Cara Mengelola Uang dan Membuatnya Bekerja Untuk Anda

Cara Mengelola Uang dan Membuatnya Bekerja Untuk Anda
Dalam mencari uang, mungkin sudah bukan zamannya lagi untuk Anda hanya mengandalkan otot saja.

Setiap orang, suatu saat nanti pasti akan menua, pekerjaan-pekerjaan yang terlalu memforsis tenaga di masa muda tentu memiliki efek yang buruk bagi hari tuanya, sakti, lemah, merupakan kendala yang sering dihadapi orang-orang yang bekerja dengan mengandalkan otonya.

Padahal, tanpa harus terkendala dengan hal-hal fisik pun, sebenarnya Anda dapat membuat uang yang bekerja untuk Anda.

Baca juga: 5 Langkah Agar Menabung Semakin Mudah

Memang perihal membuat uang bekerja untuk Anda bukanlah perkara mudah, terutama jika selama ini cara Anda dalam mengelola keuangan tidaklah efisien.

Dan oleh karena sebab itu pula, maka penghasilan Anda selama ini hanya bagai air yang mengalir, berlalu dan tak pernah menjadi tabungan atau modal untuk usaha.

Cara ini pun tidak akan optimal bila tidak diimbangi dengan teknik mencari uang yang cerdas. Ada banyak alternatif dalam mencari penghasilan yang cerdas, namun yang menjadi tolak ukurnya bukanlah besarnya penghasilan, melainkan perkembangan dan kesinambungan yang meningkat dalam mesin pencari uang yang mampu diandalkan.

Jadi, yang perlu menjadi acuan dalam mekanismenya bukanlah bagaimana uang tersebut mengatur hidup kita, tetapi bagaimana Anda mengatur uang tersebut agar dapat berkembang biak atau berlipat dengan cepat. Jadi, inflasi tidak akan memakan habis uang kita, sama seperti jenis investasi pasif pada umumnya.


Bagaimana Memilih Sistem Investasi yang Efektif?

Sebelum pertanyaan tersebut dijawab, ada baiknya kita coba evaluasi dulu bagaimana cara Anda mengelola keuangan, apakah selama ini sudah efisien atau belum.

Mengelola keuangan yang efisien, seperti kita ketahui bukanlah hal mudah, apalagi jika penghasilan Anda memang tidak bisa meng-cover segala kebutuhan tiap bulannya. Dan selama itu pula, Anda akan kesulitan dalam usaha membuat uang bekerja untuk Anda.

Anda harus mempunyai langkah yang pasti dalam membuat surplus pada penghasilan bulanan agar menjadi sebuah investasi.

Mulai sekarang, tutup semua hutang kartu kredit, dan mulailah untuk mengalokasikan sebagian uang penghasilan bulanan ke dalam tabungan.

Langkah ini merupakan awal dalam mengatur keuangan menjadi efisien dan lebih sehat. Baru kemudian setelah ada uang yang dapat dipakai untuk berinvestasi, maka sebuah terobosan besar dalam perencanaan keuangan rumah tangga telah Anda lakukan.

Dalam berinvestasi juga perlu diingat bahwa uang yang digunakan janganlah uang hasil utangan. Meskipun banyak investasi yang menawarkan tanpa modal, namun sebaiknya Anda jangan tergoda, karena hasilnya pun tidak akan optimal dan untuk struktur keuangan Anda juga tidaklah sehat.

Agar langkah Anda untuk berinvestasi menjadi lebih longgar, maka Anda harus membagi proporsi yang lebih besar dari belanja bulanan untuk dialokasikan dalam investasi.

Nantinya, dengan cara ini Anda akan lebih mudah memilih karena akan semakin banyak pula pilihan dalam mengelola keuangan. Tapi tetap harus ingat, usahakan untuk memilih model investasi yang aman dan dengan risiko terkecil.

Mungkin bisa dengan bentuk sistem investasi pasif yang modalnya secara pasti terjamin namun memberikan penghasilan tetap untuk Anda, seperti deposito misalnya, artinya uang tersebut tidak akan hilang dan justru malah kian bertambah.

Meski hasilnya kecil, tapi uang Anda akan tetap aman untuk digunakan nantinya sebagai jaminan hari tua.

Setelah Anda menyisihkan untuk investasi pasif sebagai pilihan utama, baru kemudian sisa yang lainnya disisihkan untuk jenis investasi yang lebih progresif dan beresiko sedang.

Jenis investasi ini biasanya akan memberikan hasil yang lebih besar dibandingkan bentuk investasi pasif.

Namun, sebaiknya Anda jangan gampang tergoda dengan iming-iming penghasilan besar. Tetap pastikan bahwa Anda masih memiliki kontrol dan kuasa terhadao uang Anda.

Pastikan bahwa semua uang diinvestasikan dapat ditarik kembali dan penggunaannya dengan sepengetahuan Anda.

Inilah langkah aman untuk meminimalisir risiko dalam berinvestasi dengan sistem yang lebih progresif. Jadi, takkan ada uang yang hilang dengan cepat tanpa Anda tahu ke mana hilangnya uang tersebut.

Sumber:
http://tipsta.blogspot.com/2015/04/cara-agar-uang-bekerja-untuk-kita.html


Related Posts

Cara Mengelola Uang dan Membuatnya Bekerja Untuk Anda
4/ 5
Oleh

1 komentar:

1 Agustus 2015 23.27 delete

thanks gan informasinya, biarkan uang yang bekerja untuk kita..
jangan biarkan kita bekerja untuk uang.
sering2 mampir gan ke www.apkboo.com

Reply
avatar