Mengatasi Masalah Keuangan Pasangan yang Tinggal Dengan Orangtua

Sekarang ini tidak sedikit pasangan suami istri yang baru menikah memilih tinggal serumah dengan orangtua untuk sementara.

Pada kondisi seperti ini, biasanya sang suami atau kepala rumah tangga mempunyai tanggung jawab ganda.

Di samping bertanggung jawab kepada istri dan anak, juga harus bertanggung jawab kepada orangtua yang masih tinggal serumah.

Di dalam kehidupan serumah tersebut, si kepala rumah tangga pun nampaknya perlu memutar otak untuk mengatasi setiap permasalahan yang muncul, termasuk juga masalah keuangan.

Lantas, seperti apa cara yang bagus untuk mengatasi beban keuangan keluarga yang tinggal dengan orangtua tersebut?

Baca juga: 5 Kesalahan Mengelola Keuangan Yang Sering Terjadi Pada Pensiunan

Mike Rini Sutikno yang merupakan perencana keuangan dari MRE Financial & Business Advisory memberikan sebuah tips dalam pengelolaan keuangan kepada keluarga yang masih tinggal bersama orangtua dan mempunyai pendapatan bulanan di bawah Rp 5 juta.

Mike mengatakan solusinya adalah hal pertama ketika kita menerima gaji bulanan, maka sekitar 5 persen langsung kita berikan kepada orangtua. Sisanya baru kita potong untuk tabungan, dan kebutuhan.

Dana yang kita keluarkan untuk orangtua tersebut sebenarnya sedikit sensitif, oleh sebab itu sebaiknya dikomunikasikan terlebih dahulu kepada pasangan Anda.

Terlebih lagi jika pasangan Anda juga masih memiliki orangtua, jadi agar tidak ada kecemburuan dan kesalahpahaman, maka dimusyawarahkan dulu dengan pasangan Anda kira-kira berapa dana yang hendak disisihkan untuk orangtua, baik orangtua Anda maupun orangtua pasangan juga.

Di samping itu, Anda juga bisa meminta keluarga lain seperti kakak atau adik kandung untuk turut serta membantu dana untuk orangtua. Sehingga Anda dan pasangan tidak terlalu terbebani dengan tanggungan dana untuk orangtua karena menjadi tanggungan bersama kakak atau adik Anda. Terkecuali bila Anda adalah anak tunggal, merupakan kewajiban Anda sendiri untuk membantu orangtua di masa tuanya baik dari segi biaya maupun dalam hal merawat mereka.

Tapi kembali lagi, segala sesuatu harus dikomunikasikan dengan baik bersama pasangan Anda. Berikan pengertian serta pemahaman yang baik kepada pasangan Anda, agar mereka mau mengerti bahwa merawat orangtua dan memenuhi kebutuhan hidupnya di masa tua adalah kewajiban anak sebagai wujud bakti mereka terhadap orangtua.

Akan tetapi, permasalahan akan menjadi rumit ketika gaji bulanan Anda tidak mencukupi untuk memenuhi semuanya.

Untuk itu sejak awal Anda sudah harus memiliki perencanaan keuangan yang baik sehingga penghematan dapat dilakukan dan juga Anda memang harus memiliki sumber penghasilan lain agar perekonomian keluarga Anda bisa berjalan dengan baik.

Anda juga harus menanamkan prinsip hidup hemat kepada keluarga Anda, komunikasikan dengan pasangan dan anak Anda untuk berhemat serta memilah mana yang benar-benar menjadi kebutuhan hidup, dan mana yang hanya sekadar keinginan saja.

Jadilah kompak dengan pasangan dan anak Anda untuk berhemat, carilah sumber pendapatan lain yang bisa ikut menopang kebutuhan keluarga Anda, misalnya dengan membuka warung sembako, atau usaha lainnya di bidang makanan agar perputaran uang bisa lebih cepat.

Sumber:
http://economy.okezone.com/read/2014/08/15/457/1024988/solusi-keuangan-untuk-anda-yang-serumah-dengan-orangtua


Related Posts

Mengatasi Masalah Keuangan Pasangan yang Tinggal Dengan Orangtua
4/ 5
Oleh