5 Objek Wisata Dengan Sajian Alam Bawah Laut Menakjubkan di Indonesia

Biasanya, berwisata merupakan salah satu aktivitas yang dilakukan banyak orang untuk mengisi masa liburan.

Selama berwisata, berbagai pilihan kegiatan bisa dilakukan untuk menyegarkan kembali pikiran dan menghilangkan rasa penat yang dialami selama satu minggu bekerja.

Tidak sedikit orang yang memilih untuk menghabiskan masa liburannya dengan berwisata ke luar negeri.

Simak juga: 4 Tips Memilih Jenis Pakaian Untuk Dibawa Berwisata

Padahal, seandainya mereka tahu bahwa ternyata banyak tempat wisata di negeri sendiri yang menawarkan berbagai keunikan serta keindahan yang menakjubkan. Termasuk tempat-tempat wisata yang menyajikan keindahan alam bawah laut yang terbaik berikut ini:


1. Taman Laut Bunaken

Pulau Bunaken adalah salah satu pulau di Indonesia yang terkenal dengan keindahan taman lautnya. Pulau Bunaken berada di Teluk Manado, Sulawesi Utara, Indonesia.

Banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke kota Manado untuk melakukan kegiatan menyelam karena ingin menikmati keindahan Taman Laut Bunaken.
5 Objek Wisata Dengan Sajian Alam Bawah Laut Menakjubkan di Indonesia
anekatempatwisata.com
Di Taman Laut Bunaken terdapat sekitar 20 titik penyelaman yang menjadi favorit para wisatawan. Ketika Anda menyelam, suguhan menarik terumbu karang yang berjejer sangat indah serta berbagai spesies ikan yang jumlahnya mencapai lebih dari 150 spesies akan menjadi sebuah pengalaman yang tak terlupakan dari Taman Laut Bunaken ini.
5 Objek Wisata Dengan Sajian Alam Bawah Laut Menakjubkan di Indonesia
www.indonesia.travel
Sekarang ini Bunaken termasuk 10 besar objek wisata terbaik dan terfavorit di Indonesia. Anda dapat menggunakan kapal sewaan atau boat dari pelabuhan Manado dengan perjalanan sekitar 30 menit dari Pelabuhan Manado.


2. Lokasi Penyelaman Tulamben, Bali

Keindahan alam bawah laut di Desa Tulamben sungguh menakjubkan. Bagi yang belum tahu tempat wisata alam bawah laut di Desa Tulamben, cobalah untuk ke tempat ini.

Tulamben adalah sebuah desa yang lokasinya berada di Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Bali. Jaraknya sekitar 82 kilometer dari Kota Denpasar.

Ketika Anda menyelam di lokasi alam bawah laut tempat ini, Anda akan menyaksikan berbagai terumbu karang dengan warna-warni mempesona serta berbagai macam biota laut seperti kepiting, udang, siput laut, ghost pipefish, pygmy seahorse, ikan hiu, ikan mola-mola, dan sebagainya.
5 Objek Wisata Dengan Sajian Alam Bawah Laut Menakjubkan di Indonesia
www.okdiversbali.com
Terdapat sejumlah lokasi penyelaman yang dapat Anda kunjungi, antara lain Tulamben Wall, dan Wreck Point yang merupakan lokasi bangkai kapal USAT Liberty yang dulunya adalah kapal angkut tentara Amerika Serikat.

Kapal ini berdimensi panjang sekitar 125 meter, dan lebar 17 meter. Pada tahun 1942, kapal ini dikaramkan oleh torpedo yang diluncurkan dari kapal selam Jepang. Sekarang, bangkai kapal ini telah menjadi rumah dari berbagai jenis ikan dan terumbu karang yang menawan.

Lokasi Wreck Point berjarak kurang lebih 30 meter dari Pantai Tulamben, penyelaman bisa dilakukan dengan kedalaman maksimum 30 meter.

Lokasi penyelaman selanjutnya berada di Tulamben Wall atau dikenal juga dengan sebutan Drop Off. Jaraknya tidak begitu jauh dengan Wreck Point, lokasi penyelaman ini memiliki kedalaman sekitar 60 sampai 70 meter.

Hanya saja, lokasi ini khusus diperuntukkan bagi para penyelam yang sudah ahli. Sebab, di lokasi ini terdapat beragam jenis ikan besar yang cukup berbahaya seperti hiu karang, hiu martil, dan ikan besar lainnya.

Jadi, tempat ini selain menawarkan keindahan yang menawan, juga dapat memacu adrenalin bagi Anda yang suka tantangan berenang bersama ikan-ikan buas.
5 Objek Wisata Dengan Sajian Alam Bawah Laut Menakjubkan di Indonesia
www.okdiversbali.com
Para penyelam dapat melakukan penyelaman di siang hari maupun malam hari. Namun, bagi Anda yang ingin merasakan sensasi bawah laut di malam hari, tempat ini sangatlah menakjubkan karena Anda tidak perlu membawa lampu senter untuk menikmati keindahannya, Anda dapat menyaksikan hamparan indah cahaya bawah laut yang berkelap-kelip yang ditimbulkan dari gelembung-gelembung hijau yang berpendar dari ikan-ikan terumbu karang yang mengeluarkan cahaya indah pada malam hari.

Untuk mencapai lokasi wisata Desa Tulamben ini, Anda dapat menggunakan mini bus atau angkutan umum dengan lama perjalanan sekitar 2-3 jam dari Kota Denpasar.


