Keuntungan dan Risiko Memiliki Properti Dekat Dengan Jalan Raya

Keuntungan dan Risiko Memiliki Properti Dekat Dengan Jalan Raya
Seperti kita ketahui, bahwa nilai properti dipengaruhi juga oleh lokasi, dan kemudahan aksesnya.

Baik untuk rumah, ruko, apartemen, dan jenis properti lainnya.

Banyak orang menganggap nilai sebuah properti akan semakin tinggi bila semakin dekat dengan jalan raya.

Walaupun di satu sisi memang menguntungkan karena nilai properti akan terus mengalami kenaikan, tapi apakah Anda sudah mempertimbangkan bahwa dekat dengan jalan raya, berarti Anda harus siap menghadapi kebisingan, asap kendaraan, dan juga sibuknya lalu lintas?

Simak juga: 5 Langkah Penting Dalam Pembelian Rumah Bekas Melalui KPR


Nilai Properti Dekat Stasiun Kereta Api Lebih Tinggi

Ada sebagian yang beranggapan bahwa kebisingan jalan raya yang sibuk akan berdampak negatif pada nilai properti.

Terutama pada properti yang berada tepat di pinggir jalan besar. Namun, berbeda dengan penelitian model statistik yang dilakukan pada studi transit kereta api yang menunjukkan bahwa setiap rumah yang terletak dekat dengan stasiun kereta api, biasanya memiliki nilai lebih tinggi.

Bila dijual maka harganya 38 % lebih tinggi bila dibandingkan dengan rumah yang jauh dari stasiun kereta api.

Namun yang jadi pertanyaan adalah bagaimana jika jalan raya belum dibangun? Apakah nilai properti akan turun?

Jawabannya ada pada sebuah studi mengenai properti dan ekspansi jalan raya yang menunjukkan bahwa nilai rumah dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain jaraknya dari pusat kota, emisi, kebisingan, dan getaran.


Penurunan Tingkat Risiko Keselamatan

Jalan raya tentunya dipadati dengan arus lalu lintas. Dilihat dari perspektif bisnis memang akan berdampak positif bagi nilai properti, namun bagi suatu komunitas perumahan, jalan raya bisa berdampak negatif.

Di jalan raya, banyak kendaraan yang dikemudikan dengan beragam kecepatan. Bagi Anda pemilik rumah yang memiliki anak, tentu ada kekhawatiran bahwa ketika anak-anak bermain di halaman bisa saja tiba-tiba ada mobil yang hilang kendali karena ban pecah, atau mobil yang dikemudikan oleh pengemudi mabuk.

Tidak jarang, orang melihat faktor tersebut sebagai penurun dari nilai rumah, dan ketika akan dijual kembali akan sedikit kesulitan.

Bila memang Anda dapatnya rumah di tepi jalan raya yang bising, maka Anda dapat mendesain eksterior sedemikian rupa untuk mencegah risiko yang terjadi seperti menambahkan pagar agar anak-anak lebih aman, air terjun untuk meredam kebisingan, atau dinding hijau yang akan mempercantik serta meredam suara.


Keuntungan Dari Segi Bisnis

Selain meningkatkan risiko, rumah dekat jalan raya juga meningkatkan keuntungan dari segi bisnis, sehingga beberapa kalangan melihatnya sebagai potensi yang dapat menaikkan nilai properti.

Namun, ada beberapa kondisi di mana nilai properti benar-benar bisa meningkat ketika dekat dengan jalan raya.

Misalnya berlaku untuk daerah komersil, semakin ramai orang berlalu lalang, maka semakin tinggi pula nilainya apabila dijadikan semacam ruko atau rumah tinggal sekaligus tempat usaha.

Sumber:
http://properti.kompas.com/read/2015/04/11/100000121/Cari.Rumah.Dekat.Jalan.Raya.Pertimbangkan.Risikonya.


Related Posts

Keuntungan dan Risiko Memiliki Properti Dekat Dengan Jalan Raya
4/ 5
Oleh