5 Bidang Profesi Berikut Ini Masih Sangat Dibutuhkan di Indonesia

Di Negara kita, angka pengangguran memang menjadi masalah serius. Banyaknya tenaga kerja tidak mampu di-cover oleh lapangan kerja yang tersedia.

Namun, ternyata ada beberapa profesi di Indonesia yang masih terbuka lebar kuota tenaga kerjanya. Beberapa profesi tersebut masih menyediakan peluang yang cukup besar di Indonesia dikarenakan jumlah tenaga kerja yang ada di belum begitu mencukupi untuk bisa memenuhi kebutuhan pada beberapa bidang profesi berikut ini.

Baca juga: 8 Contoh Profesi yang Cocok untuk Lulusan Ilmu Pemerintah


1. Profesi Aktuaria

5 Bidang Profesi Berikut Ini Masih Sangat Dibutuhkan di Indonesia
www.teruskan.com

Perkembangan yang dialami dunia asuransi nampaknya tidak diiringi dengan banyaknya jumlah dari tenaga kerja yang menggeluti profesi aktuaria.

Seperti yang dikatakan oleh Presdir Prudential Indonesia, bahwa pada tahun 2013 lalu, hanya 150 aktuaris yang dimiliki Indonesia dan sangat jauh bila dibandingkan kebutuhan yang harus mengisi profesi aktuaris ini, yaitu sebesar 600 tenaga kerja.


2. Tenaga Medis

5 Bidang Profesi Berikut Ini Masih Sangat Dibutuhkan di Indonesia
www.kompasiana.com

Tenaga medis ini misalnya dan tak terbatas pada dokter, perawat, maupun apoteker. Semua profesi tersebut nampaknya masih sangat dibutuhkan di Indonesia, terutama di wilayah luar pulau Jawa.

Meskipun lulusan sekolah kedokteran dan medis tidak lagi sedikit, akan tetapi di daerah-daerah terpencil Indonesia masih sangat jarang tenaga medis yang mau ditempatkan di sana.

Profesi seperti dokter spesialis juga masih banyak dibutuhkan di Indonesia, dan bisa memberikan penghasilan yang besar.

Tahu sendiri kan, kalau sekali berobat ke dokter spesialis biayanya bahkan hingga ratusan ribu rupiah.

Seiring dengan tingkat pertumbuhan penduduk yang cenderung meningkat, profesi sebagai tenaga medis pastinya akan semakin memberi peluang cukup besar di Indonesia.


3. Profesi Dunia Penerbangan

5 Bidang Profesi Berikut Ini Masih Sangat Dibutuhkan di Indonesia
kokiers.com

Biaya pendidikan dalam dunia penerbangan memang masih tergolong mahal, selain itu juga ada kriteria yang cukup ketat untuk dapat masuk dalam Sekolah-sekolah penerbangan.

Bisa kita lihat, tidak sedikit perusahaan penerbangan lokal yang pada kenyataannya masih mempekerjakan pilot-pilot dari luar negeri.

Hal ini dimungkinkan karena kebutuhan profesi pilot cukup besar, namun tenaga kerja yang tersedia masih sangat terbatas.

Padahal, pilot penerbangan merupakan salah satu profesi yang menjanjikan pendapatan cukup besar. Sama halnya dengan para teknisi pesawat terbang dan juga Tenaga Air Traffic Controller (ATC) yang masih sangat dibutuhkan di Indonesia.


4. Teknisi Perangkat Lunak

5 Bidang Profesi Berikut Ini Masih Sangat Dibutuhkan di Indonesia
en.wikipedia.org

Seringkali, profesi semacam ini diisi oleh tenaga asing dari luar negeri. Hal ini bisa saja dimungkinkan karena lulusan dari Indonesia daya saingnya sendiri masih kurang.

Padahal, teknologi mengalami perkembangan yang sangat cepat. Profesi software engineer ini biasanya dicampuradukkan dengan programmer maupun sistem analist.


5. Tenaga Pemasaran

5 Bidang Profesi Berikut Ini Masih Sangat Dibutuhkan di Indonesia

Seperti kita ketahui, marketing merupakan ujung tombak dari suatu proses operasional perusahaan. Tentunya, profesi marketing sangat diperlukan oleh setiap perusahaan dalam bidang apapun.

Namun, sayangnya di Indonesia profesi ini masih dipandang sebelah mata oleh banyak tenaga kerja. Masih banyak orang yang menganggap bahwa marketing adalah pilihan terakhir ketika tidak ada pekerjaan lain yang didapat.

Padahal, profesi di bidang marketing merupakan salah satu pekerjaan yang menjanjikan sebuah penghasilan yang tak terbatas.

Pendapatan yang akan kita peroleh tentunya tergantung dari banyaknya penjualan yang terjadi melalui usaha keras kita.


Demikianlah posting kami tentang beberapa profesi yang masih  sangat dibutuhkan di Indonesia. Semoga bermanfaat, dan dapat memberikan referensi tentang pekerjaan apa yang paling tepat dan cocok sesuai dengan minat dan kemampuan yang Anda miliki.

Sumber:
http://maupendidikan.blogspot.com/2014/08/lima-pekerjaan-yang-banyak-dibutuhkan.html


Related Posts

5 Bidang Profesi Berikut Ini Masih Sangat Dibutuhkan di Indonesia
4/ 5
Oleh