Perabotan Penting Yang Sering Terabaikan Kebersihannya

Perabotan Penting Yang Sering Terabaikan Kebersihannya
Ketika membersihkan rumah, tentu kita akan melakukannya dengan cara paling mudah yaitu membersihkan barang-barang yang mudah dijangkau dan paling sering terlihat.

Namun, biasanya ada tempat-tempat tak terduga yang luput dari kegiatan membersihkan yang kita lakukan.

Bila Anda mau melakukan beberapa tips berikut ini, Anda akan tahu cara termudah untuk membersihkan tempat-tempat tersebut.

Baca juga: 10 Kesalahan Yang Biasa Dilakukan Ketika Mencuci Baju


Bantal Sofa

Membersihkan bantal kamar tidur memang penting, namun jangan lupakan bantal hiasan pada sofa. Seringkali kita memakai bantal ini untuk mengistirahatkan kepala bahkan hingga menopang kaki. Banyak sekali debu, kotoran, dan sel kulit mati yang menempel bantal tersebut.

Untuk itu, jangan sampai Anda mengabaikan kebersihan dari benda satu ini. Untuk cara membersihkannya bisa dengan memakai vacuum cleaner, dan cuci sarung bantal sesuai petunjuk perawatan secara periodik.


Gorden dan Pelapis Tirai

Walau sekilas mungkin tampak bersih, namun sebenarnya gorden pelapis tirai adalah tempat berkumpulnya berbagai kotoran seperti debu, tungau, serbuk sari, bakteri, hingga jamur.

Pastikan Anda tidak melewatkan perabot satu ini dalam kebersihan rumah. Pakailah penghisap debu untuk membersihkan gorden dengan teratur.

Terutama bila sudah sangat kusam dan kotor, periksa petunjuk penggunaan pada label apakah bahan kain tersebut bisa dicuci atau tidak.


Tempat Sampah Dapur

Bila bau busuk masih tercium dari tempat sampah dapur padahal Anda telah membuang isinya, maka bisa jadi bau busuk tersebut asalnya dari sisa-sisa bahan makanan dan bakteri yang masih melekat di tempat sampah. Untuk itu, selain membuang isi sampahnya, Anda juga harus secara rutin membersihkan tempatnya.

Membersihkannya cukup dengan memastikan bahwa tidak ada lagi sisa-sisa makanan yang masih menempel di tempat sampah.

Kemudian semprotkan penghilang bau atau disinfektan ke dalam tempat sampah. Oya, jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan ketika membersihkan tempat sampah tersebut ya!


Tempat Pencuci Piring

Tempat pencuci piring (dishwasher) dapat tersumbat disebabkan adanya sisa-sisa makanan, buih sabun, atau jamur yang menempel padanya. Awali dengan membersihkan penyaring yang terdapat pada tempat cuci piring.

Partikel makanan dapat dengan mudah menyumbat aliran pada penyaring, Anda bisa mencoba memakai baking soda untuk membersihkan kotoran yang mengerak pada tempat pencuci piring.


Mesin Pembuat Kopi

Mesin pembuat kopi di rumah Anda dapat mudah rusak oleh bekas air dan residu yang mengering karena jarang dibersihkan.

Oleh sebab itu, usahakan untuk membersihkannya paling tidak sebulan kecil, dengan memakai larutan cuka putih dan air kemudian dikocok dengan cara menyalakan mesin. Lalu matikan mesin setengah jalan dari siklus umumnya ketika Anda membuat kopi.

Diamkan selama kurang lebih satu jam sebelum kembali dinyalakan guna menyelesaikan siklus. Ganti air cuka dengan air tawar, kemudian nyalakan kembali pembuat kopi hingga bau cuka sudah tidak tercium lagi pada mesin.

Sementara itu, teko dan filter pembuat kopi bisa dibersihkan dalam tempat pencucian piring dengan air sabun dan bilas hingga bersih.


Mesin Cuci Pakaian

Apabila ditemukan pakaian dengan bau dan warna yang kurang segar sesudah dicuci pada mesin pencuci pakaian, maka kemungkinan banyak kotoran yang menempel pada bagian dalam mesin cuci.

Inilah waktu yang tepat untuk membersihkan mesin cuci Anda. Mesin cuci amat rentan terhadap lumut dan jamur.

Untuk membersihkan bagian dalam mesin cuci, Anda dapat menggunakan larutan cuka yang dicampur baking soda.


Aksesoris Kamar Mandi

Kamar mandi merupakan tempat berkumpulnya bakteri apabila Anda jarang membersihkannya. Terutama berbagai aksesoris yang sering dipakai dalam kamar mandi.

Mulai dari stoples kaca di atas toilet, hingga cangkir sikat gigi Anda, harus sering dibersihkan secara rutin.

Caranya dengan menyikat aksesoris kamar mandi menggunakan antiseptik saat Anda sedang membersihkan keseluruhan kamar mandi.


Saklar, Kenop, dan Pegangan

Tanpa disadari ketika tangan kotor, Anda sering menekan tombol saklar lampu, meraih pegangan pintu, atau kenop-kenop tertentu.

Tentu saja ini akan meninggalkan bakteri di tempat-tempat tersebut, dan seringkali menjadi terabaikan ketika Anda melakukan aktivitas bersih-bersih rumah.

Anda bisa mengelap dengan seksama untuk menghilangkan bakteri pada tombol-tombol saklar, pegangan, dan knop yang terdapat di seluruh ruangan dalam rumah Anda.

Sumber:
http://properti.kompas.com/read/2015/05/14/152932321/Jangan.Lupakan.Perabotan.Ini.Saat.Membersihkan.Rumah


Related Posts

Perabotan Penting Yang Sering Terabaikan Kebersihannya
4/ 5
Oleh