5 Kelalaian Yang Dapat Memicu Terjadinya Kebakaran Di Rumah Anda

5 Kelalaian Yang Dapat Memicu Terjadinya Kebakaran Di Rumah Anda
Musibah kebakaran bisa mengintai siapa saja, tidak peduli apakah ia berada di kawasan padat penduduk atau bahkan di pedesaan sekalipun.

Kebakaran menimbulkan risiko kehilangan harta benda berharga atau dokumen penting, mengakibatkan cedera, bahkan kehilangan anggota keluarga atau nyawa Anda sendiri.

Untuk itu, penting sekali kita mengetahui hal-hal apa saja yang bisa kita lakukan untuk dapat mencegah terjadinya musibah kebakarang.

Simak juga: Sekilas Pemahaman Tentang Teori Motivasi

Upaya pencegahan atas risiko kebakaran bukanlah hal yang sulit. Namun, kerap kali kelalaian kita dalam melakukan sesuatu hal yang justru dapat mengakibatkan kebakaran.

Simak beberapa kesalahan yang bisa menyebabkan terjadinya kebakaran berikut ini! Agar kita bisa lebih waspada dan dapat menghindari terjadinya musibah ini.


1. Meninggalkan Masakan

Meninggalkan masakan atau memasak tanpa adanya pengawasan adalah salah satu penyebab utama terjadinya kebakaran.

Memasak yang paling berisiko menimbulkan kebakaran adalah saat menggoreng dan ditinggal begitu saja hingga kelupaan.


2. Meninggalkan Lilin yang Masih Menyala

Ketika terjadi listrik padam di malam hari, sering kita lupa untuk mematikan lilin untuk ditinggal tidur.

Walau kedengarannya sederhana, namun api tetaplah api. Lilin bisa saja tersenggol oleh hewan peliharaan Anda, atau ketika lilin habis, maka media yang dijadikan alas (bila terbuat dari bahan mudah terbakar) tentu berisiko untuk memicu terjadinya kebakaran.


3. Penggunaan Ekstension Kabel

Dalam memasang kabel, sebaiknya usahakan jangan memakai ekstension, sebisa mungkin pakailah stop kontak yang langsung berada di dinding.

Lebih dari satu alat elektrik yang terpasang pada satu ekstension dapat menyebabkan konsleting pada kabel dan memicu kebakaran.


4. Memakai Kable Dengan Kualitas Rendah

Penggunaan kabel dengan kualitas di bawah standar SNI tentu sangat berisiko, karena bila tidak kuat maka kabel bisa meleleh dan menimbulkan korsleting listrik yang dapa memicu percikan api.

Apalagi, panas dari kabel sangatlah mudah untuk menghasilkan api ketika bersentuhan dengan benda apapun.


5. Meninggalkan Rumah Dalam Waktu Lama Dengan Alat Listrik Menyala

Seringkali korsleting terjadi ketika rumah ditinggalkan sepi oleh pemiliknya selama beberapa hari. Sang pemilik mungkin lupa untuk mematikan salah satu peralatan elektronik di rumahnya, sehingga ketika kabel sudah sangat panas maka akan berisiko untuk mengakibatkan kebakaran.


Itulah beberapa hal yang dapat memicu terjadinya kebakaran di rumah Anda. Sebaiknya hindari agar rumah Anda dan keluarga bisa lebih aman dari bahaya kebakaran. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Sumber:
http://lifestyle.liputan6.com/read/2256821/kesalahan-yang-bisa-akibatkan-rumah-terbakar


Related Posts

5 Kelalaian Yang Dapat Memicu Terjadinya Kebakaran Di Rumah Anda
4/ 5
Oleh