5 Topik Blog Potensial Untuk Memaksimalkan Pendapatan Adsense

5 Topik Blog Potensial Untuk Memaksimalkan Pendapatan Adsense
Menjadi publisher Google Adsense merupakan salah satu cara terfavorit untuk menghasilkan uang dari internet.

Syarat utama yang harus kita penuhi agar diterima menjadi penayang dalam program periklanan Google tersebut adalah memiliki sebuah situs atau blog.

Blog yang kita bangun dan didaftarkan ke Google Adsense, tentunya haruslah blog yang berkualitas, original, dan mempunyai trafik yang rutin setiap harinya.

Sedangkan untuk niche atau topik blog yang bisa Anda daftarkan pada Google Adsense sebenarnya bisa apa saja, asalkan tidak melanggar kebijakan dari Google Adsense itu sendiri.

Baca juga: 6 Cara Jitu Mendapatkan Uang dari Nge-Blog

Bahkan jika blog Anda memiliki topik yang beragam atau general (istilah kerennya blog ‘Gado-gado’) pun tidak masalah, tetap mempunyai kesempatan untuk didaftarkan pada program Google Adsense.

Namun, memang banyak publisher yang memilih untuk menerapkan niche khusus pada blognya, tujuannya bisa jadi agar lebih SEO, atau meningkatkan CTR (jumlah klik) dari blog tersebut.

Blog dengan niche khusus memang lebih mudah dioptimasi, karena bahasannya sebagian besar adalah yang termasuk dalam kategori niche tersebut sehingga struktur kontennya dapat terbangun dengan rapi dan juga orang akan lebih mudah untuk mengingat brand dari blog kita dikarenakan adanya spesialisasi dari topik yang dibahas di blog kita.

Lantas, apa saja niche blog yang sekiranya cocok untuk dipasang adsense? Pertanyaan tersebut biasanya lebih tertuju pada besarnya penghasilan.

Nah, untuk mendapatkan penghasilan yang besar dari Adsense, tentunya kita juga harus memilih niche blog yang sebagian besar pengunjungnya adalah orang-orang awam yang memiliki minat di luar komputer, SEO, dan Adsense.

Sebab, pengunjung diluar kriteria tersebut merupakan pengunjung awam yang kurang bisa membedakan yang mana iklan dan mana yang konten. Sehingga peluang jumlah klik (CTR) pun cenderung lebih besar.


1. Blog Kesehatan

Blog bertopik kesehatan memiliki pengunjung yang beragam, banyak orang yang sekarang ini semakin peduli dengan kesehatan dirinya dan keluarganya. Untuk itu, topik ini sangatlah cocok untuk dipasangi iklan Adsense.

Pengunjung yang datang ke blog Anda tentunya banyak yang berasal dari orang awam yang kurang mengerti tentang iklan di internet, dan mereka memang mempunyai ketertarikan atau minat di bidang kesehatan, sehingga relevansi iklan yang muncul akan memunculkan ketertarikan mereka untuk mengunjungi iklan “kesehatan” yang tayang pada blog kita.


2. Blog Kuliner dan Resep Masakan

Topik blog tentang kuliner dan resep masakan juga memiliki potensi besar dalam meningkatkan penghasilan Adsense.

Kita bisa membuat blog dengan niche yang berhubungan dengan berbagai menu kuliner maupun resep masakan-masakan nusantara dan mancanegara.

Topik semacam ini memang sedang tren dan banyak diminati oleh para pengguna internet khususnya di Indonesia.

Pengunjungnya pun tentu akan banyak yang berasal dari kalangan yang awam tentang internet marketing.

Sehingga peluang untuk mereka tertarik dengan iklan yang tampil di blog Anda pun akan semakin besar, dan mereka akan cenderung mengunjungi situs pada iklan tersebut.


3. Blog Furniture Atau Perabot Rumah Tangga

Blog yang membahas review tentang alat-alat rumah tangga juga bisa menjadi ide yang menarik. Kita bisa coba untuk menyajikan konten yang informatif seputar furniture maupun peralatan rumah tangga.

Jenis konten seperti ini tentu saja mayoritas pengunjungnya adalah ibu-ibu rumah tangga yang awam terhadap internet marketing. Sehingga cukup potensial untuk menghasilkan pendapatan yang besar dari Adsense.


4. Blog Fashion dan Busana

Blog dengan topik fashion dan busana juga bisa menjadi pilihan dalam memaksimalkan pendapat Adsense.

Niche atau topik seperti kemungkinan besar akan dikunjungi oleh mereka yang awam terhadap periklanan di internet.

Apalagi kini semakin banyak iklan-iklan yang relevan dengan blog bertopik fashion, seperti iklan toko online yang menjual pakaian, tas, dan aksesoris fashion lainnya.


5. Blog Tentang Dunia Pendidikan

Niche blog yang kelima adalah niche tentang dunia pendidikan. Kita bisa mengambil keyword turunannya seperti beasiswa pendidikan, tips menjadi pelajar yang sukses, tips buat anak kos dalam menghemat uang saku, dan sebagainya.

Niche blog semacam ini kemungkinan besar akan dikunjungi oleh mereka yang awam dengan dunia periklanan adsense, sehingga akan semakin potensial untuk meningkatkan pendapatan Adsense kita.


Demikianlah posting kami tentang 5 topik blog potensial yang bisa kita jadikan pilihan untuk memaksimalkan pendapatan Adsense.

Sebenarnya masih banyak lagi niche-niche lain yang cukup potensial, namun yang perlu diingat ialah apakah niche yang akan kita ambil tersebut (terutama yang bermain di micro-niche) juga terdapat relevansi terhadap situs-situs pengiklan di Google Adsense.

Sebab, ini akan menjadi sulit ketika blog yang kita buat ternyata tidak ada satupun iklan yang memiliki relevansi niche yang kita pilih.

Pertimbangkan pula mengenai bahasa yang dipakai dalam blog, karena untuk blog berbahasa Indonesia tentu jumlah pengiklannya tidak sebanyak dengan blog-blog berbahasa Inggris.

Sumber:
 http://adsense-lab.blogspot.com/2015/01/niche-blog-yang-cocok-untuk-adsense.html


Related Posts

5 Topik Blog Potensial Untuk Memaksimalkan Pendapatan Adsense
4/ 5
Oleh