Pemahaman tentang Pengelolaan Keuangan untuk Kesuksesan Usaha

Pentingnya Pemahaman tentang Pengelolaan Keuangan untuk Kesuksesan Usaha
Kesuksesan dalam sebuah usaha tidak akan terwujud tanpa adanya pondasi yang kuat, yaitu kemampuan untuk menjual produk dan mendapatkan laba.

Akan tetapi, sukses tidaknya sebuah usaha pun tidak hanya tergantung pada hal itu saja.

Banyak cara yang bisa dilakukan guna mendatangkan uang jika Anda mempunyai pengetahuan mengenai seluk-beluk keuangan dalam suatu usaha.

Dengan mengetahui bagaimana uang bekerja dalam suatu usaha dan membuka lebih luas wawasan Anda, tentu peluang untuk bisa lebih sukses dalam usaha akan menjadi lebih besar.

Baca juga: 9 Aplikasi Keuangan Komputer Gratis untuk Usaha Kecil Anda

Berikut ini merupakan sejumlah aspek dalam bidang keuangan yang bisa Anda terapkan untuk menggapai kesuksesan dalam suatu bisnis.


1. Mengelola Dana Pinjaman

Apabila ingin usaha Anda dapat berkembang dengan cepat, sebagai pengusaha haruslah mempunyai kemampuan dan juga kesempatan untuk dapat berhutang dan mengelola hutang tersebut dengan baik.

Dana pinjaman yang diperoleh tentunya bisa dipakai untuk pengembangan atau perluasan usaha, seperti meluncurkan produk baru, membuka cabang atau unit usaha baru di tempat lain, dan sebagainya.

Hutang usaha yang baik adalah hutang usaha yang mampu dikelola semaksimal mungkin guna menghasilkan pendapatan di atas tingkat bunga pinjaman yang menjadi beban perusahaan.

Misalnya, jangan sampai tambahan laba per bulan yang usaha Anda dapatkan di bawah dari beban bunga pinjaman yang harus dibayarkan tiap bulannya.

Seorang pengusaha haruslah dapat berhubungan baik dengan pihak bank atau sejenisnya apabila ingin memanfaatkan fasilitas modal yang berasal dari pinjaman.

Untuk itu, penting sekali seorang pengusaha memiliki kemampuan dalam membuat proposal tentang usahanya dengan bahasa yang dimengerti oleh perbankan, dan juga kemampuan atau teknik dalam meyakinkan atau me-lobi pihak bank.

Dengan kata lain, Anda harus mengetahui dan mengenal secara mendalam tentang usaha Anda, berapa nilai penjualannya, laporan keuangan usaha, dan juga nilai jaminan yang akan digunakan sebagai agunan kepada pihak bank.


2. Pengelolaan Piutang

Aspek keuangan lainnya yang dapat membantu kesuksesan sebuah usaha adalah “nilai waktu uang”. Pengetahuan yang baik terhadap nilai waktu uang akan berimplikasi pada pengelolaan piutang usaha.

Kerugian bagi usaha Anda akan timbul apabila terjadi keterlambatan dalam penerimaan pembayaran dari konsumen. Sebab, perusahaan akan kehilangan kesempatan untuk memutar kembali uang yang semestinya telah diterima.

Memang, loyalitas pelanggan biasanya akan bertambah jika Anda menerapkan penjualan secara tempo ataupun kredit, akan tetapi seorang pebisnis harus dapat memperhitungkan dengan benar berapa keuntungan yang didapat maupun kerugian yang akan diderita hingga batas waktu penerimaan piutang dagang tersebut terbayarkan.

Sebab, hal ini akan mempengaruhi operasional usaha yang pada akhirnya juga menentukan kesuksesan usaha Anda tersebut.


3. Evaluasi Terhadap Laporan Keuangan Usaha

Bagi usaha yang benar-benar ingin maju dan berkembang, laporan keuangan merupakan hal yang wajib untuk dibuat oleh pemilik atau pengelola usaha.

Pemahaman yang baik harus Anda miliki dalam pelaporan keuangan usaha seperti pertumbuhan penjualan, persentase laba, beban hutang beserta bunganya, jumlah nilai aset yang dimiliki, dan sebagainya.

Selain itu, adanya laporan keuangan juga sebagai dokumentasi terhadap perkembangan usaha, dan juga sebagai referensi pertimbangan ketika mengambil keputusan penting usaha Anda.


4. Pengelolaan Instrumen Investasi

Tidak sedikit perusahaan yang melakukan investasi terhadap kelebihan uang milik perusahaan atau yang belum terpakai hingga jangka waktu tertentu dengan harapan agar mendapatkan keuntungan.

Daripada dana yang ada hanya disimpan tanpa memberikan tambahan penghasilan, bukankah akan sangat membantu jika dana tersebut diberdayakan untuk instrumen investasi lain seperti saham, reksa dana, properti, dan sebagainya.

Dengan demikian dana sisa yang ‘menganggur’ bisa lebih dimaksimalkan tanpa harus menimbulkan risiko bagi jalannya operasional usaha utama Anda.

Sumber:
http://www.coretankecil.com/pengetahuan-tentang-keuangan-berperan-penting-dalam-kesuksesan-usaha/


Related Posts

Pemahaman tentang Pengelolaan Keuangan untuk Kesuksesan Usaha
4/ 5
Oleh