Trik Menjadikan Garam Sebagai Bahan Pembersih Yang Efektif

Trik Menjadikan Garam Sebagai Bahan Pembersih Yang Efektif
Layaknya sayur tanpa garam, hambar rasanya. Mungkin ada pepatah mengatakan demikian.

Biasanya garam memang digunakan agar masakan terasa lebih lezat.

Namun, tahukah Anda kalau pada dosis tertentu pemanfaatan garam juga bisa untuk membersihkan peralatan rumah tangga? Berikut ini akan kami beberkan caranya:


1. Pengganti Sabun Pencuci Piring

Anda dapat memakai garam apabila dalam keadaan darurat, Anda kehabisan sabun pencuci piring. Caranya yaitu dengan mencampurkan garam, baking soda, dan sedikit sisa sabun pencuci piring.

Simak juga: Perabotan Penting Yang Sering Terabaikan Kebersihannya


2. Membersihkan Bekas Minyak Pada Permukaan Penggorengan

Seringkali kita mengalami kesulitan saat membersihkan bekas minyak daro permukaan penggorengan atau panci, bahkan dengan sabun pencuci piring sekalipun.

Nah, sekarang Anda tidak perlu lagi kesulitan saat membersihkan bekas minyak pada permukaan penggorengan, caranya dengan menaburinya dengan garam, lalu tambahkan air dan diamkan selama 10 menit.

Minyak akan lebih mudah dibersihkan karena air dan larutan garam akan melepaskannya dari penggorengan.


3. Menghilangkan Noda Jamur

Ternyata garam juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau apek atau noda jamur dari pakaian dan handuk.

Caranya, buatlah pasta dari garam dan jus lemon. Gosokkan pasta tersebut pada area yang terkena noda jamur, lalu keringkan di bawah sinar matahari. Bila telah kering, cuci kembali pakaian dengan mesin cuci agar hasilnya lebih baik.


4. Melepaskan Bekas Sablon yang Menempel Pada Setrikaan

Kadang, ketika menyetrika pakaian, besi setrika Anda mengenai sablon yang kualitasnya kurang baik dan mengakibatkan sablon tersebut menempel di besi setrika sehingga sulit dibersihkan.

Anda bisa memakai garam sebagai alternatif untuk membersihkannya. Caranya, sediakan garam pada kertas yang terlipat, selanjutnya nyalakan setrika hingga kondisi panas yang tinggi.

Ketika besi telah panas, lalu taburkan garam pada kertas tadi. Perhatikan, bekas sablon yang menempel pada besi dengan sendirinya akan terkelupas.


5. Membersihkan Tumpahan Telur

Saat Anda memecahkan telur dan tidak sengaja menumpahkannya di meja atau lantai, sebaiknya jangan panik dan terburu-buru membersikan tumpahan tersebut dengan lap atau tisu. Ada cara yang lebih mudah, yaitu dengan menaburi garam pada genangan telur dan biarkan selama 10 sampai 15 menit. Kuning dan putih telur akan dibuat garam menjadi seperti pasir gembur yang gampang untuk disapu atau dilap.


6. Membersihkan Spons Pencuci Piring

Seringkali, sisa makan atau kotoran akan menempel setelah Anda memakai spons pencuci piring berkali-kali.

Anda bisa memakai garam untuk membersihkannya. Triknya, isi sebuah wadah dengan seperempat cangkir garam dan dua gelas air, lalu rendam spons di dalam larutan tersebut selama semalaman.


7. Membersihkan Talenan Kayu

Dalam membersihkan talenan kayu kotor karena sering dipakai, Anda tidak lagi perlu mengalami kesulitan.

Caranya, larutkan garam dan air jeruk nipis ke dalam air panas. Lalu seka talenan memakai lap atau handuk yang sudah dicelupkan pada larutan garam dan jeruk nipis tersebut.


8. Melancarkan Saluran Yang Tersumbat Kotoran

Ternyata garam juga bisa dipakai sebagai bahan pembersih kotoran yang biasa menyumbat saluran pembersih.

Caranya, Anda tinggal mencampurkan seperempat cangkir garam dan seperempat cangkir baking soda. Lalu tambahkan pula setengah cangkir cuka putih.

Tuangkan larutan tersebut ke dalam saluran dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air panas.

Sumber:
http://properti.kompas.com/read/2015/03/28/125901121/Garam.Pembersih.Efektif.Peralatan.Rumah.Tangga


Related Posts

Trik Menjadikan Garam Sebagai Bahan Pembersih Yang Efektif
4/ 5
Oleh