Beberapa Langkah Mudah Agar Pengajuan Adsense Anda Disetujui Oleh Google

Beberapa Langkah Mudah Agar Pengajuan Adsense Anda Disetujui Oleh Google
crunchynow.com
Google Adsense adalah sebuah program periklanan oleh Google yang bisa mendatangkan uang bagi para publisher yang mempunyai blog atau web.

Program ini menjadi salah satu cara monetize blog yang paling favorit di kalangan para Internet Marketing khususnya para Blogger.

Namun, untuk bisa menjadi penayang dari program periklanan milik Google ini bukanlah hal yang mudah.

Tidak sedikit para publisher yang akunnya dinon-aktifkan karena melanggar TOS (kebijakan) dalam Google Adsense, seleksi untuk menjadi penayang aktif di program ini pun sekarang bisa dibilang cukup ketat.

Banyak Blogger yang mendaftar pada program Google Adsense, pengajuannya tidak disetujui. Bahkan, ada juga lho yang coba daftar hingga berkali-kali tapi tetap saja penolakan pun terjadi berkali-kali pula.

Ada beragam faktor yang menyebabkan hal ini, antara lain misalnya kualitas konten yang kurang memadai, adanya isi konten yang melanggar hak cipta, kurangnya navigasi situs yang dapat memudahkan pengunjung mengeksplore seluruh isi blog kita, dan lain-lain.

Nah, bagi Anda yang sudah mencoba berkali-kali mendaftar tapi selalu ditolak, termasuk juga mungkin Anda yang baru hendak mendaftar Google Adsense, tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa tips berikut ini agar pengajuan blog atau situs Anda bisa disetujui oleh tim Google Adsense.

Seperti apa tipsnya? Mari kita simak ulasan di bawah ini!


1. Buat Blog Yang Isinya Menjelaskan Tentang “Tips...” atau “Suatu Cara...”

Ada beberapa publisher yang mengatakan kalau ingin diterima oleh Google Adsense sebaiknya membuat blog yang isinya dapat memberikan manfaat serta informatif bagi pembaca.

Blog atau situs yang disarankan adalah blog yang berisi artikel yang membahas tentang “tips” dan “bagaimana cara...” atau “how to...”.

Pembuatan blog berjenis ini sebenarnya bukanlah hal yang sulit, sebab bisa kita cari beragam referensinya dari internet, buku, atau bahkan tayangan televisi.

Sedikit kami berikan gambaran, misalnya jika tema blog Anda membahas tentang otomotif, maka beberapa bahan artikel yang bisa Anda kembangkan adalah sebagai berikut:
- 7 Tips berkendara yang hemat bahan bakar
- 5 Cara modifikasi sepeda motor yang keren
- Tips mendekorasi interior mobil yang futuristik
- Dan sebagainya...


2. Perhatikan Jumlah Artikel Saat Mendaftar

Secara garis besar, Google memang tidak memberikan batas minimal jumlah artikel yang harus tersedia dalam blog Anda sewaktu didaftarkan pada program GA.

Kendati demikian, blog yang kita daftarkan haruslah yang kaya akan konten dengan informasi yang bermanfaat.

Kaya akan konten, berarti setidaknya ada banyak konten atau artikel yang tersedia di blog Anda. Ya, setidaknya ada sekitar 10 sampai 20 konten di blog kita saat didaftarkan pada Google Adsense.

Pada prinsipnya, semakin banyak artikel yang terdapat pada blog ketika Anda mendaftarkannya ke GA, maka semakin besar pula peluang blog Anda untuk diterima oleh GA.


3. Buat Artikel Yang Lolos Plagiarism 100%

Sekarang ini sudah bukan zamannya lagi copy paste (copas). Blog-blog yang sebagian besar isinya copas dari situs lain sekarang sudah banyak yang hilang dari peredaran.

Di samping melakukan copas adalah tindakan yang melanggar hak cipta orang lain, konten atau artikel yang didapatkan dari copy-paste akan sulit untuk masuk Top 10 halaman Google. Oleh sebab itu, buatlah artikel yang 100% lolos plagiarism.

Untuk tools-nya Anda bisa menggunakan smallseotools/plagiarism, atau dengan copyscape.

Bagi Anda yang kesulitan membuat artikel, maka bisa mencoba dengan memakai jasa penulis konten yang terpercaya. Banyak kok content writer yang menjual jasanya, Anda bisa cari di Google atau di situs forum Ads.id.


4. Artikel Harus Readable dan Menggunakan Tata Bahasa Yang Baik

Lolos 100% pada tools plagiarism saja belumlah cukup. Anda juga harus memastikan bahwa artikel yang Anda buat tersebut bisa dibaca dengan mudah, dipahami, dan nyaman untuk pembaca.

Di samping itu, pastikan juga kalau artikel tersebut memakai tata bahasa yang baik. Sebab, nantinya akan ada review secara manual oleh salah seorang tim GA untuk memastikan bahwa blog Anda layak disetujui atau tidak.


5. Tampilkan Navigasi Blog Dengan Jelas dan Sederhana

Navigasi blog adalah internal link seperti menu di header, entri populer, artikel terkait, dan berbagai menu di sidebar Anda.

