Manfaat Air Alkali untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Air Alkali untuk Kesehatan dan Kecantikan
Di zaman modern seperti sekarang ini, radikal bebas banyak sekali terdapat di sekitar kita.

Mulai dari asap kendaraan bermotor, asap rokok, debu maupun berbagai kotoran di udara.

Belum lagi gaya hidup yang kurang teratur, seperti pola makan yang kurang sehat, kurangnya jam istirahat, hingga hal lain yang bisa menjadi penyebab kondisi stres.

Dari semua contoh di atas, satu hal yang pasti yaitu tubuh Anda menjadi terlalu asam.

Baca juga: 12 Tanaman Obat untuk Mengobati Penyakit Batu Ginjal

Nah, untuk menyeimbangkan dan menetralisirkan kembali pH serta metabolisme tubuh, kita membutuhkan yang namanya air alkali.


Membuat Sendiri Air Alkali yang Diperlukan Tubuh

Cara membuat sendiri air alkali untuk kebutuhan tubuh Anda sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Seperti yang dituturkan oleh dr. Revilda Natakusuma dari Bonvita Beauty Care, Jakarta, sebaiknya untuk memproses air pH normal menjadi alkali jangan menggunakan air keran, karena masih banyak bakteri yang terdapat di dalamnya.

Anda dapat menggunakan air mineral kemasan yang telah siap untuk mengolahnya kembali menjadi air alkali. Jadi, yang diubah adalah pH airnya supaya sesuai dengan yang tubuh kita butuhkan.

Namun, jangan mengonsumsi air alkali dengan pH yang terlampau tinggi. Karena, biasanya pH yang tinggi dipakai untuk meluruhkan bakteri dan membersihkan kuman-kuman pada suatu bahan makanan, seperti untuk mencuci beras dan buah-buahan.

Air alkali sangatlah disarankan untuk dikonsumsi dengan tujuan detoksifikasi tubuh. Apabila tak ada air alkali, bisa juga Anda coba membuatnya sendiri dengan lobak. Lobak memiliki pH mencapai 10, sehingga dapat menetralisir racun-racun yang hinggap dalam tubuh.

Membuat air alkali menggunakan lobak cukup mudah. Caranya, sebelumnya lobak dicuci terlebih dahulu, dikupas, lalu diparut dan kemudian diperas hingga keluar airnya.

Perasan air lobak itulah yang bisa Anda konsumsi setiap hari dan baik untuk kesehatan. Manfaat dari air lobak tersebut bisa menurunkan kolesterol, darah tinggi, mengobati stroke, dan menguraikan pembuluh darah yang tersumbat.

Hanya saja, lobak mentah rasanya memang tidak enak bila dibandingkan dengan air alkali yang tinggal dikonsumsi sehingga jarang orang yang menyukainya. Mengkonsumsi air alkali juga tidak boleh secara berlebihan.

Cukup diminum beberapa mililiter saja untuk satu hari, jangan meminum air alkali seperti minum air putih biasa.


Membuat Air Alkali Menggunakan Apel

Air beralkali yang beredar di pasaran memang rasanya lebih enak dan lebih praktis untuk mendapatkannya.

Sayangnya untuk membuat air alkali tersebut tentunya melalui pengolahan dengan alat yang terbilang sangat mahal.

Namun, apabila Anda ingin membuat air alkali dengan rasa yang lebih enak ketimbang menggunakan lobak, bisa juga dengan menggunakan apel yang dicelupkan ke dalam segelas air putih matang.

Berbeda dengan buah lainnya seperti lemon atau strawberry, buah apel sarinya tetap berada di dalam walau dicampur dengan air. Sedangkan pada lemon dan strawberry sarinya justru akan hilang terserap oleh air.

Air alkali, selain dapat diminum juga bisa dijadikan spray, beauty water, atau strong acid. Strong acid dipakai khusus pada wajah untuk mengembalikan pH kulit. pH yang asam pada kulit berfungsi untuk mempercepat penyembuhan luka atau jerawat agar cepat kering.

Bahkan, bisa menetralisir racun, namun ini tidak boleh diminum karena pH-nya terlalu tinggi untuk tubuh.

Jadi, cukup menyemprotkannya pada wajah Anda, atau tuangkan pada kapas lalu ditepuk-tepukkan ke wajah, secara perlahan jerawat akan berkurang dengan sendirinya.

Di samping bermanfaat untuk kecantikan kulit wajah, air alkali berguna pula untuk meluruhkan lemak tubuh.

Kecilnya molekul air alkali dapat langsung masuk ke dalam sel-sel pencernaan. Jadi, bagi Anda yang ingin langsing, bisa dengan cara minum air alkali karena dapat meluruhkan lemak dalam tubuh Anda.

Namun, tentu saja agar lebih terasa khasiatnya, harus dilakukan secara rutin dan jangan hanya semangat saat di awalnya saja, sebab khasiatnya memang tidak bisa dirasakan dengan cepat.

Sumber:
http://www.tabloidnova.com/Nova/Kesehatan/Kebugaran/Membuat-Air-Alkali-Sendiri-dari-Apel-dan-Lobak


Related Posts

Manfaat Air Alkali untuk Kesehatan dan Kecantikan
4/ 5
Oleh