Konsumsi Makanan Kaya Serat Agar Panjang Umur

Konsumsi Makanan Kaya Serat Agar Panjang Umur
Pertimbangkan untuk menambah konsumsi sereal Anda bila selama ini masih dirasa kurang.

Mungkin selama ini Anda belum tahu kalau sereal yang biasa anda santap saat sarapan memiliki manfaat selain menyumbang kebutuhan serat harian bagi tubuh Anda, juga dapat membuat anda panjang umur lho.

Tentunya, sereal yang dimakan bukanlah sereal dengan gula terlalu banyak.

Periset dari Harvard School of Public Health melakukan penelitian tentang pengaruh serat sereal pada diet selama beberapa waktu, dan mereka memperoleh hasil yang mengejutkan karena terdapat hubungan yang erat antara panjang usia dengan serat yang dikonsumsinya sehari-hari.

Baca juga: Siapa Bilang Banyak Makan Telur itu Buruk untuk Kesehatan?

Sebanyak lebih dari 566 ribu anggota AARP yang berusia 50-71 tahun dari enam Negara bagian serta dua kota besar di Amerika Serikat terlibat dalam NIH-AARP Diet and Health Study.

Mereka yang menjalani diet kaya serat dengan sereal melaporkan lebih panjang umur dibandingkan dengan yang jarang menyantap sereal saat sarapan.

Penurunan risiko kematian yang terjadi sebesar 19 % ketimbang mereka yang mengkonsumsi serat sereal dalam jumlah sedikit.

Bahkan tidak hanya itu saja, studi yang dipublikasikan dalam BMC Medicine menemukan bahwa penurunan risiko kematian 34 % lebih rendah dari diabetes bagi mereka yang mengkonsumsi sereal tinggi serat, dan penurunan risiko kematian akibat kanker juga terjadi sebesar 15 %.

Sementara itu, mereka yang memakan banyak biji-bijian utuh serta makanan kaya serat lainnya, memiliki risiko atas segala penyebab kematian lebih rendah, yaitu sebesar 17 %.

Serat sereal adalah salah satu komponen diet sehat potensial yang dapat membantu pencegahan terhadap kematian dini.

Adanya studi terbaru yang dilakukan ini mengungkapkan bahwa pengaruh positif terhadap usia hidup seseorang juga terdapat dalam makanan serat sereal dan biji-bijian utuh yang dimakan sehari-hari. Begitu juga jika Anda ingin terhindar dari kegemukan, peradangan, maupun risiko kanker.

Kendati demikian, sereal yang disarankan tentu saja yang rendah gula. Di samping itu, Anda pun harus memastikan bahwa sereal yang dikonsumsi memiliki kandungan serat yang tinggi. Satu porsi sereal yang makan setidaknya mengandung 10 gram serat per sajinya.

Oleh sebab itu, sebelum membeli ada baiknya Anda membaca label kemasan pada sereal yang akan Anda konsumsi untuk mengetahui jumlah kandungan serat yang terdapat dalam satu porsi sereal tersebut.

Bilamana tak berkesempatan untuk membaca label informasi gizi pada kemasan, ingatlah selalu bahwa produk tumbuhan merupakan makanan terbaik untuk memperoleh kebutuhan serat bagi tubuh Anda, sebab serat hanya berasal dari dinding sel pada tumbuhan.

Selain serat, bahan makanan lain yang juga bisa Anda jadikan pilihan untuk memenuhi kebutuhan serat bagi tubuh adalah Oat yang merupakan sumber serat yang juga baik untuk asupan sehat tubuh Anda.

Sumber/gambar:
http://health.kompas.com/read/2015/04/02/090000923/Santap.Sereal.Bikin.Panjang.Umur


Related Posts

Konsumsi Makanan Kaya Serat Agar Panjang Umur
4/ 5
Oleh