Tujuh Manfaat Bawang Putih yang Jarang Anda Ketahui

Tujuh Manfaat Bawang Putih yang Jarang Anda Ketahui
Hampir disetiap bumbu dalam masakan pasti terdapat bawang putih.

Tahukah Anda kalau bawang putih ternyata memiliki manfaat kesehatan yang cukup penting?

Penelitian yang dilakukan telah mengungkapkan salah satu manfaat bawang putih yaitu sebagai pencegah kanker dan dapat menurunkan tekanan darah.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini kami ulas tentang berbagai manfaat yang bisa anda peroleh dari bawang putih:

Simak juga: Mengapa Terjadi Cegukan, dan Cara Mengatasinya


1. Mengobati dan Mencegah Pilek

Bawang putih yang terdapat dalam bumbu makanan tidak hanya membuat makanan tersebut menjadi lebih lezat, tapi juga mempunyai kandungan antioksidan yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh kita.

Coba Anda minum teh bawang putih ketika terserang pilek. Cara membuatnya cukup mudah, bawang putih dicincang kemudian rendam selama beberapa menit dalam air panas, lalu saring dan minum airnya. Agar rasanya lebih enak, tambahkan pula madu dan jahe.


2. Meredakan Psoriasis

Selain dikenal sebagai bahan anti-peradangan, manfaat bawang putih juga bisa digunakan untuk meredakan psoriasis.

Psoriasis adalah penyakit kulit yang diakibatkan gangguan pada sistem imun. Untuk menghaluskan serta menghilangkan rasa gatal pada kulit, gosokkan sedikit minyak bawang putih pada bagian yang terdapat psoriasis.


3. Mengatasi Kerontokkan Rambut

Kandungan allicin yang banyak terdapat pada bawang putih dapat mengatasi masalah kerontokkan rambut. Allicin adalah senyawa yang ditemukan pula pada bawang bombay, senyawa ini cukup efektif dalam merawat rambut dan mengatasi kerontokkan.

Potong bawang putih dan gosokkan pada kulit kepala, akan lebih baik bila anda sambil memijatnya. Bisa juga dengan menambahkan minyak bawang putih untuk pemijatan pada kulit kepala.


4. Mengobati Jerawat

Bawang putih memang bukan bahan utama yang digunakan dalam obat jerawat yang beredar di pasaran, namun bawang putih bisa Anda jadikan sebagai obat alami untuk mengatasi masalah jerawat.

Bawang putih mengandung antioksidan yang mampu membunuh bakteri. Lakukan dengan mengusap potongan bawang putih pada jerawat membandel guna efektivitas pengobatan topikal jerawat Anda.


5. Mengurangi Rasa Gatal pada Kaki

Bawang putih mempunyai kandungan anti-jamur, bisa berguna dalam membersihkan jamur yang menyebabkan rasa gatal pada kaki.

Caranya dengan merendam kaki dalam air hangat yang juga dimasukkan bawang putih yang telah dihancurkan.


6. Mencabut Serpihan yang Masuk dalam Kulit

Cara ini telah dilakukan selama bertahun-tahun oleh orang tua sejak zaman dulu untuk mencabut serpihan tajam yang masuk ke dalam kulit.

Taruhlah potongan bawang putih dan rekatkan secara kuat pada kulit kemudian balut dengan perban atau lakban.


7. Obat Alami Pengusir Nyamuk

Penelitian yang dilakukan tampaknya belum bisa dipahami oleh para ahli, mengapa nyamuk tidak menyukai bawang putih.

Ditemukan pada sebuah studi di India terhadap orang yang mengoles ramuan bawang putih pada lengan dan kakinya sama sekali tidak digigit nyamuk.


Itulah ketujuh manfaat bawang putih yang mungkin baru Anda ketahui dengan membaca posting kami kali ini. Semoga bermanfaat dan silahkan dicoba sendiri dirumah!

Sumber/gambar:
http://health.kompas.com/read/2015/02/27/123158423/Khasiat.Bawang.Putih.Mengatasi.Pilek.Hingga.Mengusir.Nyamuk?utm_source=health&utm_medium=bp&utm_campaign=related&


Related Posts

Tujuh Manfaat Bawang Putih yang Jarang Anda Ketahui
4/ 5
Oleh