7 Karakter Unik Mahasiswa Yang Menjadi Temanmu Di Kampus

7 Karakter Unik Mahasiswa Yang Menjadi Temanmu Di Kampus
Mahasiswa adalah tingkatan tertinggi dalam jajaran para pelajar. “Maha” itu kan artinya “paling tinggi”.

Jika diibaratkan sebuah level dalam permainan, maka “maha” merupakan tingkatan yang paling tinggi.

Dalam menempuh pendidikannya, berbagai hal sudah dilewati seorang mahasiswa mulai dari tahapan siswa di Taman Kanak-kanak (TK), SD, SLTP, SLTA, hingga tingkatan pada waktu menjadi mahasiswa yang bisa dibilang sebagai suatu pembelajaran paling rumit dari semua tingkatan akademik yang ada.

Tapi, semua kembali ke diri kita masing-masing. Rumit tidaknya masa-masa menjadi mahasiswa tergantung bagaimana pembawaan diri kita ketika menjadi seorang mahasiswa.

Baca juga: 7 Penyebab Mahasiswa Mengalami Kegagalan Dalam Kuliahnya

Nah, berikut ini kami akan berbagi beberapa tipe atau karakter mahasiswa yang sering mengisi bangku-bangku di ruang perkuliahan.


1. Mahasiswa Yang Selalu Serius

Tipe mahasiswa seperti ini selalu terkesan serius dalam memperhatikan apa yang dosennya katakan di depan kelas.

Ambisi mereka adalah mengejar IP yang tinggi sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki, jadi mereka mempunyai prinsip anti kerja sama dan anti gotong royong ketika menghadapi suatu ujian perkuliahan.

Tidak peduli apakah mata kuliah yang sedang mereka ikuti di kelas itu mata kuliah favorit mereka apa bukan, mereka tetap serius dalam menyimak apa yang dosen katakan. Bahkan, mereka sangat aktif dalam mencatat dan bertanya.

Semangat belajar mereka memang luar biasa, bahkan cenderung seperti kutu buku. Tapi, sebaiknya Anda jangan terlalu berharap kepada tipe mahasiswa satu ini ketika ujian tiba, karena mereka terkenal sangat pelit dalam “berbagi” jawaban.


2. Mahasiswa Yang “Setengah-setengah”

Mungkin, tipe mahasiswa ini bisa dibilang merupakan turunan dari tipe yang pertama. Hanya saja, mereka akan serius ketika memang benar-benar dalam keadaan “mood” yang baik. Dan kelihatannya pun mereka hanya akan serius pada mata kuliah yang menjadi favoritnya saja.

Tipe mahasiswa seperti ini tidak terlalu ambisius dalam mengejar IP tinggi, asalkan IP mereka tidak di bawah 3,00 sepertinya dirasa sudah cukup.


3. Mahasiswa Aktivis

Tipe mahasiswa satu ini sangat misterius, kadang muncul di kelas, kadang “ngilang”. Eh, enggak tahunya lagi ikut demo di depan kantor pemerintah.

Hampir di setiap struktur kepanitiaan dalam acara kampus pasti ada namanya, mereka memiliki idealisme yang tinggi tentang membangun sebuah negeri idaman.

Tapi anehnya, ketika ada tugas atau ujian kok malah “nyontek” ya? Bukankah itu sama halnya dengan mengkorupsi pelajaran? Hehe.

Tipe mahasiswa seperti ini kadang memang cukup populer di kampus, soalnya dia memang pandai berpidato, rajin bersuara, dan hampir di setiap acara kampus, wajahnya selalu mengisi “layar kaca”.

Namun, tidak sedikit dari tipe mahasiwa seperti ini yang akhirnya harus menyandang status sebagai “mahasiswa abadi” dikarenakan sudah belasan semester kuliah tapi tak kunjung rampung.


4. Mahasiswa Pencatat

Mahasiswa dengan tipe satu ini bisa dibilang memiliki ambisi juga dalam mengejar IP tinggi, namun mereka hanya berusaha untuk mencatat apa yang dosennya jelaskan saja.

Akan tetapi, tidak semua tipe ini menyimak benar-benar apa yang disampaikan dosen, mereka bisa saja menyalin catatan dari mahasiswa lain.

Biasanya, tipe seperti akan menggunakan catatannya untuk mengejar nilai. Ketika malam sebelum ujian, semua catatannya akan ia baca dan berusaha untuk dihapalkannya.

Tipe mahasiswa semacam ini jarang mencontek saat ujian, kecuali kalau benar-benar sudah mentok atau kepepet.


5. Mahasiswa Tukang Ngerumpi

Biasanya, tipe mahasiswa seperti ini akan memilih tempat di bangku paling belakang yang jarang dijangkau oleh dosen saat memberikan materi.

Di tengah-tengah jalannya perkuliahan, ia akan mulai melancarkan aksinya untuk ngerumpi ketika dosen mulai lengah.

Tipe seperti ini senang duduk berdekatan dengan kelompok rumpinya agar lebih mudah “membuat forum lain di dalam sebuah forum”.


6. Mahasiswa Tekno

Untuk tipe yang satu ini sangat sibuk dengan kebiasaannya dalam mengutak-atik peralatan elektroniknya, mulai dari smartphone, tablet, bahkan netbook yang dibawanya saat perkuliahan.

Ia hanya akan mementingkan masalah gadgetnya dan mengabaikan apa yang disampaikan oleh sang dosen.

Tak heran bila ujian tiba, mereka sering mendapatkan nilai buruk. Seringpula ia akan menggunakan senjata gadgetnya untuk “gugling” pada saat ujian di kelas.


7. Mahasiswa Tukang Tidur

Untuk tipe mahasiswa semacam ini, ada kemungkinan ia juga merangkap hansip atau security di sekitar tempat tinggalnya. Kecil kemungkinan mereka begadang karena terlalu banyak belajar.

Lebih masuk akal lagi, kalau mereka memang memiliki gangguan insomnia sehingga ia tidak pernah mendapatkan waktu tidur yang cukup di malam hari.


Nah, dari beberapa tipe di atas, kamu termasuk tipe yang mana nih? Hal terpenting apapun kesibukan kita di luar kampus, tetap utamakan kewajiban kita sebagai mahasiswa, jangan sampai kuliah terbengkalai dikarenakan kita tidak bisa membagi waktu dengan baik.


Sumber:
http://blognyavenny.blogspot.com/2013/02/7-tipe-mahasiswa-dalam-kelas.html


Related Posts

7 Karakter Unik Mahasiswa Yang Menjadi Temanmu Di Kampus
4/ 5
Oleh