5 Referensi Pekerjaan Freelance Dengan Penghasilan Besar

5 Referensi Pekerjaan Freelance Dengan Penghasilan Besar
Definisi kerja Freelance sendiri adalah pekerjaan yang tidak ada suatu hubungan kontrak yang mengikat dalam jangka waktu panjang.

Secara sederhana, pekerja freelance berarti seseorang yang bekerja lepas (bebas).

Pekerja freelance biasa dikenal dengan istilah freelancer, di mana ia dapat bekerja kapan saja, dan di mana saja tanpa ada suatu formalitas yang biasa mengkiat di kantor-kantor.

Sebenarnya kerja freelance ini serupa dengan istilah kerja part time, sebab dapat dilakukan di waktu luang dan tidak harus mengikuti jam kerja normal.

Baca juga: Lima Bidang Profesi Dengan Gaji Tinggi

Seorang freelancer bebas bekerja kapan pun dan di manapun asalkan ia dapat memenuhi target yang telah ditentukan oleh klien atau konsumennya.

Freelancer juga bisa dikatakan wirausaha atau bisnis, hanya saja produk yang dijualnya adalah berupa jasa yang memerlukan keahlian khusus dan pembayaran akan dilakukan sesuai dengan tingkat kesulitan pekerjaan, atau sesuai tarif yang telah ditentukan oleh si frelancer itu sendiri. Waktu kerja seorang freelancer bisa bebas kapanpun ia mau, bisa jam 8 pagi, atau pada malam hari.

Memang bila dilihat sekilas, pekerjaan menjadi seorang freelancer itu sangat enak dan tidak tertekan. Namun, tidak semua pekerjaan freelance itu enak lho.

Nah, berikut ini kami akan berbagi beberapa pekerjaan freelance yang berpeluang menghasilkan pendapatan yang besar.


1. Fotografer Freelance

Bagi Anda yang menyukai dunia fotografi, menjadi freelancer di bidang fotografi merupakan pilihan tepat yang menjanjikan.

Di samping menghasilkan pendapatan besar, menjadi fotografer freelance juta akan membuat bakat dan kreativitas Anda kian terasah.

Seorang fotografer tidaklah harus bekerja pada sebuah perusahaan atau media massa tertentu. Sekarang ini sudah banyak kok fotografer street style yang bermunculan.

Profesi ini bekerja untuk dirinya sendiri atau bisa dikatakan ia mengambil foto hanya untuk kepentingan pribadi seperti dijual pada situs-situs online di internet, membuat portofolio, atau sekadar dipasang pada blog pribadi.

Jangan salah, sekarang ini banyak juga lho blog-blog yang dibuat memang untuk mendapat penghasilan online.

Tidak tanggung-tanggung, pendapatan dari seorang freelancer fotografer ini juga cukup lumayan, untuk sekali pemotretan saja rata-rata mampu mengantongi satu hingga dua juta rupiah.


2. Content Writer Freelance

Penulis konten (content writer) adalah salah satu pekerjaan freelance berikutnya yang menjanjikan penghasilan cukup besar.

Untuk satu artikel bahasa Inggris dengan panjang 400 sampai 500 kata, biasanya akan dikenakan tarif sebesar Rp 10 ribu hingga Rp 15 ribu.

Sedangkan untuk penulis konten bahasa Indonesia, biasanya sekitar Rp 8 ribu hingga Rp 13 ribu. Bayangkan jika Anda mampu menulis sebanyak 10 artikel bahasa Inggris dalam sehari, maka penghasilan harian Anda bisa mencapai Rp 100 ribu hingga Rp 150 ribu.

Menjadi penulis konten freelance bisa dilakukan oleh siapa saja dan dengan modal yang tidak terlalu besar.

Namun, Anda memerlukan keahlian menulis artikel baik bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris yang readeable, seo friendly, dan juga memiliki wawasan yang luas.

Sedangkan untuk bahan referensi dalam menulis, Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di internet, buku, maupun majalah, yang ditulis ulang melalui gaya penulisan Anda sendiri.


