9 Ide Bisnis Mendapatkan Uang dari Blog

Banyak orang awam mengira, bahwa aktivitas blogging tak jauh berbeda fungsinya dengan sosial media pada umumnya.

Namun, hal itu tidak sepenuhnya tepat karena blogging bisa juga dijadikan sebagai media untuk memperoleh pendapatan dari internet.

Bahkan, mereka para master yang telah sukses mampu meraup pendapatan hingga ribuan dollar setiap bulannya dari pekerjaan blogging tersebut.

Tapi tahukah kamu bagaimana caranya agar aktivitas bloggingmu bisa menghasilkan pendapatan? Berikut ini akan kami bagikan tentang beberapa cara meraih penghasilan dari kegiatan nge-blog-mu.


1. Menawarkan Barang atau Jasa

Bila Anda mempunyai usaha offline yang menjual barang-barang atau produk buatan sendiri, maka adanya blog akan semakin mengenalkan produk atau usaha Anda tersebut pada pangsa yang lebih luas.

Belanja online sekarang ini sudah berkembang cukup pesat di Indonesia. Dengan adanya blog yang menawarkan barang-barang dari usaha Anda tersebut, maka pemasaran Anda akan semakin luas bahkan hingga ke seluruh Indonesia. Tentunya, hal ini akan mendorong pertumbuhan dan perkembangan usaha Anda ke depannya.

Begitu juga bagi Anda yang memiliki keahlian khusus yang mungkin bisa berguna bagi orang lain, maka cobalah untuk menawarkan jasa Anda di blog.

Beragam penawaran jasa yang sering muncul di dunia internet, yaitu seperti jasa pembuatan blog, jasa mendesain blog, jasa SEO, jasa penulisan artikel baik Indonesia maupun Inggris, jasa penerjemahan, jasa pengetikkan skripsi dan karya tulis ilmiah lainnya, jasa pembuatan logo, dan lain-lain.

Jadikan hobi atau keahlian yang Anda miliki menjadi peluang untuk mendapatkan penghasilan dari blog yang Anda punya.

Selain itu, juga masih banyak jasa-jasa lain yang sebelumnya mungkin hanya Anda promosikan melalui offline, sekarang Anda bisa mempromosikannya melalui online dengan blog yang Anda miliki, seperti jasa renovasi rumah, jasa travel, jasa catering, jasa arsitektur, dan lain-lain.


2. Berjualan Buku

Melalui Blog, Anda juga bisa memperoleh penghasilan dengan menjual buku, baik berupa buku cetak maupun buku digital (eBook).

Bila menjual buku cetak, maka juallah buku-buku yang diterbitkan oleh penerbit lokal atau nasional, sedangkan bila menjual ebook, maka Anda hanya tinggal melakukan pengubahan pada buku Anda (karangan sendiri) dari Ms Word ke dalam format PDF.

Apapun bentuk atau format buku yang Anda jual, tentunya haruslah yang berkualitas dan bermanfaat sehingga dapat membantu pembaca dalam menyelesaikan masalah yang dihadapinya.

Dalam menulis buku tentunya diperlukan waktu, tenaga, pemikiran dan biaya yang tidak sedikit untuk melakukan riset, menulis, dan mengedit buku yang bermanfaat tersebut.


3. Menjual Template/Theme dan Plug-in

Anda juga dapat melakukan penjualan template/theme atau plugin melalui blog yang Anda miliki. Tentunya template atau theme tersebut tidak boleh yang memiliki hak cipta, dan harus murni kreasi Anda sendiri.

Model serta fitur template blog yang paling banyak dicari orang dan banyak dijual para template designer ialah theme yang digunakan untuk Adsense, Toko Online, atau bisnis afiliasi. Sedangkan untuk plugin yang paling banyak diminati ialah plugin untuk membuat tabel responsif.


4. Berbisnis Dropshipping

Dropshipping adalah sebuah metode bisnis dengan sistem memperdagangkan produk orang lain tanpa harus membelinya secara partai besar untuk Anda menyediakan stok sendiri.

Banyak sekali produk-produk yang bisa Anda promosikan dan menjualnya dengan sistem dropshipping, antara lain pakaian, aksesoris fashion, gadget, peralatan olahraga, dan lain-lain.

Namun, bila Anda hendak menerapkan bisnis dropshipping dalam blog Anda, sebaiknya berhati-hati dalam memilih supplier, karena ini akan berkaitan dengan kelangsungan bisnis dropshipping Anda ke depannya.


5. Menawarkan Space Iklan Mandiri Dalam Blog

Cara mendapatkan uang dari blog selanjutnya adalah dengan menyediakan tempat (space) iklan di blog Anda.

