Tips Menjalin Kerjasama Dengan Supplier dalam Bisnis Dropship

Tips Menjalin Kerjasama Dengan Supplier dalam Bisnis Dropship
Dropship adalah sebuah sistem penjualan di mana penjual memperdagangkan kembali produk yang dijual orang lain.

Dalam arti, bila Anda ingin berbisnis dropship, tak perlu Anda memiliki atau menyediakan stok produk sendiri, jadi model bisnis ini tidak membutuhkan modal yang besar, dan bisa dilakukan di mana saja bahkan di rumah dari dalam kamar pribadi Anda.

Namun, dalam memilih penjual yang nantinya kita jadikan sebagai supplier dropship, tidaklah asal dan sembarangan.

Diperlukan ketelitian serta kehati-hatian untuk menjadikan seorang penjual sebagai mitra atau supplier bisnis dropship Anda.

Baca juga: Kata-kata Marketing yang Membuat Jualan Anda Laris Manis

Walaupun bisnis dropship ini sebenarnya dilakukan secara offline maupun online, namun memang lebih banyak pebisnis dropship yang menjalankan dengan cara online.

Bentuk penjualan dropship secara online pun medianya bisa bermacam-macam, ada yang bermodalkan web toko online, atau memanfaatkan fasilitas gratis dari berbagai media dan jejaring sosial seperti twitter, facebook, google+, Whatsapp, maupun Blackberry Messenger.

Nah, karena banyak orang yang menjalankan bisnis dropship ini secara online, maka kebanyakan dropshipper pun memperoleh supplier-nya secara online.

Inilah mengapa Anda harus berhati-hati dalam memilih supplier, terutama supplier yang Anda dapatkan melalui online.

Kemungkinan terburuk adalah bisa saja barang yang sudah Anda bayar tidak dikirimkan oleh supplier kepada konsumen, sehingga nama Anda akan tercoreng atau dicap sebagai penipu sebab konsumen tahunya membeli barang dari Anda, dan tak mau tahu urusan Anda dengan supplier.

Untuk itulah, posting kami berikut ini akan mengulas tentang tips dalam memilih supplier dropship yang baik dan terpercaya bagi kelangsungan bisnis dropship yang Anda jalani.


1. Saling Mengenal

Sebaiknya, awal mula Anda menjalin kerjasama dropship, kunjungi lokasi supplier terlebih dulu.

Selain menjadi cara untuk Anda dan supplier saling mengenal, juga ketika ada kesalahan pengiriman maupun komplain dalam pembelian nantinya Anda tidak bingung mencari-cari lagi ke mana Anda harus menemui supplier.

Apalagi bila lokasi supplier dekat dengan rumah Anda, saudara atau teman Anda, jadi akan lebih mudah untuk Anda mengunjungi lokasi supplier di awal perkenalan dalam menjalin kerjasama bisnis dropship ini.


2. Konfirmasi Mengenai Update dan Detail Produk

Konfirmasikan dulu mengenai detail barang dan ketersediaan stok kepada supplier. Jadi, bila pembeli bertanya-tanya mengenai hal terkait barang yang Anda jual dengan sistem dropship ini, Anda tidak bingung dan dapat menjawab pertanyaan pembeli dengan respon yang cepat.

Jalinlah komunikasi yang intens setiap harinya dengan supplier, agar ketika ada update stok baru atau stok habis, Anda bisa segera mengetahuinya.


3. Utamakan Keamanan dan Kenyamanan Bersama

Bika memang memungkinkan, utamakan penggunaan jasa rekening bersama, jadi Anda tidak langsung transfer ke rekening supplier untuk mencegah barang yang tidak dikirim oleh supplier dan uang Anda dapat kembali ketika hal itu terjadi.

Atau bila Anda hendak mentransfer langsung kepada supplier, sebaiknya seach dulu di google nomor rekening dan nama supplier apakah pernah terlibat kasus atau tidak, dan apakah supplier benar menjual produk yang Anda inginkan.

Jangan langsung percaya dengan testimoni yang dicantumkan dalam web-nya, atau testimoni yang tercantum di situs-situs forum jual-beli. Teliti kembali siapa saja yang memberikan testimoni tersebut.

Namun, Anda juga harus memikirkan kenyamanan bersama, agar kerjasama yang baik dapat selalu terjalin antara Anda, Supplier, dan juga konsumen.


Demikian tips singkat dari kami dalam menjalin hubungan bisnis dropship dengan supplier, jika supplier memang sudah Anda kenal dan sering melakukan transaksi bisnis dengan Anda, sebaiknya Anda lebih luwes dan tidak terlalu kaku sehingga kesannya terlalu mencurigai si supplier, karena hal ini tentu saja akan memunculkan rasa ketidaknyamanan dalam jalinan kerjasama bisnis Anda.

Namun, kewaspadaan tetaplah harus ada dan jangan sampai Anda lengah.

Sumber:
http://www.webpeluangusaha.com/2014/06/cara-memilih-supplier-dropship-terpercaya.html


Related Posts

Tips Menjalin Kerjasama Dengan Supplier dalam Bisnis Dropship
4/ 5
Oleh