5 Tips Melamar Pekerjaan Di Luar Bidang Profesi Anda Sebelumnya

5 Tips Melamar Pekerjaan Di Luar Bidang Profesi Anda Sebelumnya
Banyak orang yang merasa kalau melamar pekerjaan di luar bidang keilmuan yang pernah ditempuhnya bukanlah hal yang menyenangkan dan menguntungkan.

Namun, melihat semakin sulitnya mencari lapangan kerja di zaman sekarang ini, mungkin tidak ada salahnya Anda mencoba untuk mengajukan lamaran pada posisi yang berada di luar jangkauan dan pengalaman.

Berikut ini kami akan berbagi beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika melamar pekerjaan di luar bidang yang selama ini Anda tekuni, karena tidak jarang kita menemui di sekitar kita orang-orang seperti itu, misalnya lulusan Sarjana Pendidikan Olahraga, tapi bisa sukses di bidang pekerjaan jasa keuangan sebagai marketing, dan masih banyak lagi contoh lainnya.

Baca juga: Sukses Melamar Kerja dan Menghadapi Panggilan Interview


1. Catat Berbagai Kemampuan Anda

Tulislah pada selembar kertas mengenai pengalaman-pengalaman kerja yang Anda miliki, apa saja kelebihan dan keahlian Anda saat bekerja.

Jangan terpaku pada posisi pekerjaan Anda sebelumnya, karena mungkin ada beberapa yang tidak relevan dengan pekerjaan baru yang hendak Anda lamar.

Seleksi satu-persatu berbagai kemampuan yang ada dalam diri Anda, hingga ada salah satu yang cukup berkaitan dengan pekerjaan baru tersebut.

Contohnya, mungkin Anda pernah menjadi mentor untuk para staf baru, atau mempunyai kemampuan baik dalam presentasi, pernah menjadi panitia saat mengurus acara di kantor, memiliki relasi yang luas dalam penjualan, dan sebagainya.

Catat pula berbagai program komputer maupun teknologi yang bisa Anda operasikan dengan baik. Semua pengalaman dan keahlian yang Anda catat tersebut, nantinya akan dapat digunakan untuk menjual kemampuan dirimu dalam bekerja.


2. Persiapkan Mental Dalam Menghadapi Karir Baru

Ketika memutuskan untuk banting stir ke bidang pekerjaan baru, tentu membuat Anda harus rela mengesampingkan gengsi dan harga diri.

Apalagi jika di tempat pekerjaan yang baru nantinya Anda kemungkinan tidak bisa langsung ditempatkan pada jabatan yang sama tingginya dengan pekerjaan lama Anda.

Di bidang pekerjaan yang baru ini, mungkin pengalaman dan keahlian yang diperlukan dalam bekerja belum Anda kuasai sepenuhnya.

Anda harus menjadi lebih kooperatif dan selalu ingin terus belajar lebih banyak ketika memutuskan untuk memilih bidang pekerjaan baru.


3. Promosikan Diri Melalui Surat Lamaran

Tak ada yang mengatakan bahwa proses dalam pencarian pekerjaan merupakan hal yang mudah untuk dilakukan, apalagi bila pekerjaan tersebut terbilang di luar bidang pekerjaan Anda sebelumnya.

Oleh sebab itu, kekuatan surat lamaran dan resume menjadi hal penting dalam mempromosikan diri Anda agar perusahaan tertarik merekrut Anda.

Buatlah resume yang unik untuk menunjukkan bahwa Anda merupakan kandidat terpilih untuk menempati posisi pekerjaan tersebut.

Sebelum mengirimkan surat lamaran, pastikan Anda mengetahui tentang profil perusahaan dan job description pada bidang pekerjaan baru ini. Kemudian kaitkan visi dan misi perusahaan dengan tujuan Anda melamar di perusahaan tersebut.


4. Perbaiki Terus CV Anda

Meskipun Anda merasa selama ini CV atau resume yang telah Anda miliki telah solid, namun ketika hendak pindah pada bidang pekerjaan lain, mungkin perlu adanya beberapa revisi pada resume Anda tersebut.

Baca kembali berbagai pengalaman kerja lama yang pernah Anda jalani, lalu deskripsi dari pekerjaan tersebut Anda tulis ulang dan cocokkan dengan keahlian yang akan menunjang kinerjamu pada pekerjaan di bidang baru tersebut.

Misalnya saja, bila pekerjaan Anda sebelumnya adalah seorang perawat dan saat ini hendak melamar di perusahaan perbankan, maka fokuskan resume Anda pada kemampuan dalam mengorganisir data dan intrapersonal yang dimiliki.

Jadi, walaupun bidang pekerjaanmu sebelumnya berbeda dengan bidang pekerjaan yang hendak dilamar, buatlah daftar pengalaman kerja yang mendukung posisi baru yang Anda incar.


5. Persiapkan Interview Dengan Baik

Ketika lamaran Anda telah diterima, tahap selanjutnya adalah interview, yang banyak orang bilang merupakan tahap yang cukup menegangkan.

Anda perlu melakukan persiapan yang matang ketika menghadapi test interview ini. Cari tahu berbagai hal mengenai perusahaan sebelum wawancara tiba.

Ketahui pula secara detail mengenai posisi yang dilamar agar Anda mampu menjawab semua pertanyaan si pewawancara dengan mantap.

Bahkan, sebaiknya sempatkan diri untuk melakukan simulasi ringan demi menghadapi berbagai kemungkinan yang akan terjadi pada sesi wawancara.

Kemungkinan besar, pewawancara akan menanyakan alasan Anda melamar pekerjaan di bidang yang berbeda dengan latar pendidikan atau pengalaman kerja sebelumnya, Anda harus tetap percaya diri dan tidak gentar.

Jawablah dengan yakin serta pergunakan semua kemampuan dan pengalamanmu untuk membuat pewawancara yakin bahwa Anda merupakan orang yang tepat untuk mengisi posisi pekerjaan tersebut.


Demikianlah tips yang bisa Anda coba ketika memutuskan melamar kerja pada bidang pekerjaan di luar bidang pendidikan atau latar belakang pengalaman kerjamu.

Demi menyesuaikan diri pada bidang baru tersebut, Anda harus rela lebih banyak mempelajari tentang berbagai hal yang berkaitan dengan bidang pekerjaan baru tersebut.

Yakinlah, bahwa Anda mampu, dan semoga Anda cepat memperoleh pekerjaan yang dapat menafkahi serta mensejahterakan diri dan keluarga Anda.

Sumber:
http://situskarir.com/5-tips-melamar-pekerjaan-di-luar-bidang/


Related Posts

5 Tips Melamar Pekerjaan Di Luar Bidang Profesi Anda Sebelumnya
4/ 5
Oleh

1 komentar:

Anonim
27 Oktober 2015 15.16 delete

artikel yang bagus sob. berkat artikel ini nambah wawasan ane. makasih sob.

Reply
avatar