Rahasia Orang Kaya Makin Tambah Kaya Dengan INVESTASI

Rahasia Orang Kaya Makin Tambah Kaya Dengan INVESTASI
Mungkin selama ini kita heran dan bertanya-tanya tentang kenyataan orang kaya selalu tetap kaya atau bahkan malah bertambah kekayaannya.

Ternyata, investasi menjadi cara rahasia mereka. Di saat kita memiliki sedikit uang lebih untuk diinvestasikan, mungkin reksadana atau saham menjadi pilihan, itupun jika kita tak memakai uang tersebut untuk membeli perangkat elektronik teranyar.

Tentu saja orang kaya sejati memiliki pemikiran yang berbeda. Mereka lebih sering memilih investasi di bidang properti, seni, bisnis, dan investasi lain yang jauh lebih menguntungkan.

Cara orang kaya sejati dalam menggunakan uang mereka memang berbeda dari kebanyakan orang, dan inilah yang membuatnya meraup untuk terus-menerus.


Investasi Hanya Untuk Orang Kaya Sejati

Kebanyakan orang kaya memiliki akses pada beberapa jenis investasi yang orang-orang jarang ketahui.

Closed-end Funds, suatu investasi dana jangka panjang yang biasanya terikat dalam jangka waktu paling cepat 5 tahun. Ada banyak keuntungan dan bunga tinggi yang ditawarkan dari investasi semacam ini.

Baca juga: Minimal Jumlah Modal Awal Bermain Saham

Salah satu area investasi yang berpeluang besar adalah penyewaan pesawat terbang. Seperti yang dilakukan oleh Ian Marsh, CEO firma pengelola keuangan Fleming Family yang mengelola kekayaan Ian Fleming ini menggunakan uangnya untuk membeli pesawat, kemudian disewakan pada perusahaan penerbangan besar seperti Emirates Airlines yang berkantor di Dubai.

Ia akhirnya akan memperoleh uangnya ketika pesawat dijual, namun mereka tetap mendapatkan bunga sebesar 9 persen per tahun selama masa sewa tersebut.

Memang beberapa closed-end funds mensyaratkan uang ratusan ribu dolar untuk dana sewa-beli pesawat. Namun biaya ini cukup masuk akal apabila melihat potensi keuntungan yang bisa didapatkan darinya.

Lain halnya dengan para investor super kaya di Britania Raya, mereka memilih untuk membeli tanah pertanian.

Menurut pandangan mereka, dengan jumlah populasi manusia yang semakin meningkat, permintaan bahan pangan pun akan terus meningkat.

Orang-orang yang memiliki tanah pertanian baik maka akan memperoleh keuntungan besar. Tanah pertanian subur merupakan sumber daya yang terbatas, dan semakin sulit sesuatu untuk diperoleh maka keuntungannya pun juga akan semakin besar.

Tanah pertanian yang subur setiap tahunnya dapat memberikan keuntungan sekitar 4% untuk investor, ditambah lagi nilai tanah akan selalu mengalami peningkatan seiring berjalannya waktu.

Ada pula sejumlah perusahaan publik yang sahamnya dapat dibeli di pasar modal seperti Gladstone Land yang merupakan perusahaan publik Amerika Serikat dengan membeli tanah-tanah pertanian yang menjadi bisnis utamanya.

Orang super kaya memang memiliki kebiasaan menginvestasikan kekayaannya pada sektor-sektor potensial, hal ini berbeda dengan orang kebanyakan.


Menanam Modal Ke Banyak Bisnis

Membeli lebih banyak perusahaan adalah cara yang sangat lazim dilakukan oleh para industrialis kaya yang mendapatkan kekayaannya dari kepemilikan perusahaan.

Seperti halnya Coleman, ia berinvestasi pada beberapa perusahaan yang banyak bergerak di bidang layanan jasa profesional dan teknologi. Ia juga mempunyai saham pada sejumlah perusahaan lain yang angkanya tak disebutkannya secara pasti.

Biasanya ia bersama sekelompok investor dan perusahaan ekuitas swasta berinvestasi menanamkan modal dengan besaran lebih dari US$ 1 juta untuk menguasai satu perusahaan.

Menurut David Rose, seorang pengusaha dari New York yang juga penulis buku, cara berinvestasi secara berkelompok ini sangat menyenangkan karena dapat membuat sebuah perusahaan yang tadinya bukan apa-apa, menjadi besar, dan memiliki jaringan bisnis yang lebih luas.

