Khasiat Kesehatan yang Bisa Anda Dapatkan dari Kayumanis

Khasiat Kesehatan yang Bisa Anda Dapatkan dari Kayumanis
Kayumanis (Cinnamon) adalah salah satu tumbuhan rempah-rempah yang biasanya digunakan sebagai bahan campuran dalam pembuatan suatu masakan.

Aroma yang dimiliki kayumanis sangatlah khas, sedikit manis dan pedas, seringkali dimanfaatkan di dunia kuliner.

Contohnya dalam pembuatan kue, para tukang masak banyak yang menggunakan kayumanis untuk menambah aroma pada kue yang disajikannya.

Salah satu makanan yang wajib memakai kayumanis ialah Pie Apel. Anda pernah mencobanya? Pie Apel memakai kayumanis dalam pembuatannya karena bisa mengurangi rasa eneg sesudah dimakan.

Simak juga: Tiga Bahan Alami yang Baik Dicampurkan dalam Air Putih

Bila Anda hendak membelinya, kayumanis dapat dengan mudah ditemukan terutama di toko-toko ataupun supermarket, dan harganya pun relatif murah.

Ada yang sudah berupa serbuk kayumanis (cinnamon powder) dan ada pula yang masih dalam bentuk batangan (cinnamon stick).

Hebatnya lagi, selain sebagai penyedap aroma pada makanan atau kue, ternyata banyak pula manfaat kayu manis untuk kesehatan.


Kayumanis Sebagai Obat dan Pencegah Penyakit Vertigo

Biasanya orang yang terkena penyakit vertigo ini akan mengalami gejala sakit kepala, mual, dan disertai pandangan yang kabur.

Bila tidak segera dibawa ke dokter maka penyakitnya ini bisa bertambah parah. Dokter akan memberikan beberapa suntikan serta resep obat untuk mengobatinya.

Kemudian penderita vertigo harus beristirahat total selama beberapa hari tanpa boleh melakukan aktivitas yang berat.

Bagi Anda yang sering mengalami gejala penyakit vertigo seperti di atas, maka kayumanis bisa digunakan sebagai alternatif terhadap pengobatan penyakit vertigo yang Anda alami.

Caranya cukup merebus batang kayumanis dengan air panas hingga airnya berwarna kecoklatan. Kemudian air rebusannya diminum setiap 3 kali sehari.

Biasanya khasiat akan mulai terasa setelah 2-5 hari meminumnya secara berturut-turut. Cara ini tidak hanya diperuntukkan sebagai pengobatan saja tapi juga sebagai upaya pencegahan. Agar rasanya lebih nikmat, Anda boleh mencampurkan sedikit madu ke dalamnya.

Sementara itu, masih banyak khasiat lainnya dari kayumanis, antara lain sebagai berikut:
1. Melancarkan peredaran darah
2. Menurunkan kadar kolesterol dalam darah
3. Mencegah dan mengurangi sakit kepala maupun vertigo
4. Mengatasi rasa kelelahan
5. Bila direbus bersama dengan jahe lalu dicampur dengan madu, dapat menghilangkan sakit perut dan perut kembung.

Nah, itulah khasiat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari kayumanis, silahkan dicoba dan semoga artikel ini bermanfaat.

Sumber:
http://gedekaz.blogspot.com/2011/12/manfaat-kayu-manis-cinnamon.html


Related Posts

Khasiat Kesehatan yang Bisa Anda Dapatkan dari Kayumanis
4/ 5
Oleh