Kisah Sukses Mengembangkan Hobi Fotografi Jadi Bisnis Online yang Menguntungkan

Kisah Sukses Mengembangkan Hobi Fotografi Jadi Bisnis Online yang Menguntungkan
Ada beberapa faktor yang dapat menentukan sukses atau tidaknya seseorang dalam menggeluti usaha di dunia online.

Namun, hal yang pasti adalah bahwa semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk bisa sukses menjalani sebuah bisnis.

Begitu pun halnya dengan seorang pemuda yang mampu melihat dan memanfaatkan sebuah peluang menjadi kesuksesan dan berjualan secara online.

Dia adalah Ihsanudin Fanani. Pemuda yang berasal dari Probolinggo dan kini menetap di Malang itu mampu memaksimalkan peluang di bisnis online sehingga berhasil memperoleh penghasilan yang cukup banyak.

Baca juga: Perjalanan Andrew Darwis Mendirikan Kaskus

Berawal dari Hobi Hingga Menjadi Peluang Bisnis

Dimulainya sebuah bisnis dapat dilatar-belakangi oleh hal apa saja. Ada yang karena bisnis warisan orangtua, ada yang karena terdesak kebutuhan ekonomi, dan ada pula yang karena berawal dari hobi.

Seperti halnya Ihsanudin Fanani, kegemarannya menggeluti dunia fotografi telah membawanya untuk memulai bisnis jualan online dalam bidang fotografi.

Cerita sukses Ihsan dimulai saat ia sedang menyalurkan hobinya foto-foto dengan kamera. Saat itu ia sedang membutuhkan sebuah tas kamera dengan budget yang tidak terlalu mahal.

Akan tetapi, tas dengan spesifikasi yang diinginkan Ihsanudin, di Indonesia sangatlah sulit didapatkan. Kebanyakan mereka yang menjual tas impor tentu dengan harga yang sangat mahal.

Ia pun terinspirasi dari pengalamannya itu, lalu memperoleh ide brilian untuk mencoba membuat tas kameranya sendiri.

Tahun 2011 ia mula mencoba memproduksi sendiri tas kamera berkualitas melalui bantuan saudaranya yang telah lama berkecimpung di dunia konveksi dengan tas umum seperti tas sekolah, tas punggung, dan tas pinggang sebagai produksinya.

Ternyata, tanpa disangka respon pecinta fotografi dari produk tas yang dihasilkannya begitu luar biasa.

Dengan kualitas yang baik dan harga terjangkau, tas buatan Ihsanudin banyak disukai oleh teman-teman sesama komunitas fotografinya.

Pesanan pun mulai berdatangan mulai dari teman sekomunitas, sampai menjangkau pada pecinta fotografi lainnya.

Pesanan semakin banyak dan usahanya pun kian berkembang, kemudian teman-temannya menyarankan Ihsanudin untuk menjual produk tasnya tersebut via online.

Ketika itu, ia memutuskan untuk berjualan online dengan menggunakan media sosial seperti facebook, twitter, blackberry messenger, hingga mencoba untuk membuat blog dan website khusus tas produksinya tersebut.

Respon dari konsumen juga tak disangka cukup luar biasa. Banyak yang tertarik dengan produk tas kamera yang diproduksi oleh Ihsanudin.

Di tengah perjalanan Ihsanudin merintis usahanya itu, ada seorang teman yang mengenalkannya dengan salah satu situs eCommerce Indonesia yang cukup ternama yakni Bukalapak.com.

Ia pun memutuskan bergabung setalah dipelajarinya dengan seksama bagaimana sistem dari bukalapak.com tersebut. Ia mulai bergabung pada Desember 2012 dan lapaknya itu diberi nama “Tas Kamera Bagus”.


Sukses Menggeluti Bisnis Online

Peningkatan penjualan yang otomatis meningkatkan pula produksi dari tas kameranya tersebut dirasakan cukup signifikan, ia pun semakin aktif dan fokus dalam mengelola bisnis online yang kini ia geluti.

Saat ini, bisa dikatakan ia sudah dapat menikmati hasil kerja kerasnya dalam membangun bisnis online dengan omzet mencapai 100 – 200 juta rupiah dalam tiap bulannya.

Bagi pemuda kelahiran 11 April 1991 itu, hal ini merupakan suatu pencapaian yang luar biasa. Bahkan, sekarang ia tak hanya menjual tas kamera saja demi memuaskan hati para pelanggannya, ia juga mengembangkan bisnisnya dengan juga memproduksi berbagai aksesoris yang berkaitan dengan dunia fotografi.

Hingga kini, bahkan total jenis produk yang dihasilkannya mencapai 100 item, terdiri dari macam-macam model tas kamera, jaket, t-shirt, dan juga strap kamera serta cleaning kitt.

Dari unit usahanya tersebut, ia telah mempekerjakan 20 orang karyawan, mulai dari bagian desain, packing dan aktivitas usahanya yang lain.

Sumber:
https://www.maxmanroe.com/ihsanudin-fanani-kembangkan-hobi-menjadi-bisnis-online-beromzet-ratusan-juta.html


Related Posts

Kisah Sukses Mengembangkan Hobi Fotografi Jadi Bisnis Online yang Menguntungkan
4/ 5
Oleh