5 Tips Penting Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Smartphone Baru

5 Tips Penting Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Smartphone Baru
Di zaman serba canggih sekarang ini, kamu dapat melakukan apa saja dengan menggunakan smartphone.

Alat dengan antarmuka layar sentuh ini dapat membantu kamu melakukan panggilan suara dan video antar sesama pengguna, mengirim SMS, mengirim pesan instan melalui social media, memainkan musik favorit kamu, bermain game seru, dan sebagainya.

Seakan sudah menjadi kebutuhan primer, kehadiran smartphone menjadi suatu kewajiban di kehidupan kita sehari-hari.

Baca juga: Beginilah Wujud Smartphone Pertama Di Dunia Yang Dibuat Pada Tahun 1992

Untuk itu, sebelum memilih dan membeli smartphone yang akan kamu jadikan andalan dalam menunjang aktivitas harianmu, selain memilih speksifikasi yang sesuai dengan kebutuhan, penting pula untuk kamu memperhatikan hal-hal berikut ini.


1. Ketentuan Garansi

Saat membeli smartphone, garansi adalah salah satu hal penting yang mesti kamu pertimbangkan. Perhatikan dengan seksama mengenai syarat dan ketentuan garansi yang diberikan oleh distributor produk tersebut.

Sebab, seperti kita ketahui bahwa alat elektronik termasuk smartphone, merupakan barang yang rentan mengalami kerusakan atau cacat pabrik.

Perhatikan garansi tersebut berlaku untuk berapa lama, dan kerusakan seperti apa saja yang termasuk dalam ketentuan garansi, serta hal apa saja yang menyebabkan garansi tersebut tidak berlaku atau hangus.


2. Adanya Buku Petunjuk Manual

Hal berikutnya yang penting untuk kamu perhatikan dan biasanya sering terlewatkan adalah keberadaan buku petunjuk penggunaan.

Buku manual pada produk elektronik adalah suatu hal yang sebenarnya sangat penting, karena berisi berbagai macam informasi penting yang para pengguna produk harus ketahui.

Informasi yang terdapat pada buku manual biasanya berisi tentang hal yang bersifat teknis seperti cara pengoperasian unit smartphone, dan apa saja yang tidak boleh dilakukan pada produk smartphone tersebut.

Di samping itu  juga berisi tentang hal yang bersifat non-teknis seperti informasi tentang kontak layanan pelanggan dan lokasi-lokasi service center di beberapa kota di Indonesia.


3. Layanan After Sales

Hal selanjutnya yang juga sangat penting untuk diperhatikan sebelum membeli smartphone adalah layanan purna jual-nya (after sales).

Pastikan di dekat kota tempat tinggal kamu tersedia service center dari produk yang ingin kamu beli tersebut.

Sebab, ini akan memudahkan kamu ketika ingin melakukan klaim garansi bila terjadi kerusakan yang tidak diakibatkan oleh kesalahan dalam pemakaian atau masih termasuk dalam masa berlaku garansi.

Selain service center, kamu juga harus mempertimbangkan bagaimana reputasi dari layanan purna jual merk smartphone tersebut.

Karena tidak sedikit produsen smartphone yang walaupun sudah memiliki nama yang cukup terkenal namun layanan purna jualnya amatlah buruk.

Misalnya saja ketika Anda klaim garansi, waktu perbaikan dari smartphone Anda tersebut sangat lama bahkan hingga berbulan-bulan.

Untuk itu, sebaiknya kamu hindari merk-merk smartphone yang mempunyai track record dengan layanan after sales yang buruk.

Untuk mengeceknya, kamu bisa coba mencari informasinya di situs-situs forum komunitas gadget di internet.


4. Suku Cadangnya Banyak Tersedia dan Mudah Didapat

Sama halnya ketika kamu membeli sepeda motor atau mobil baru, ketersediaan suku cadang untuk produk smartphone kamu juga merupakan hal yang sangat penting.

Kamu akan semakin kesulitan untuk mereparasi ketika terjadi kerusakan pada smartphone kamu bila suku cadangnya sulit dicari.

Selain itu, walaupun suku cadang tersedia namun dalam jumlah yang sedikit, maka akan semakin mahal dalam biaya reparasinya.


5. Harga Jual Second

Rasanya tentu akan sulit untuk mengharapkan harga jual kembali yang tinggi. Sebab, barang elektronik mengalami perkembangan yang pesat, begitu juga dengan smartphone.

Setiap tahun pasti ada saja produk keluaran terbaru yang lebih canggih. Namun, setidaknya ada beberapa merk handphone yang walaupun sudah menjadi barang second, tapi masih cukup diminati oleh kalangan masyarakat tertentu.

Jadi, harga jual secondnya pun tidak turun terlalu drastis, dan mungkin bisa kamu jadikan tambahan uang untuk membeli lagi produk smartphone keluaran terbaru yang kamu idamkan.


Nah, itulah 5 tips penting yang perlu kamu perhatikan ketika membeli smartphone baru. Sesuaikan pula spesifikasi smartphone dengan kebutuhan, dan tentunya juga dengan budget yang kamu punya.

Agar nantinya kamu tidak kelabakan ketika baru sampai pertengahan bulan, anggaran belanja bulanan ternyata telah habis karena digunakan untuk membeli smartphone baru yang harganya gila-gilaan.

Sumber:
https://blog.tokopedia.com/2014/08/petimbangkan-hal-hal-berikut-ketika-membeli-smartphone/


Related Posts

5 Tips Penting Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Smartphone Baru
4/ 5
Oleh