Panduan 5 Langkah Agar Bekerja Dari Rumah Bisa Lebih Optimal

Panduan 5 Langkah Agar Bekerja Dari Rumah Bisa Lebih Optimal
Saat ini, banyak masyarakat di dunia yang lebih suka melakukan hampir semua aktivitasnya di rumah.

Khususnya dalam melakukan beberapa pekerjaan mereka.

Walaupun ada sebagian yang masih menerapkan kebiasaan berangkat kerja ketika subuh dan pulang setelah magrib, namun hal ini sangatlah meletihkan jiwa maupun raga.

Semakin berkembangnya teknologi membuat orang-orang semakin ingin mandiri dan melakukan suatu kebebasan pribadi serta berharap lebih banyak mempunyai pilihan dalam hidup.

Simak juga: Tips Ringan untuk Menjadi Seorang Chef yang Handal dan Sukses

Pada hakikatnya, semua orang itu pemalas, dan bila dimungkinkan tentu orang akan memilih sesuatu yang memberikan kenyamanan dan lebih menghindari sesuatu yang membikin mereka merasa tidak nyaman.

Ada banyak alasan sederhana yang membuat orang memilih untuk melakukan pekerjaan mereka dari rumah, misalnya ada yang ingin selalu dekat dengan keluarga, ingin punya usaha sendiri dengan sumber pendapatan lebih baik, ingin menekuni hobi, menghindari stres, atau menghindari kemacetan yang tentu saja membuat banyak waktu produktif mereka menjadi terbuang percuma.

Memang ada banyak kelebihan yang bisa kita dapatkan dengan bekerja sendiri di rumah, seperti tidak harus mengalami macet di jalan, memulai kerja bisa kapan saja, istirahat pun juga bisa kapan saja, sambil menonton televisi, bercanda dengan keluarga, mempunyai waktu olahraga, atau sambil menggeluti hobi.

Namun, saat Anda memutuskan untuk bekerja dari rumah, ada berbagai keterampilan yang harus Anda kuasai dengan cepat sekaligus.

Baik itu dari segi pemasaran, penjualan, hubungan baik dengan pelanggan, manajemen waktu, perencanaan bisnis, dan juga pengelolaan keuangan.

Tidak hanya itu, memberikan produk dan jasa yang terbaik juga merupakan tuntutan yang harus bisa lakukan ketika bekerja atau berbisnis dari rumah.

Di tambah lagi, Anda juga harus mampu untuk menyeimbangkan urusan pekerjaan dengan rumah tangga.

Untuk itu, kami akan berbagi beberapa tips yang bisa Anda jadikan panduan tentang hal apa saja yang harus dipahami saat Anda bekerja dari rumah agar pekerjaan Anda dapat berjalan dengan optimal.

1. Tentukan Jam Kerja dan Istirahat Anda

Ide yang buruk bila Anda bekerja tanpa adanya patokan jam kerja, sehingga Anda akan melakukan pekerjaan semau sendiri. Tanpa adanya disiplin waktu kerja, tentunya Anda akan sulit untuk menyelesaikan pekerjaan apapun.

Jadi, penting sekali dalam bekerja di rumah Anda menentukan jam kerja dan istirahat, lalu patuhi aturan yang telah Anda buat sendiri tersebut. Buat jadwal JAM MULAI KERJA dan JAM PULANG, serta kapan WAKTU ISTIRAHAT anda.

Walaupun misalkan Anda tidak dapat memenuhi waktu tersebut, Anda bisa membuat jadwalnya disesuaikan dengan lama jam kerja Anda, jadi paling tidak setiap minggu meski jam kerja tidak beraturan tapi Anda harus dapat memenuhi lama jam kerja yang sudah Anda tetapkan untuk satu minggu.


2. Buat Target Pencapaian yang Jelas

Terkadang bekerja sendiri di rumah membuat bingung tentang target pencapaian atau milestone yang harus dibuat. Apalagi, jika Anda memiliki beberapa pekerjaan yang harus berlangsung secara “multi-tasking”.

Tanpa adanya target pencapaian yang jelas, maka akan mustahil Anda mencapai “Result Oriented” yang maksimum. Jadi Anda harus bekerja tidak hanya sekadar memenuhi “Rule Oriented” atau jam kerja perminggu saja.


3. Ciptakan Suasan Kerja di Rumah yang Nyaman

Bukan berarti ketika Anda bekerja di rumah akan terbebas dari segala gangguan, justru akan semakin berat godaan dan gangguan yang akan Anda hadapi.

Misalnya, Anda tidak akan bisa fokus bekerja bila anak Anda rewel seharian, atau ruang kerja yang sumpek, dan juga berantakan sehingga Anda sulit menemukan file penting yang harus Anda kerjakan dengan cepat.

Buatlah suasana ruangan yang akan dipakai bekerja senyaman mungkin, dan jangan biarkan sembarangan orang masuk atau melakukan aktivitas di situ.

Serta tentukan jadwal yang jelas kapan harus melakukan tugas rumah tangga dan kapan harus melakukan pekerjaan.


4. Jangan Tunggu Mood Datang Baru Mulai Bekerja

Jangan mentang-mentang di rumah dan tidak ada yang mengawasi lalu Anda boleh menunda pekerjaan.

Bila letih, boleh saja Anda istirahat sejenak dan kendalikan mood Anda sendiri, jangan menunggu mood itu datang baru Anda mulai bekerja kembali.


5. Jangan Mengisolasi Diri

Memperluas dan menjaga tali silaturahmi merupakan kunci dari pintu rezeki. Jangan Anda jadikan bekerja di rumah membuat diri Anda malah terisolasi dari kehidupan sosial.

Seperti ketahui, bahwa networking merupakan salah satu hal penting yang harus dijaga untuk kelangsungan karir atau bisnis Anda.

Jangan hanya berkutat di sekitar rumah saja, perluas jaringan Anda atau jangan merasa Anda telah mampu menghasilkan uang sendiri dan tidak lagi membutuhkan orang-orang di sekitar Anda. Pertemuan dengan teman-teman secara tatap muka akan lebih memperluas wawasan Anda.

Sumber:
http://kemandirianfinansial.blogspot.com/2015/01/rumahku-kantorku.html


Related Posts

Panduan 5 Langkah Agar Bekerja Dari Rumah Bisa Lebih Optimal
4/ 5
Oleh