Membiasakan Diri Merapikan Rumah Bukanlah Hal yang Sulit

Membiasakan Diri Merapikan Rumah Bukanlah Hal yang Sulit
Melihat rumah berantakan membuat kita menjadi tidak betah di rumah, bawaannya kesal, dan bahkan bisa memicu stres.

Belum lagi mungkin bagi sebagian orang, membuat rumah agar selalu tampak bersih dan rapi adalah tugas yang tidak mudah.

Oleh karena itu, penting sekali untuk kamu membiasakan diri untuk melakukan kegiatan berikut ini agar memudahkanmu untuk membuat rumah jadi tampak lebih bersih dan rapi.

Baca juga: Dengan Cara Ini, Anda Dapat Membersihkan Perabot Dengan Mudah


1. Belajar Bersih-bersih Tiap Hari

Hal pertama yang harus ada dalam pikiranmu adalah menganggap bahwa membersihkan rumah bukanlah hal yang berat dan menakutkan.

Biasakan untuk membersihkan rumah setiap hari, dan mulailah dari hal-hal yang kecil. Kamu tidak perlu mengepel lantai setiap hari, namun pertimbangkan untuk mengelap peralatan masak setiap kali habis menggunakannya.

Langsung meletakkan dokumen di tempat khusus, dan jangan biarkan dokumen atau buku-bukumu berserakan di sembarang tempat. Atau cobalah untuk membiasakan diri mencuci piring setiap kali habis makan.

Dengan dimulai dari hal-hal yang kecil, maka seiring berjalannya waktu kamu akan mulai terbiasa untuk membuat rumahmu tetap terlihat bersih dan rapi.


2. Letakkan Barang Kembali Ke Tempatnya Semula

Selesai memakai barang, maka pastikan agar barang tersebut kamu kembalikan ke tempatnya semula. Misalnya, kembalikan perabot yang telah selesai digunakan berada di tempatnya semula, atau peralatan masak yang habis dipakai lalu bersihkan dan dikembalikan ke rak piring, atau meletakkan pakaian kotormu langsung ke dalam keranjang cucian.

Kamu tidak perlu menyapu seluruh lantai setiap pagi, yang penting bagian-bagian paling sering kamu lewati agar selalu tetap bersih.

Dengan cara ini, kamu akan menjadi lebih enerjik, karena rumah yang rapi dan bersih tentunya akan membuatmu lebih semangat menjalani aktivitas sehari-hari.


3. Letakkan Alat Pembersih di Dekat Tempat yang Sering Terlihat Kotor

Setiap rumah pasti memiliki bagian-bagian yang paling mudah terlihat kotor. Untuk itu letakkan peralatan kebersihan di dekat bagian rumah yang sering terlihat kotor agar kamu lebih mudah untuk menjangkaunya sehingga aktivitas bersih-bersih kamu pun menjadi lebih mudah.

Tempat-tempat yang mudah terlihat kotor pada rumah biasanya terletak di wastafel kamar mandi, dapur, ruang tamu dan ruang kerja.

Dengan menyiapkan peralatan pembersih di sekitar tempat tersebut, maka kamu bisa melakukan pencegahan lebih cepat secara teratur sebelum tempat tersebut terlihat benar-benar kotor sehingga membuatmu malas untuk membersihkannya.


4. Tak Mengapa Membiarkan Beberapa Tempat Berantakan

Kegiatan membersihkan rumah jangan sampai membuat kamu tertekan. Jangan terlalu menuntut setiap inchi dari rumahmu untuk selalu terlihat bersih dan sempurna.

Lagipula, siapa juga yang mengharapkan kamu untuk menjaga setiap tempat dalam rumah selama 24 jam agar selalu terlihat bersih?

Oleh karena itu, pada beberapa tempat khusus tak mengapa kamu berikan kelonggaran. Seperti tempat sampah kering yang hanya berisi kertas-kertas, tak perlu kamu membersihkan dan mengosongkannya tiap hari.

Jadi ada beberapa tempat dalam rumah yang memang harus dibersihkan dan dirapikan setiap hari, namun ada pula beberapa bagian rumah yang bisa kamu jaga kebersihannya hanya setiap seminggu sekali atau beberapa hari sekali.


5. Jangan Membeli Barang yang Tidak Terlalu Dibutuhkan

Tanyakan pada dirimu setiap kali hendak membeli sesuatu, apakah kamu benar-benar membutuhkannya saat ini atau tidak.

Karena ada sebagian orang yang seringkali membeli sesuatu walau sebenarnya barang tersebut tidak dibutuhkannya saat ini. Tentunya dengan alasan ketika nanti dibutuhkan di lain waktu, mereka bisa menggunakan barang tersebut.

Namun, kamu juga perlu memberi batasan pada diri sendiri, jangan sampai banyak barang yang tidak terpakai memenuhi setiap ruangan dalam rumahmu. Sebab, kesannya rumah kamu jadi terlihat kurang tertata rapi.


Itulah beberapa kebiasaan yang perlu kamu lakukan untuk membuat rumah selalu terlihat rapi dan bersih.

Jadikan rumahmu tempat yang benar-benar nyaman untuk ditinggali dan membuat kamu semangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Sumber:
http://properti.kompas.com/read/2015/05/03/233008321/Lima.Kebiasan.Wajib.Agar.Rumah.Tetap.Rapi


Related Posts

Membiasakan Diri Merapikan Rumah Bukanlah Hal yang Sulit
4/ 5
Oleh