Hanya 65 Menit yang Dibutuhkan Soda untuk Merusak Tubuh Kita

dampak buruk kesehatan minuman bersoda
Minuman soda terutama yang dingin tentu disukai banyak orang, apalagi ketika kondisi udara sedang panas.

Namun, kamu juga mesti tahu nih kalau ternyata minum minuman bersoda itu berbahaya lho bagi kesehatan.

Dan reaksi kimia yang terjadi dalam tubuh bila kita saat meminum soda itu terjadi sangat cepat.

Baca juga: 5 Makanan Tradisional Yang Sering Tersaji Dalam Pesta Pernikahan

Nah, berikut ini kami akan mengulas kronologis bagaimana minuman bersoda merusak organ pencernaan dan organ-organ penting dalam tubuh lainnya. Yuk kita simak bersama!


10 Menit Pertama

Dalam minuman soda terdapat kadar gula yang mencapai sekitar 10 sendok makan dan pada 10 menit pertama akan mulai masuk ke dalam tubuh.

Dalam kasus biasa, saat kamu mengkonsumsi banyak makanan atau minuman yang mengandung gula, maka kamu akan muntah. Tetapi asam fosfat yang terkandung dalam soda akan menghilangkan efek ingin muntah tersebut.

20 Menit Berikutnya

Overdosis gula yang mungkin terjadi setelah Anda minum soda akan berusaha untuk dilawan oleh tubuh.

Sehingga dalam aliran darah terjadi resistensi insulin yang kuat dan menyebabkan fungsi insulin untuk mensirkulasikan glukosa dalam darah tidak dapat berjalan dengan baik. Pada saat bersamaan, liver kamu akan memecah gula dan mengubahnya menjadi lemak.

40 Menit Kemudian

Pada 40 menit sesudah kamu meminum soda, semua kafein yang terkandung dalam soda telah diserap semua oleh tubuh.

Efek paling akut dari meningkatnya penghabisan glukosa adalah tekanan darah kamu akan meningkat.

Respon tubuh lainnya yaitu reseptor adenosin akan diblokir oleh otak kanan, sehingga kamu jadi enggak ngantuk dan pupil mata juga menjadi lebar.

45 Menit Berlalu

Masuk pada menit ke 45, terjadi peningkatan pada produksi hormon dopamin yang berefek membuat kamu menjadi lebih segar atau fresh. Efek seperti ini sama seperti ketika seseorang mengkonsumsi heroin.

1 Jam Kemudian

Setelah satu jam berlalu, asam fosfat mempercepat metabolisme lewat pengikatan kalsium, seng, dan magnesium dalam usus.

Pada banyak kasus, orang akan merasakan kembung di bagian perut, bahkan bisa juga terjadi nyeri di bagian perut.

Perlu kamu ketahui juga kalau soda memiliki kandungan gula dan pemanis buatan yang tinggi. Hal ini pula yang akan membuat efek diuretik kafein mulai bekerja.

Hanya dalam waktu satu jam pula, banyak zat kalsium dalam tulang kamu yang terkikis dan terbuang melalui urine.

Berbarengan dengan proses ini, mineral lain seperti magnesium, zinc, natrium, dan air akan banyak yang hilang dari tubuh kamu.

1 Jam Lebih 5 Menit

Waktu ini bisa dibilang merupakan klimaks dari perusakan tubuh oleh soda. Tubuh kamu akan mengalami kekurangan gula yang cukup parah.

Hal ini akan mengakibatkan kamu jadi susah tidur dan cederung merasa gelisah. Berkurangnya gula dalam tubuh juga akan membuat tubuh kamu merasa kekurangan kafein sehingga kamu jadi merasa lelah, gejala ini juga bisa diakibatkan karena tubuh kamu telah kehilangan berbagai cairan penting.


Dari kronologis di atas, efek jangka panjangnya adalah kamu jadi kecanduan soda. Dan banyak dari para pecandu soda yang mengalami kondisi hipertensi dan obesitas.

Kecanduan ini disebabkan karena pemanis buatan seperti aspatram (E951) yang membuat kamu jadi merasa haus terus-menerus.

Di samping itu, ada efek samping lainnya yang timbul dari kecanduan minum soda, yaitu gangguan pada syaraf yang disebabkan oleh konsumsi pemanis buatan dalam jumlah berlebih.

Selain membuat daya pikir kamu jadi berkurang, soda juga akan mengakibatkan fungsi usus menjadi berkurang sehingga akan banyak lemak tertimbun dalam tubuh kamu.

Sumber:
http://www.mediakesehatan.net/2014/06/awas-hati-hati-bahaya-pada-minuman-bersoda.html


Related Posts

Hanya 65 Menit yang Dibutuhkan Soda untuk Merusak Tubuh Kita
4/ 5
Oleh