3. Pantai Senggigi Lombok

Pantai Senggigi merupakan wisata alam bawah laut berikutnya yang bisa Anda kunjungi. Pantai ini letaknya di sebelah barat pesisir Pulau Lombok, terkenal dengan kondisi airnya yang bersih dan jernih, sampai-sampai Anda bisa melihat dengan jelas kawanan ikan yang berenang bebas dari atas permukaan perairan Senggigi.
5 Objek Wisata Dengan Sajian Alam Bawah Laut Menakjubkan di Indonesia
infoterbarudanuptodate.blogspot.com
Di Pantai Senggigi ombaknya tidak begitu besar, sehingga aktivitas menyelam Anda akan sangat nyaman dan menyenangkan.

Pemandangan indah berupa jejeran terumbu karang beraneka warna dan berbagai jenis ikan yang sangat menarik tersaji di lokasi wisata ini.
5 Objek Wisata Dengan Sajian Alam Bawah Laut Menakjubkan di Indonesia
unikunikin.blogspot.com
Untuk mencapai lokasi Pantai Senggigi, Anda bisa melakukan perjalanan dari Kota Mataram atau langsung dari Bandara Internasional Lombok.

Bila melalui Kota Mataram, Anda dapat menggunakan taksi dengan tarif biasanya sekitar Rp 50 ribu sampai Rp 100 ribu, atau bisa juga menggunakan ojek yang biayanya lebih murah sekitar Rp 25 ribu sampai 50 ribu.

Sedangkan bila Anda melakukan perjalanan dari Bandara Internasional Lombok, maka bisa menggunakan Bus Damri dengan tarif sekitar Rp 25 ribu menuju Pasar Seni Senggigi atau menyewa mobil dengan tarif Rp 300 ribu langsung menuju Pantai Senggigi.


4. Taman Nasional Wakatobi

Wakatobi adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Sulawesi Tenggara, namanya diambil berasal dari singkatan dari gugusan pulau yang terdapat di daerah tersebut, yaitu Pulau Wangi-wangi, Kalidupa, Tomia, dan Pulau Binongko.

Wakatobi telah ditetapkan oleh Pemerintah sebagai Taman Nasional pada tahun 1996 dan merupakan konservasi laut yang menempati salah satu posisi teratas di Indonesia.

Posisi teratas tersebut berdasarkan keanekaragaman hayati laut, skala, dan kondisi karang di tempat ini.
5 Objek Wisata Dengan Sajian Alam Bawah Laut Menakjubkan di Indonesia
welovesea.wordpress.com
Anda akan disajikan dengan pemandangan barisan terumbu karang beraneka warna yang sangat indah dan sekelompok ikan yang berenang bebas di sekitarnya.

Bahkan, Anda dapat melihat pemandangan langsung kondisi bawah laut hanya dari atas perahu karena kondisi air di Wakatobi sangatlah jernih.
5 Objek Wisata Dengan Sajian Alam Bawah Laut Menakjubkan di Indonesia
dwplondonmedia.wordpress.com
Di perairan Wakatobi ini terdapat sekitar 750 koral dan 900 spesies biota laut. Tidak jarang banyak penyelam yang menyebut daerah ini sebagai “surganya para penyelam”.

Bahkan, nama Wakatobi sudah cukup terkenal di kalangan wisatawan luar negeri yang menyukai wisata alam bawah laut.

Untuk mencapai lokasi wisata, Anda bisa melalui Kota Kendari, lalu dilanjutkan dengan memakai kapal laut menuju Pulau Wangi-wangi.

Biasanya, kapal tersebut berangkat setiap jam 10.00 waktu setempat, dan akan menempuh perjalanan sekitar 2 jam.

Dari Wangi-wangi, Anda bisa melanjutkannya ke Pulau lain seperti Kaledupa (Hoga), Tomia (onemobaa), dan Binongko, dengan memakai kapal motor reguler yang berangkat setiap hari.


5. Raja Ampat Papua

Raja Ampat adalah objek wisata yang menawarkan keindahan alam bawah laut terbaik di Indonesia. Kabupaten Raja Ampat terletak di Papua, menyajikan pemandangan alam bawah laut yang dapat Anda nikmati pada empat gugusan pulau yang ada di sana, yaitu Pulau Batanta, Salawati, Misool, dan Pulau Waigeo.
5 Objek Wisata Dengan Sajian Alam Bawah Laut Menakjubkan di Indonesia
nusantarabahari.wordpress.com
Kondisi perairan di keempat pulau Raja Ampat tersebut cukup tenang, sehingga Anda akan merasa aman dan nyaman saat melakukan penyelaman.

Keindahan terumbu karang berwarna-warni dan elok sejauh mata memandang dapat Anda saksikan di Raja Ampat.

Demikian halnya dengan berbagai jenis ikan yang mungkin belum pernah Anda lihat di tempat lain sebelumnya. Hampir setengah spesies ikan laut dunia terdapat di bawah laut Raja Ampat ini.
5 Objek Wisata Dengan Sajian Alam Bawah Laut Menakjubkan di Indonesia
www.genkali.com
Untuk mencapai kawasan wisata ini, Anda bisa menggunakan pesawat terbang dari Jakarta menuju Kota Sorong, Papua Barat.

Setelah itu lanjutkan dengan perjalanan laut memakai kapal dari pelabuhan Kota Sorong menuju ke Ibu Kota Raja Ampat.

Anda bisa menyewa perahu dari penduduk lokal atau memakai speedboat bila ingin menuju ke pulau-pulau yang ada di wilayah Raja Ampat.


Demikian posting kami tentang 5 tempat wisata di Indonesia yang menyajikan pemandangan alam bawah laut yang menawan. Semoga bisa menjadi referensi bagi Anda yang hendak melakukan wisata ke salah satu tempat tersebut.

Sumber:
http://ads.id/


Related Posts

5 Objek Wisata Dengan Sajian Alam Bawah Laut Menakjubkan di Indonesia
4/ 5
Oleh