Dengan adanya navigasi blog yang jelas dan sederhana, pengunjung akan dengan mudah untuk mengeksplor keseluruhan isi dalam blog kita sehingga mereka akan mendapatkan informasi yang mereka cari.

Untuk itu, penting sekali untuk Anda membuat navigasi yang jelas dan sederhana, misalnya:
- Warna link gelap pada latar belakang putih
- Artikel terkait yang penempatannya di bawah artikel
- Menu header yang terdiri dari 5-7 item
- Sidebar yang berisi entri populer, daftar kategori, kotak pencarian, dan lain-lain.


6. Utamakan Ketertarikan dan Kepuasan Pengunjung

Membuat pengunjung tertarik untuk membaca setiap konten dalam blog kita merupakan hal yang harus kita bangun dalam blog.

Di samping itu juga berikanlah kepuasan pada pengunjung terhadap bacaan artikel yang kita buat, sehingga mereka akan datang kembali ke blog kita ketika butuh informasi di lain waktu.

Berbagai cara bisa Anda lakukan untuk meningkatkan ketertarikan dan kepuasan pengunjung pada blog kita, antara lain seperti mencantumkan gambar dan video original, membuat loading blog yang cepat, dan bangunan blog yang responsive di semua ukuran dan jenis perangkat


 7. Buat Halaman Profil Blog yang Informatif dan Terpercaya

Agar pengunjung lebih nyaman dan percaya terhadap informasi yang Anda berikan di blog, maka halaman profil seperti About Us, Contact Us, Privacy Policy, dan DMCA merupakan elemen yang harus ada dalam Blog Anda.

Informatif berarti terdapat informasi mengenai tujuan Anda membangun blog tersebut. Sedangkan terpercaya berarti Anda harus menuliskan secara jelas identitas pemilik blog dan sebaiknya disamakan dengan identitas pada saat Anda mendaftarkan ke GA nantinya.

Halaman Contact Us akan memudahkan pengunjung untuk melakukan kontak atau menghubungi Anda bila mereka ada suatu pertanyaan yang hendak disampaikan.

Sedangkan halaman Privacy Policy menjelaskan bahwa Anda benar-benar menjaga serta menghargai privasi pembaca.

Selain itu, adanya halaman DMCA merupakan pernyataan yang menunjukkan bahwa Anda tidak melanggar hak cipta orang lain.


8. Minimal Umur Blog 3 Bulan Atau Lebih

Meski dalam kebijakan Google Adsense tidak menyebutkan berapa minimal usia blog yang bisa diterima pendaftarannya (kecuali blog berbahasa India yang minimal harus berusia 6 bulan), blog dengan usia lebih dari 3 bulan merupakan usia yang ideal untuk mulai Anda daftarkan pada Google Adsense.

Sebab, di usia 3 bulan, blog Anda mungkin sudah memiliki banyak artikel dan juga backlink natural yang cukup, sehingga otoritas blog Anda lebih kredibel di mata google. Hal ini juga mempengaruhi banyaknya halaman yang diindeks oleh robot Google pada blog Anda.

Dengan meningkatnya otoritas situs Anda di mata mesin pencari, maka akan semakin banyak pula pengunjung organik yang datang dari search engine.

Ini merupakan poin yang bagus bagi blog Anda di mata tim Google Adsense sehingga pengajuan Google Adsense Anda akan semakin besar peluangnya untuk disetujui.


9. Tampilkan Kesan Profesional Pada Blog Anda

Profesinalitas sebuah blog juga menjadi salah satu kriteria diterima atau tidaknya pengajuan blog Anda pada program Google Adsense. Oleh sebab itu, tampilkan ciri khas dan spesialisasi yang terdapat pada blog Anda.

Adanya logo pada header juga akan menambah kesan profesional pada blog Anda. Jadi, munculkan keseriusan Anda dalam membangun blog yang profesional.

Update artikel dan optimasikan blog Anda secara rutin. Sehingga peluang Anda untuk diterima oleh Google Adsense pun akan semakin besar.


Nah, itulah beberapa kiat khusus yang bisa Anda lakukan agar pengajuan blog Anda pada program Google Adsense bisa diterima.

Memang kami tidak dapat menjamin blog Anda akan diterima 100% oleh Google Adsense, karena kami kan juga bukan yang punya Google.

Tapi paling tidak dari semua langkah di atas, blog Anda akan semakin matang dan memiliki otoritas di mata mesin pencari, sehingga Google akan melihat sebuah potensi yang terdapat pada blog Anda dan memperbesar peluang Anda untuk diterima dalam program periklanan Google Adsense.

Selamat mencoba sobat blogger!

Sumber:
http://www.blogodolar.com/10-tips-jitu-agar-blog-anda-disetujui-google-adsense/


Related Posts

Beberapa Langkah Mudah Agar Pengajuan Adsense Anda Disetujui Oleh Google
4/ 5
Oleh

1 komentar:

23 Agustus 2015 09.20 delete

WAH lengkap sekali untuk infonya tentang google adsense, saya dapat ilmu baru ni. sukses terus mind

Reply
avatar