti prestasi dalam bidang olahraga maupun bidang yang lain.

Contohnya, anda handal dalam cabang olahraga basket, dan pernah memenangkan kejuaraan di tingkat nasional bersama Sekolah Anda dahulu, atau misalkan pada Kampus-kampus islami biasanya ada yang memberikan beasiswa kepada mahasiswa baru yang Khafid Al-Quran, dan banyak lagi program-program lainnya.

Peraturan mengenai hibah beasiswa masing-masing universitas bisa berbeda setiap tahunnya. Beberapa universitas ada yang memberikan program beasiswa sejak awal kuliah, ada pula beberapa yang menawarkan beasiswa hanya untuk mahasiswa di tingkat tertentu.

Bahkan, ada juga universitas yang memberikan program  beasiswa penuh setiap tahunnya untuk suatu program studi atau jurusan tertentu.

Anda bisa menanyakan pada pihak universitas masing-masing untuk memperoleh keterangan lebih jelas tentang syarat maupun ketentuan dalam mengikuti program beasiswa yang ditawarkan.


2. Beasiswa dari Pemerintah

Apabila program beasiswa tidak tersedia atau jatahnya sudah habis dari pihak universitas, Anda dapat coba beralih ke program beasiswa yang diadakan oleh pemerintah.

Umumnya, jenis beasiswa yang diberikan oleh pemerintah lebih spesifik, kriterianya bisa berdasarkan prestasi ataupun kebutuhan penerimaan beasiswa.

Program beasiswa dari pemerintah banyak yang ditujukan untuk mereka yang tidak mampu, misalnya untuk mereka mahasiswa yang menderita cacat fisik, mereka yang tinggal di daerah terpencil, atau bagi mereka yang benar-benar secara finansial memang tidak mampu.

Pemerintah juga banyak memberikan beasiswa untuk program master dan doktoral. Walaupun seleksinya memang sangat ketat, namun program-program beasiswa tersebut patut dicoba, karena dana yang diberikan biasanya cukup untuk mengcover semua total biaya kuliah, serta uang saku hingga Anda lulus.

Cobalah untuk berkonsultasi dengan academic advisor untuk mencari informasi terkait program-program beasiswa yang disediakan oleh pemerintah, siapa tahu mampu memenuhi syarat dan berhasil mendapatkan beasiswa tersebut.


3. Program Beasiswa dari Pihak Swasta

Biasanya, perusahaan tempat orang tua Anda bekerja ada juga yang menawarkan program beasiswa bagi anak pegawainya.

Nah, bila Anda adalah seorang yang baru lulus SMA dan ingin mencari beasiswa untuk melanjutkan jenjang pendidikan, cobalah untuk bertanya pada orang tua Anda.

Begitupun bagi Anda yang sudah bekerja di suatu perusahaan swasta. Anda bisa coba menanyakan ke bagian HRD siapa tahu ada kemungkinan untuk mendapatkan beasiswa bagi karyawan yang ingin meningkatkan jenjang pendidikannya.

Perusahaan swasta dan universitas bukanlah satu-satunya sumber untuk program beasiswa Anda. Boleh juga anda mencari beberapa charitable foundation dan beasiswa yang disediakan oleh yayasan maupun perorangan.

Umumnya, program beasiswa seperti ini tidak hanya diperuntukkan bagi Anda yang ingin melanjutkan studi di dalam negeri, tapi juga bisa untuk Anda yang hendak melanjutkan studi di luar negeri.

Hampir sama seperti program beasiswa dari pemerintah, beasiswa yang diberikan oleh yayasan atau perorangan ini sifatnya lebih spesifik atau memang diperuntukkan bagi mereka yang kurang beruntung.

Jenis program beasiswa semacam ini terkadang hanya menyediakan beasiswa untuk program pendidikan tertentu dan bagi calon mahasiswa yang berasal dari daerah terpencil.

Selain itu, tidak menutup kemungkinan bagi Anda yang aktif dalam organisasi kepemudaan atau aktif dalam melakukan kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan.


Itulah beberapa pihak yang biasanya menyediakan program beasiswa bagi mereka yang benar-benar membutuhkan dan memiliki semangat untuk terus belajar namun tidak mempunyai dana yang cukup untuk melanjutkan studi.

Lakukan riset, baca ketentuan dan syarat yang harus dipenuhi untuk dapat memperoleh beasiswa tersebut sebelum Anda mendaftar.

Sebelum mencoba, janganlah Anda berkecil hati dulu. Karena tidak semua beasiswa hanya diperuntukkan bagi mereka yang mempunyai prestasi akademik yang sempurna.

Bakat dan talenta serta keberuntungan pun bisa saja membuat anda bisa memenuhi kriteria dalam program-program beasiswa yang diberikan oleh pihak-pihak tersebut.

Sumber:
http://brighterlife.co.id/2013/03/07/cara-mendapatkan-beasiswa/#sthash.lHdxlHzS.dpuf


Related Posts

Berburu Program Beasiswa untuk Kelangsungan Kuliah Anda
4/ 5
Oleh