Bayangkan, menanamkan investasi di perusahaan Facebook yang di saat itu mereka masih berkantor pada sebuah kantor kecil, bertemu dengan para pendiri perusahaan itu seminggu sekali untuk mendapat laporan dari tangan pertama mengenai kondisi yang terjadi dalam perusahaan dan memantau perusahaan yang terus tumbuh. Menurutnya, itu merupakan hal yang menyenangkan.

Di samping menyenangkan, tentu saja menguntungkan pula. Investor yang berani menanamkan uang mereka dengan penuh risiko, biasanya ia kana menghasilkan 20 hingga 50 kali lipat dari investasi awal mereka pada satu atau dua perusahaan yang sukses.


Membiayai Hobinya Dengan Mahal

Sebuah hobi seperti karya seni, mobil, bahkan alat musik dapat menjadi suatu investasi yang menguntungkan bila kita jeli.

Kalangan orang kaya tidak sedikit yang menjadi tambah kaya dari hobi yang ditekuninya menjadi sebuah bisnis besar yang menguntungkan.

Pertimbangkan hobi dengan aset yang memiliki pertumbuhan nilai. Selain digunakan untuk dinikmati, Anda bisa mendapatkan keuntungan darinya seiring berjalannya waktu.

Munculnya investasi semacam ini dikarenakan hasrat para investor terhadap suatu barang tertentu. Orang-orang kaya yang menanamkan uangnya di ‘investasi hobi’ yang tepat dapat memperoleh keuntungan yang besar dengan kuncinya ialah menemukan suatu barang atau kegiatan yang langka.

Menurut perusahaan Hudson, ada sejumlah cara bagi investor dalam memodali investasi hobi. Sejumlah pendanaan yang berfokus pada karya seni dan otomotif mensyaratkan investasi dengan jumlah terkecil yaitu 10 ribu Euro.

Meskipun beberapa perusahaan ada yang menerima investasi dengan biaya awal yang rendah, namun belum tentu investor dapat menanamkan modalnya di sana, sebab ada persyaratan untuk para penanam modal mempunyai akreditasi terlebih dahulu.

Anda bisa mencobanya dengan membeli karya seni di pelelangan dengan harga yang terjangkau, dan biasanya ada seniman yang memang sedang meniti karir, sehingga menjual karya mereka dengan harga yang pantas.


Menginvestasikan Modalnya Dalam Bidang Properti

Banyak sekali orang super kaya yang lebih menanamkan uangnya pada sebidang properti bahkan hingga jutaan dolar.

Menurut Paul Patterson, wakil direktur Toronto’s RBC Wealth Management, beberapa ada yang menyatukan modal dengan kelompoknya untuk mendanai properti komersial, dan sebagian lagi ada yang membeli kondominium dengan harga mahal di New York, London dan berbagai Megapolitan global lainnya.

Tidak sedikit yang mempunyai harapan untuk menjual kembali propertinya agar mendapatkan keuntungan yang lebih besar, namun untuk menjual properti memang bisa jadi tidak secepat yang dibayangkan, jadi sambil menunggu hasilnya, mereka dapat menempati tempat tinggal tersebut untuk sementara waktu ketika sedang berkunjung ke kota yang mereka miliki propertinya.

Umumnya, para orang kaya akan membeli 2 atau 3 rumah pada tempat yang berbeda di seluruh dunia. Hal ini memiliki nilai jangka panjang yang bagus sekali terutama di pasar utama.

Sementara itu, investor biasa mungkin sulit untuk membeli kondominium mewah di Kota besar, namun mereka dapat membeli rumah di lingkungan tempat tinggal mereka yang nantinya dapat disewakan atau dijual kembali saat harganya meningkat tinggi.

Jangan bingung untuk memilih perusahaan, banyak perusahaan publik yang membeli properti komersial dan tempat tinggal, seperti Real Estate Investment Trust yang setiap investor dapa membil sahamnya di pasar saham.

Namun, perusahaan ini agak sensitif terhadap gejolak naik-turun pasar saham, seringkali harga saham mereka naik seiring dengan naiknya nilai jual properti dan harga sewa.

Sumber:
http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2015/05/22/083057426/Rahasia.orang.Kaya.Bertambah.Kaya


Related Posts

Rahasia Orang Kaya Makin Tambah Kaya Dengan INVESTASI
4/ 5
Oleh