Namun, sebelum Anda menawarkan space iklan, blog Anda harus dibangun dulu agar memiliki pengunjung yang banyak tiap harinya.

Setidaknya Anda memiliki 1000 pengunjung tiap harinya untuk bisa mendapatkan orang yang mau beriklan di blog Anda tersebut.

Iklan mandiri umumnya berbentuk banner dengan berbagai ukuran seperti 728x90, 160x600, 300x250, dan 125x125.


6. Mengikuti Program Pemasangan Iklan PPC

Dengan mengikuti program PPC (Pay per Click), berarti Anda menjadi penerbit iklan untuk suatu perusahaan.

Keuntungan yang akan Anda dapatkan dari penerbit iklan tergantung dari besar atau tidaknya jumlah klik yang terjadi pada iklan yang terbit di blog Anda.

Sedangkan bagi pemasang iklan, mereka akan membayar setiap kali terjadi klik di blog Anda tersebut, dan mereka akan mendapatkan keuntungan sebab web atau produknya telah dipromosikan oleh blog Anda.

Mengikuti program PPC akan lebih mudah untuk dilakukan ketimbang menyediakan space iklan untuk blog Anda. Sebab, Anda tak perlu susah-susah untuk mencari pengiklan karena para penyedia (perusahaan) PPC inilah yang akan menyediakannya untuk blog Anda.

Contoh dari penyedia layanan periklanan PPC ini salah satunya adalah Google Adsense. Pihak Adsense akan menyediak script yang bisa Anda pasang agar iklan bisa tayang pada blog Anda.

Lalu besarnya penghasilan akan diakumulasikan setelah satu bulan dan akan dibayarkan bila penghasilan Anda telah lebih dari 100 dollar.

Setiap perusahaan PPC seperti Google Adsense tentunya memiliki kebijakan dan peraturan masing-masing yang tentu saja tidak boleh dilanggar oleh para publisher-nya, dan jika melanggar tentu saja kemungkinan terburuk adalah akan terkena sanksi akun Anda di-disable.


7. Memasang Program Afiliasi

Afiliasi merupakan cara menghasilkan uang dari mempromosikan produk atau jasa orang lain. Penghasilan yang akan Anda peroleh bergantung pada jumlah pengunjung di blog Anda yang membeli produk dari penyedia layanan afiliasi tersebut.

Ada banyak program yang menawarkan kerjasama berbentuk afiliasi, seperti afiliasi hosting, software, jasa, maupun dalam bentuk barang.

Keunggulan utama dari mengikuti afiliasi adalah Anda tidak perlu susah-susah membuat produk dan tinggal mereview atau menampilkan banner produk atau jasa yang sudah disediakan oleh penyedia program afiliasi untuk dipasang di blog Anda.


8. Menyediakan Membership Premium

Membership premium bisa dijelaskan secara sederhana merupakan program keanggotaan berbayar yang berlaku dalam jangka waktu tertentu.

Jadi, misalkan Anda menyediakan materi-materi yang hanya bisa diakses oleh para pengunjung blog khusus yang membayar untuk menjadi member premium di blog Anda.

Sayangnya, menyediakan program membership bagi para blogger pemula merupakan cara yang kurang cocok, karena di sini membutuhkan keahlian ekstra yang tidak atau jarang dimiliki oleh para Internet Marketer.

Umumnya, para pembuat program ini adalah para blogger yang sudah memiliki pengalaman dan telah mendapatkan kesuksesan di dunia blogging.


9. Menjual Blog Anda Kepada Pebisnis Online

Mungkin ini bisa dikatakan sebagai cara terakhir yang kita pilih untuk menghasilkan uang dari blog. Tentunya akan sangat berat untuk menjual blog yang telah kita bangun dan kita rawat dengan susah payah. Cara ini biasanya dilakukan oleh mereka yang sudah tidak mampu untuk merawat blog pribadinya.

Dalam menjual blog pribadi, tentu akan sangat sulit apabila kita tidak tahu caranya. Diperlukan jaringan teman yang luas agar dapat membantu Anda menjual blog atau website yang Anda miliki.

Biasanya, ada beberapa faktor untuk menentukan laku atau tidaknya blog yang Anda jual, antara lain jumlah pengunjung, desain blog, ranking alexa, dan beberapa unsur SEO lainnya.


Nah, demikianlah uraian kami tentang beberapa cara dalam mendapatkan ide bisnis melalui blog yang kita miliki. Semoga sukses dengan usaha Anda dan jangan lupa bagikan artikel ini bila Anda rasa bermanfaat.

Sumber:
http://25hati.blogspot.com/2015/04/menghasilkan-rupiah-dengan-mengelola.html


Related Posts

9 Ide Bisnis Mendapatkan Uang dari Blog
4/ 5
Oleh