3. Desain Grafis Freelance

Banyak orang sukses yang mengembangkan pekerjaan dan bisnisnya dari sebuah hobi. Begitu juga bagi Anda yang hobi menggambar melalui perangkat komputer.

Anda bisa terus mengasah skill desain grafis dalam pembuatan desain apapun, seperti motif baju atau busana, logo, atau bisa juga Anda kembangkan lagi menjadi web designer.

Menjadi seorang grafis designer memberikan peluang penghasilan yang cukup besar. Apalagi, sekarang ini banyak sekali situs-situs online yang bisa dijadikan promosi atau tempat menjual karya-karya tersebut. Jadi, Anda tak perlu lagi bingung memikirkan akan dijual ke mana karya Anda tersebut.

Beberapa situs yang recommended untuk Anda jadikan sebagai media dalam menjual karya desain grafis antara lain seperti iStockphoto, Dreamstime, atau Shutterstock.

Pada situs-situs tersebut, kita akan mendapatkan bayaran dari setiap ada orang yang mendownload foto atau gambar yang kita publish.

Jadi, besar kecilnya penghasilan Anda tergantung dari banyaknya jumlah foto atau gambar yang didownload oleh netizen.


4. Fashion Designer Freelance

Kalau dulu, kebanyakan orang lebih memilih desain atau karya baju dari fashion designer luar negeri. Tapi sekarang sudah bukan zamannya lagi.

Kecintaan masyarakat terhadap produk dan karya-karya anak negeri semakin tinggi. Tentunya hal ini memberikan keuntungan tersendiri untuk para fashion designer di Indonesia.

Jadi, bisa dibilang menjadi fashion designer secara freelance juga cukup memiliki prospek menjanjikan.

Hanya saja, modal yang diperlukan untuk menjadi fashion designer memang relatif besar. Modal tersebut biasanya digunakan untuk menyewa tempat atau ruko, biaya produksi, dan biaya promosi atau periklanan agar produk Anda dapat dikenal luas di masyarakat.


5. Programmer Freelance

Jika Anda mempunyai keahlian di bidang programming maka Anda bisa mencoba untuk membangun bisnis dengan menjadi programmer freelance.

Sambil terus mengumpulkan modal untuk mengembangkannya menjadi sebuah perusahaan IT. Tidak sedikit kisah sukses yang bisa kita ambil dari contoh bagaimana orang yang tadinya hanya menggeluti dunia programming menjadi seorang pemilik raksasa bisnis yang sukses di bidang IT.

Sebut saja Mark Zuckerberg (pendiri facebook) dan Bill Gates (Pendiri Microsoft), dan masih banyak contoh lainnya.

Jika hendak merintis bisnis dengan menjadi seorang programmer freelance, Anda dapat mengawalinya dengan membuat aplikasi-aplikasi untuk android atau iOS, selanjutnya coba Anda publish aplikasi tersebut Play Store atau App Store, promosikan aplikasi buatan Anda tersebut pada media sosial agar lebih banyak pengguna yang mengunduhnya.


Demikian posting kami kali ini tentang 5 referensi pekerjaan freelance dengan penghasilan besar. Semoga menginspirasi dan menambah ide peluang kerja Anda secara mandiri.

Namun, seperti halnya setiap pekerjaan tentu saja terdapat banyak suka maupun duka yang akan menjadi bumbu dalam perjalanan Anda menapaki tangga kesuksesan.

Teruslah berusaha memberikan yang terbaik untuk klien atau konsumen, asah terus kemampuan Anda di bidang tersebut.

Sebab, Anda juga akan menghadapi kondisi persaingan yang tidak mudah untuk menjadi nomor 1 di bidang pekerjaan freelance yang hendak Anda geluti.

Sumber:
http://berguruseo.blogspot.com/2014/11/5-pekerjaan-freelance-terbaik.html


Related Posts

5 Referensi Pekerjaan Freelance Dengan Penghasilan Besar
4/ 5
Oleh