9 Hal Penting yang Perlu Dilakukan untuk Sukses Dalam Marketing

Berbagai macam ilmu marketing tentunya menjadi buruan bagi mereka yang berkeinginan menjadi marketer handal.

Karena, dengan ilmu yang matang, peluang untuk memperoleh kesuksesan dalam bisnis pun akan lebih terbuka lebar.

Tidak sedikit pula para marketer handal yang telah berbagi tentang tips-tips untuk sukses marketing, namun banyak dari kita yang belum mampu memahaminya dengan baik.

Padahal, keahlian dalam memasarkan suatu produk atau jasa sangatlah dibutuhkan jika Anda menginginkan kesuksesan dalam suatu bisnis.

Baca juga: Tips Marketing Menggunakan Google Adwords dan Facebook Ads

Berikut ini kami akan berbagi kepada Anda tentang 9 hal penting yang perlu Anda lakukan apabila ingin sukses dalam menggeluti dunia marketing.


1. Kenali Segmen Pasar Anda

Kenali semua hal yang berkaitan dengan target pasar Anda, kepada siapa Anda akan memasarkan produk, seperti apa kebutuhan mereka, bahkan hingga sisi psikologis calon-calon konsumen Anda.

Sebab, untuk dapat menerapkan strategi yang tepat dalam hal pemasaran, maka sebelumnya Anda harus benar-benar mengenali target pasar Anda.


2. Jadikan 5 Detik Pertama Anda Benar-benar Berkesan

Dalam dunia marketing, di mana dan kapan sebuah kesempatan tersedia, maka disitulah peluang Anda untuk menjual.

Sehingga penting sekali untuk Anda membuat 5 detik pertama dalam pertemuan maupun percakapan menjadi hal yang berkesan.

Hal ini akan menimbulkan keyakinan kepada klien atau calon konsumen bahwa Anda memang menawarkan produk yang berkualitas baik.


3. Perluas Jangkauan Relasi Anda

Dalam dunia marketing, relasi merupakan hal yang sangat penting. Hal ini akan membuat Anda dikenal secara luas dan membuka kesempatan sukses Anda menjadi semakin besar.

Beruntung sekali marketer yang setiap harinya selalu bertambah teman atau jaringan, karena dengan begitu mereka akan lebih dikenal banyak orang.

Mungkin teman pertama belum tertarik dengan produk Anda, lalu dia bercerita kepada temannya tentang produk Anda, kemudian mereka akan saling bercerita kepada temannya yang lain, dan begitu seterusnya.


4. Kuasai Semua Hal tentang Produk Anda Dengan Baik

Seorang marketer handal harus benar-benar menguasai semua hal tentang produk yang dijualnya. Ketahui dengan jelas pada produk Anda tentang keunggulan, kualitas, bahkan hingga kekurangannya.

Karena hal ini akan sangat berguna ketika Anda melakukan presentasi di depan klien atau calon konsumen, dan juga ketika menjawab berbagai pertanyaan yang mungkin akan diajukan oleh calon konsumen Anda.


5. Konsistensi Diri

Dalam dunia marketing, konsisten merupakan sikap yang penting untuk Anda miliki. Tidak peduli apa kata orang tentang profesinya, selama itu baik dan halal, mengapa kita harus malu?

Banyak kegagalan yang dialami oleh para marketer hanya dikarenakan mereka tidak konsisten pada apa yang dijalaninya.


6. Jangan Cepat Berpuas Diri

Kebiasaan yang menjadi penyakit seorang marketer ialah cepat merasa puas ketika memperoleh hasil awal yang besar.

Oleh sebab itu, hentikan kebiasaan tersebut, Anda tidak pernah tahu kapan kesulitan akan datang menantang Anda.

Semakin besar hasil yang peroleh, semakin besar pula usaha yang harus Anda lakukan untuk memperoleh hasil yang lebih besar lagi.

Bersyukur merupakan suatu keharusan, tapi perjuangan Anda untuk mencapai impian yang lebih besar masih amatlah panjang.


7. Buat Diri Anda Antusias

Anda akan paham betul arti kesuksesan ketika Anda selalu berusaha untuk membuat diri Anda antusias.

Dengan antusiasme yang tinggi, maka Anda akan sadar bahwa sukses itu bukan hanya sekadar mimpi belaka, tapi perlu tindakan untuk dapat mewujudkan mimpi tersebut.


8. Berusahalah Keluar dari Zona Nyaman

Kenyamanan seringkali membuat kita terbuai dan menjadi malas untuk berusaha lebih giat. Untuk itu, keluarlah dari zona nyaman yang akan semakin menjauhkan Anda dari keberhasilan.


9. Kumpulkan Testimonial Konsumen Anda

Setiap kali konsumen memberikan kesan-kesannya terhadap keunggulan produk Anda, maka catat dan simpanlah dengan baik.

Kumpulan testimonial dari pelanggan Anda nantinya akan menjadi senjata ampuh untuk membuktikan keunggulan-keunggulan dari produk yang Anda jual.

Tunjukkan kumpulan testimonial tersebut kepada calon konsumen baru Anda, sehingga ketertarikan mereka untuk membeli pada Anda akan semakin besar pula.


Itulah 9 hal penting yang harus dilakukan oleh Anda yang ingin menjadi marketing handal. Ingatlah, bahwa dunia marketing itu penuh dengan persaingan, maka kuatkan mental Anda dan perbanyak amunisi yang Anda miliki agar tetap kuat dalam menghadapi pesaing-pesaing yang mungkin juga memiliki mental dan amunisi yang lebih banyak dari Anda.

Ketahuilah bagaimanapun juga profesi marketer adalah keahlian nyata yang juga dapat mewujudkan semua mimpi Anda menjadi nyata. Jangan menyerah dan “keep fight”!

Sumber:
http://www.lebahmaster.com/tips-dan-trik/tips-marketing/10-tips-menjadi-seorang-marketing-handal


Related Posts

9 Hal Penting yang Perlu Dilakukan untuk Sukses Dalam Marketing
4/ 5
Oleh