5 Aplikasi Yang Akan Memudahkan Anda Bekerja Dengan Laptop

5 Aplikasi Yang Akan Memudahkan Anda Bekerja Dengan Laptop
Dibandingkan dengan komputer desktop, laptop dan netbook memang menawarkan beragam keunggulan.

Hal yang utama menjadi keunggulannya adalah karena laptop atau netbook lebih ringan dan mudah dipakai di mana saja Anda berada.

Namun, di samping memiliki kelebihan, tentu saja terdapat pula kekurangannya, yaitu seperti daya tahan baterai, cepat panas, dan juga termasuk touchpad yang seringkali terlalu sensifit sehingga kadang agak menganggu ketika digunakan.

Simak juga: Tutorial Membuat Wifi Hotspot Dengan Laptop dan Modem Internet

Nah, beberapa software gratis yang akan kami jelaskan di bawah ini akan banyak membantu Anda para pemilik netbook maupun laptop agar dapat bekerja dengan lebih baik dan nyaman.


1. Core Temp

Ketika menggunakan notebook, seringkali keterbatasan fan cooler di dalamnya membuat suhu pada notebook/netbook menjadi cepat panas dan hal ini akan memberikan dampak buruk bagi perangkat keras di dalamnya.

Untuk itu, Anda perlu menginstall software gratis yang bernama “Core Temp” ini. Fungsinya ialah membantu kita memantau suhu dan pemakaian processor saat menggunakan laptop atau netbook.

Ketika suhu terlampau tinggi ketika laptop/netbook digunakan, maka pastikan Anda menghentikan pemakaian aplikasi yang mungkin menjadi penyebab kinerja CPU menjadi berat.

Sesudah Anda menginstall aplikasi ini, maka langsung bisa di-setting agar aktif pada “system tray” dan akan langsung menampilkan informasi mengenai suhu “processor”.

Selain itu, juga akan menampilkan pemakaian CPU baik berupa persen maupun clock CPU dalam berupa GHz.

Anda dapat mengatur berbagai hal dari menu Options, mulai dari tampilan hingga peringatan bila suhu terlampau tinggi. Bagi yang ingin mengunduhnya, bisa melalui link berikut ini: http://goo.gl/kVURQk


2. TouchFreeze atau TouchpadPal

Mungkin tidak semua orang nyaman bekerja dengan laptop menggunakan “touchpad”, ada juga yang menambahkan “mouse USB” pada laptopnya untuk memudahkan dalam bekerja.

Namun, ketika kita sedang mengetik dan “touchpad” tidak di-non-aktifkan, agaknya cukup mengganggu karena tiba-tiba saja “cursor” dapat berpindah-pindah tidak jelas, bergeser secara acak karena tidak sengaja tersentuh jari kita. Huruf yang kita ketik pun jadi pindah ke mana-mana.

Nah, untuk menyiasatinya maka Anda dapat me-non-aktifkan “touchpad” pada sistem di laptop kita melalui aplikasi “Synaptics Touchpad atau sejenisnya.

Namun, bila tidak tersedia pada sistem di laptop kita, ada juga alternatifnya dengan meng-install “TouchFreeze”.

Ketika kita menjalankan aplikasi ini, maka touchpad akan secara otomatis di-non-aktifkan, artinya akan mencegah “cursor” berpindah-pindah secara acak.

Akan tetapi, aplikasi ini  memang belum “support” untuk semua hardware, alternatif lainnya adalah dengan menggunakan TouchpadPal. Bagi yang ingin mengunduh aplikasinya bisa melalui link berikut ini: https://goo.gl/9QpMik


3. AutoSensitivity

Masalah lainnya yang masih ada hubungan dengan “Touchpad” ialah sensitivitas. Terkadang, untuk “click” atau “double click” respon tekanannya bisa terlalu cepat atau terlalu lambat, begitu pula dengan gerakan “mouse”, tentu akan membuat kerja Anda pada laptop jadi tidak nyaman.

Bila mengalami masalah seperti ini, coba pakai saja aplikasi gratis nan sederhana yang bernama “Auto Sensitivity yang fungsinya ialah mengatur sensitivitas pada Touchpad dan mouse.

Penggunaannya pun cukup mudah, Anda tinggal klik “Get Current untuk mendapatkan setting yang sedang dipakai. Bagi yang ingin mengunduhnya, bisa melalui link berikut ini: http://goo.gl/RquCEh


4. Aerofoil

Daya tahan baterai yang hanya beberapa jam saja pada laptop pastinya membuat Anda tidak nyaman ketika menggunakannya.

Aplikasi yang cukup bermanfaat dalam mengantisipasi masalah tersebut adalah Aerofoil, suatu program gratis dan open source yang mencegah baterai laptop Anda menjadi boros.

Saat notebook atau laptop Anda memakai baterai (tanpa dicolok ke listrik), maka aplikasi ini akan secara otomatis me-non-aktifkan beberapa fitur “Windows” yang cukup memakan daya baterai.

Bagi yang tertarik ingin mencoba aplikasi ini, dapat mengunduhnya secara gratis melalui link berikut ini: http://goo.gl/PJ5EMl


5. Battery Care

Bila Anda masih kurang puas dengan tampilan informasi battery bawaan Windows dan menginginkan informasi yang lebih detail lagi, maka aplikasi Battery Care bisa Anda coba.

Di samping terdapat informasi persentase battery yang tersisa, di dalamnya juga memuat perkiraan waktu pemakaian, kapasitas, konsumsi daya, manufaktur dan banyak fitur lainnya.

Bahkan juga termuat informasi mengenai suhu processor dan harddisk. Bagi yang tertarik ingin mencobanya, dapat mengunduhnya melalui link berikut ini: http://goo.gl/tyXXj7


Itulah beberapa aplikasi sederhana yang akan membantu Anda bekerja lebih nyaman menggunakan laptop maupun netbook.

Aplikasi di atas tidak harus diinstall semua, gunakan saja seperlunya sesuai kebutuhan. Selain itu, beberapa aplikasi di atas tidak hanya dapat dipakai pada laptop saja, namun juga bisa Anda manfaatkan penggunaannya pada perangkat Desktop Anda.

Sumber:
http://ads.id/forums/showthread.php/115498-Perlu-Diketahui-oleh-Pemilik-Laptop-atau-Notebook


Related Posts

5 Aplikasi Yang Akan Memudahkan Anda Bekerja Dengan Laptop
4/ 5
Oleh

1 komentar:

22 September 2015 07.01 delete

Core Temp sepertinya perlu dicoba nih, soalnya kadang laptop saya cepat panas. Makasih gan.. :)

Reply
avatar