Mempersiapkan Perlengkapan Bayi dan Perlengkapan Istri Saat Melahirkan

Mempersiapkan Perlengkapan Bayi dan Perlengkapan Istri Saat Melahirkan
Anggapan bahwa perlengkapan bayi tidak perlu penting adalah anggapan yang salah besar.

Justru bayi Anda harus mendapatkan perlakuan istimewa dari kedua orangtua agar pertumbuhannya bisa lebih optimal sehingga ke depannya ia bisa tumbuh dengan sehat dan cerdas.

Dalam mempersiapkan kelahiran si buah hati, ada beberapa perlengkapan yang perlu orangtua sediakan, antara lain:
- Kasur bayi dan kelambu
- Bantal dan Guling bayi
- Sprei dan selimut bayi
- Sarung bantal dan guling
- Tempat baju bayi
- Thermos air panas
- Tempat sampah khusus bayi
- Termometer digital, dan
- Sedotan ingus (untuk berjaga-jaga)

Memang, perlengkapan bayi di atas tidaklah mutlak harus terpenuhi semuanya. Namun, paling tidak sebagai gambaran Anda agar tidak kebingungan dalam mempersiapkan perlengkapan untuk buah hati yang sebentar lagi hadir di rumah Anda.

Baca juga: Alasan Ngemil di Malam Hari Amat Disukai Orang

Masalah keuangan juga menjadi hal yang penting untuk dipersiapkan semenjak jauh hari. Seperti kita tahu, biaya melahirkan di rumah sakit sekarang ini tidaklah sedikit.

Oleh sebab itu, keuangan juga menjadi hal yang harus direncanakan oleh suami bahkan ketika awal masa kehamilan istri.

Dalam menganggarkan proses kelahiran bayi, sebaiknya juga pertimbangkan berbagai hal tak terduga seperti mendadak harus operasi, biaya rawat inap, dan lain-lain.

Sudah menjadi kewajiban seorang suami untuk dapat memberikan dukungan kepada istri dengan menemani selama proses persalinan di ruang bersalin.

Namun, jika memang hal tersebut tidak memungkinkan (suami bekerja di luar kota), maka peran keluarga sangatlah dibutuhkan.

Hal ini akan memberikan motivasi kepada si calon ibu untuk bertahan dalam rasa sakit yang luar biasa, dan meningkatkan rasa nyaman ibu karena ditemani oleh orang-orang terkasih di sampingnya.

Apabila suami tidak ingin atau takut menemani istri di ruang persalinan, maka posisinya boleh digantikan keluarga yang lain misalnya ibu kandung atau ibu mertua.

Hadirnya keluarga dalam proses persalinan sebagai pemberi dukungan sehingga calon ibu merasa tidak sendirian dalam berjuang melahirkan.


Pentingnya Mempersiapkan Perlengkapan Istri Sesudah Melahirkan

Tidak hanya perlengkapan bayi saja yang harus Anda persiapkan, tapi juga perlengkapan istri sesudah melahirkan adalah hal yang sangat penting.

Terutama sebelum berangkat menuju ruang persalinan, berikut ini adalah perlengkapan wajib yang harus tersedia untuk calon ibu ketika akan melahirkan:
- Alas tahan air (perlak).
- Minyak kayu putih, atau minyak telon untuk memijit dan mengurangi rasa sakit.
- Perlengkapan mandi seperti sabun, pasta gigi, sikat gigi, dan lain-lain.
- Lip balm, sisir, ikat rambut.
- Baju ganti (nyaman dan memiliki daya serap keringat tinggi).
- Bantal, dan makanan ringan.

Demikian artikel tentang perlengkapan yang harus dipersiapkan untuk bayi dan ibu saat melahirkan. Sekarang Anda punya sedikit gambaran tentang perlengkapan yang harus siap sedia ketika istri Anda melahirkan. Jadi tidak bingung lagi walaupun ini adalah kelahiran anak pertama Anda.

Sumber:
http://www.duniaberbicara.com/tips-bunda/cara-bunda-mempersiapkan-perlengkapan-bayi-sebelum-lahir.html


Related Posts

Mempersiapkan Perlengkapan Bayi dan Perlengkapan Istri Saat Melahirkan
4/ 5
Oleh