5 Langkah Agar Menabung Semakin Mudah

Suatu pepatah yang mungkin sudah seringkali kita dengar tentang saran untuk menabung, yaitu “sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit”.

Namun, ketika melaksanakannya ternyata tidaklah semudah seperti mengucapkannya.

Nah, bagi Anda yang menemukan kesulitan dalam urusan menabung, padahal sebenarnya Anda memiliki penghasilan yang cukup.

Berikut ini kami akan menyampaikan beberapa tips berguna agar kegiatan menabung Anda menjadi lebih mudah untuk dilakukan.


1. Menyisihkan Pendapatan untuk Tabungan Di Awal

Kesulitan menabung seringkali bukan dikarenakan tidak adanya sisa uang untuk ditabung, melainkan karena tidak ada lagi sisa penghasilan yang dapat Anda tabung.

Baca juga: Aspek Penting dalam Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Jadi, mulai sekarang metode keuangan Anda harus mulai diubah, jangan menunggu ada sisa uang baru Anda sisihkan untuk tabungan, tapi mulailah menyisihkan pendapatan Anda di awal untuk menjadi tabungan baru setelah itu untuk membayar kebutuhan hidup lainnya. Dengan begitu, tidak perlu lagi ada kekhawatiran kehabisan uang untuk ditabung.


2. Buat Tabungan Menjadi Pos Pengeluaran Rutin Tiap Bulan

Di setiap bulannya, sebelum pembayaran untuk pengeluaran pos apapun Anda keluarkan maka bayarlah untuk sejumlah tertentu sebagai pengeluaran tabungan.

Jadikan tabunganmu sebagai bagian dari pos pengeluaran rutin tiap bulan yang wajib dikeluarkan dari pendapatanmu.

Jadi, Anda harus menganggap bahwa menabung adalah pengeluaran rutin bulanan sama seperti membayar cicilan hutang, atau biaya rumah tangga lain misalnya tagihan listik, PAM, makanan, pulsa, dan lain-lain.


3. Kumpulkan Uang Receh Anda

Jangan pernah anggap remeh uang logam. Cobalah cara satu ini ialah dengan membiasakan berbelanja hanya menggunakan uang kertas saja, uang logam yang Anda miliki masukkanlah ke dalam celengan dan jangan dibuka sampai benar-benar penuh.

Bila sudah penuh lalu masukkanlah ke dalam tabungan Anda di bank, tapi ingat tukar dulu uang logam tersebut dalam pecahan yang tidak menyulitkan petugas bank untuk melakukan penghitungan yah. Hehe.

Besaran uang logam yang mesti masuk celengan bisa ditentukan sendiri, misalnya hanya uang logam senilai Rp 100 dan Rp 500, atau hanya Rp 1000 saja atau boleh juga semuanya.

Jika sudah terbiasa, Anda pun memulainya dengan pecahan yang lebih besar, misal Rp 5.000 atau Rp 10.000, anggap inilah uang receh Anda.

Jadi, setiap kali Anda mempunyai pecahan uang 5 ribu atau 10 ribu langsung masuk ke celengan dan jangan dibelanjakan.


4. Setiap Kali Pendapatan Naik Maka Setoran Tabungan juga Naik

Setiap kali pendapatan Anda mengalami kenaikan, maka sisihkanlah terlebih dahulu untuk menambah pundi-pundi tabungan Anda.

Hal ini tidak hanya bisa Anda lakukan pada saat gaji naik saja, tapi ketika Anda mendapatkan bonus tahunan, THR atau Tunjangan lainnya.


5. Pentingnya Punya Rekening Khusus Tabungan

Pada umumnya, sebagian orang ada yang kesulitan dalam mengelola keuangan sehari-hari dikarenakan tidak ada pengelompokkan yang benar antara mana pengeluaran untuk keluarga, mana pengeluaran untuk pribadi, dan mana pengeluaran yang tujuannya untuk investasi.

Maka penting sekali setiap keluarga untuk mempunyai rekening lebih dari satu agar pos-pos untuk membiayai pengeluaran keluarga terpisah dari rekening pribadi Anda.

Pisahkan pula rekening yang khusus tabungan, agar akumulasi dana yang telah terkumpul guna tujuan keuangan Anda yang hendak dicapai tidak terkikis dikarenakan pengeluaran lain.


Demikian posting kami tentang langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk memudahkan Anda dalam menabung secara rutin, semoga bermanfaat dan silahkan bagikan di akun media sosial Anda bila berkenan!

Sumber:
http://kemandirianfinansial.blogspot.com/2014/11/menabung-itu-mudah.html


Related Posts

5 Langkah Agar Menabung Semakin Mudah
4/ 5
Oleh