Tiga Prinsip Dasar Mendesain Dapur Di Rumah Anda

Tiga Prinsip Dasar Dalam Mendesain Dapur Di Rumah Anda
Setiap proyek dalam mendesain suatu ruangan memiliki acuan yang berbeda-beda.

Seperti yang dikatakan oleh seorang arsitek Thomas Ahmann, ada banyak kebijakan yang bisa diterapkan antara klien dan desainer dalam merancang suatu ruangan.

Namun demikian, tetap ada beberapa prinsip mendasar yang dapat dijadikan panduan Anda dalam mendesain palet material maupun warna dari dapur di rumah Anda.

Baca juga: Perkiraan Biaya Beberapa Pekerjaan Penting Dalam Renovasi Rumah


Awali Dari Countertops

Fokus awal Anda dalam mendesain dapur ialah pada “countertops” atau meja dapur. Diperlukan pemikiran yang hati-hati ketika membuat atau memilih meja dapur yang sesuai dengan desain dapur yang Anda harapkan.

Menurut Ahmann, benda ini bisa menjadi yang paling besar dalam dominasi warna dan tekstur ruangan Anda.

Dalam memilih countertops, sebaiknya pilih yang awet dan gampang dibersihkan. Memilih countertops dari material granit atau komposit sangatlah direkomendasikan oleh banyak desainer interior.

Di samping granit atau komposit, Anda juga dapat memakai baja nirkarat, seng atau kayu alami sebagai alternatif.

Bila Anda menghendaki bahan yang ringan, maka pilihlah material yang hasil dan reflektif. Sementara itu, penggunaan ubin dengan ukuran besar akan meminimalisir bentukan garis ampas dan membuat permukaan meja dapur Anda lebih halus serta mudah untuk dibersihkan.


Pertimbangkan Palet Material Kabinet

Setelah memilih countertops yang tepat, selanjutnya adalah mempertimbangkan palet material kabinet yang akan digunakan.

Kabinet merupakan tampilan yang paling terlihat di dapur Anda. Kabinet pada tembok merupakan salah satu hal yang akan menjadi daya tarik pada dapur Anda.

Saat memilih kabinet, pertimbangkanlah material yang sederhana dan natural untuk diterapkan pada dapur Anda.

Batu dan kayu merupakan material yang paling disarankan. Selain itu, gunakan kabinet dengan warna yang cerah agar ruangan Anda tampak lebih terang dan terbuka.


Berikan Penyelesaian Tambahan Agar Seluruh Ruang Tampak Menyatu

Palet warna yang kontras merupakan salah satu kunci dalam mendesain dapur. Bila kita memilih counter yang dengan nuansa gelap, maka pilihlah backsplash atau panel di belakang kompor atau tempat cuci piring dengan warna yang cenderung cerah.

Pendekatan warna monochrome juga bole Anda lakukan, namun bila wanra pada countertop sudah terlihat menyala, maka sebaiknya pilihlah warna yang lebih kalem pada backsplash.

Sebaiknya Anda memilih warna backsplash yang kontras dengan warna pada countertop dan kabinet dapur Anda.

Untuk masalah lantai, biasanya akan disesuaikan dengan ruangan lainnya, namun sebaiknya pastikan dahulu kalau warna lantai tidak berseberangan dengan palet warna pada dapur Anda.

Hal lainya seperti peralatan memasak dan pencahayaan bisa mengikat keseluruhan desain dapur Anda.

Tentunya hal ini juga membutuhkan kecermatan yang halus dan tepat dalam memadukan material serta warna pada peralatan dapur yang akan digunakan.

Sumber:
http://properti.kompas.com/read/2015/01/26/112132421/Ikuti.Tiga.Tahapan.Dasar.Mendesain.Dapur


Related Posts

Tiga Prinsip Dasar Mendesain Dapur Di Rumah Anda
4/ 5
Oleh