Berbagai Keunggulan Yang Didapat Dari Bisnis Waralaba / Franchise (bag. 2)

Berbagai Keunggulan Yang Didapat Dari Bisnis Waralaba/Franchise (bag. 2)
Baca artikel sebelumnya...

1. Adanya program konsultasi, pendidikan dan program pelatihan yang diberikan secara terus menerus dan berkala oleh Franchiser sehingga dapat mengatasi kurangnya pengetahuan dasar dalam membuka usaha dan menjalankan operasional usaha bagi mereka yang baru mulai merintis suatu usaha.

2. Franchisee berhak dalam memakai paten, merek dagang, hak cipta, rahasia dagang, serta proses formula dan resep rahasia milik franchiser yang telah terbukti berhasil.

3. Adanya keuntungan yang didapat oleh franchisee dari program riset dan pengembangan yang dilakukan oleh franchiser untuk memperbaiki bisnis agar lebih baik dalam menghadapi persaingan.

4. Biasanya franchisee mendapat jaminan teritorial guna memastikan tidak adanya franchisee lain dalam wilayah bisnis tersebut yang terlalu dekat satu sama lain.

5. Secara otomatis memperoleh keuntungan dari program promosi dan periklanan yang dilakukan oleh franchiser untuk mengenalkan lebih luas merek dagang yang dijadikan franchise.


Hanya saja setiap bisnis memang memiliki kelemahan, termasuk juga sistem waralaba ini. Kelemahan-kelemahan tersebut antara lain:

1. Adanya persyaratan harus memenuhi kondisi finansial tertentu, biasanya modal awal yang dibutuhkan relatif cukup besar. Selain itu, franchisee juga diharuskan untuk membayar franchisee fee secara rutin atas penggunaan sistem dan hak merek dagang dari franchiser.

2. Kebijakan-kebijakan perusahaan seperti harga jual, jenis barang yang dijual, dan lain-lain, tidak secara bebas bisa diubah oleh franchisee, semuanya harus melalui persetujuan dari franchiser.

3. Franchisee sangat tergantung pada kebijakan-kebijakan yang dilakukan oleh franchiser sehingga ketika franchiser melakukan kesalahan dalam pengambilan keputusan atau kebijakan, maka akan mempengaruhi juga untung rugi dari franchisee.


Tips Memilih Usaha Waralaba Yang Tepat

Nah, dari beberapa keunggulan serta kelemahan pada bisnis sistem waralaba tersebut, berikut ini kami juga akan mengulas tentang tips dalam memilih bisnis waralaba yang tepat.

1. Agar Anda lebih termotivasi dan dapat bertahan lama, maka lebih baik memilih bisnis waralaba pada bidang yang Anda sukai. Namun, jangan hanya asal suka saja, tapi juga harus dipertimbangkan apakah konsep bisnis yang ditawarkan serta proyeksi keuntungannya mudah dipahami dan masuk akal atau tidak.

2. Anda harus memastikan bahwa franchiser yang hendak Anda pilih benar-benar telah memiliki strategi yang solid, baik dalam segi pemasaran, riset dan pengembangan, maupun pelatihan yang berkelanjutan agar usaha Anda tetap kompetitif ke depannya.

3. Pilihlah frachiser yang bisa memberikan hasil pantauan kinerja bisnis Anda dalam beberapa waktu agar dapat membantu Anda mempertahankan standar dan tingkat keuntungan yang diperoleh.

4. Bila memungkinkan, carilah franchiser yang memberikan kesempatan bahwa nantinya bisnis tersebut bisa diteruskan kepada ahli waris, agar ketika terjadi sesuatu pada diri Anda maka bisnis tersebut bisa dengan mudah dipindahtangankan kepada ahli waris Anda.

Sumber:
http://kemandirianfinansial.blogspot.com/2014/12/membuka-bisnis-dengan-membeli-sistem.html


Related Posts

Berbagai Keunggulan Yang Didapat Dari Bisnis Waralaba / Franchise (bag. 2)
4/ 5
Oleh