5 Tips Penting Merakit Komputer Agar Hasilnya Memuaskan

5 Tips Penting Merakit Komputer Agar Hasilnya Memuaskan
Sama halnya ketika melakukan aktivitas lain, memulai perakitan komputer juga diperlukan perencanaan yang matang supaya hasilnya nanti sesuai dengan kebutuhan dan lebih memuaskan.

Jangan sampai salah dalam merakit komputer, misalnya merakit komputer dengan spesifikasi standar kantor padahal keperluannya untuk game, atau merakit komputer dengan spesifikasi tinggi padahal keperluannya hanya untuk program office saja. Tentu hal ini tidak akan efektif dan efisien.

Nah, berikut ini kami akan berbagi kepada Anda tentang beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan ketika Anda hendak merakit komputer yang efektif dan efisien.

1. Tujuan Penggunaan Komputer

Langkah awal dalam merakit komputer adalah mempertimbangkan tujuan penggunaan komputer tersebut.

Bila komputer yang akan dirakit nantinya hanya untuk keperluan program office atau sekadar browsing saja, maka Anda cukup membeli komponen-komponen yang tidak terlalu mahal, sehingga spesifikasinya tidak terlalu tinggi dan budget pun akan lebih hemat.

Namun jika tujuan penggunaan komputer tersebut untuk keperluan gaming maupun desain grafis atau audio video editing, maka Anda harus memilih komponen yang memang menyajikan kualitas grafis yang tinggi.


2. Rencanakan Anggaran

Hal penting berikutnya dalam merakit komputer adalah tentukan berapa budget yang hendak Anda belanjakan hingga proses perakitan selesai dan komputer siap digunakan.

Dengan menentukan budget atau anggaran yang sesuai, maka Anda akan lebih fokus dalam mencari komponen-komponen dan aksesoris komputer yang akan digunakan, sehingga lebih menghemat waktu dan tenaga.


3. Belilah Hardware Type Terbaru

Sekarang ini, banyak hardware yang memang diperuntukkan agar mendukung software yang dirilis hingga beberapa tahun ke depan.

Jadi, sebaiknya Anda membeli komponen hardware dengan type terbaru agar komputer tersebut tetap bisa dipakai hingga beberapa waktu ke depan dan tidak terlalu ketinggalan zaman.

Apalagi seperti kita ketahui, kalau perkembangan teknologi komputer dan gadget begitu amat pesat, bahkan setiap bulan selalu saja ada tipe terbaru dengan spesikasi lebih tinggi.


4. Pilih Merek Komponen Dengan Reputasi Baik

Sebelum melakukan pembelian berbagai komponen untuk komputer rakitan Anda, usahakan untuk mencari info tentang beberapa pilihan merek komponen yang akan dipakai.

Lihatlah bagaimana tanggapan para pengguna yang telah lebih dulu memakai komponen tersebut, apakah mempunyai reputasi baik atau justru banyak keluhan dari para pengguna tentang kualitas dari komponen dengan mereka tertentu.

Jangan sampai nantinya Anda kecewa karena membeli barang yang ternyata memiliki kualitas yang rendah, tentunya ini akan menimbulkan berbagai masalah di kemudian hari.


5. Merek Terkenal Bukan Jaminan

Mayoritas orang yang gemar merakit komputer cenderung mempunyai merek-merek favorit untuk komponen yang mereka biasa gunakan seperti “nVidia” video cards, atau “IBM” harddrive, dan lain-lain.

Namun, bukan berarti mereka lain lantas menjadi tidak bagus. Belum tentu kan? Cobalah memperluas jangkauan dalam mencari merek-merek komponen tertentu yang mungkin tidak setenar merek-merek ternama, namun memiliki reputasi yang cukup bagus.

Siapa tahu, Anda bisa menemukan merek tertentu dengan harga lebih murah, namun kualitas tetap sama merek ternama.


Nah, itulah beberapa tips penting yang perlu Anda perhatikan ketika ingin merakit sebuah komputer,

pertimbangkan pula kompatibilitas dari beragam komponen yang Anda beli, jangan sampai nantinya Anda kecewa kalau ternyata komputer rakitan Anda tidak mampu bekerja dengan optimal dikarenakan adanya satu atau dua komponen yang kurang kompatibel.

Usahakan untuk sering membaca beragam informasi mengenai komponen-komponen komputer baik lama maupun yang terbaru.

Dan jangan segan untuk bertanya kepada para teknisi yang mungkin sudah lebih berpengalaman dari Anda.

Semoga kegiatan merakit komputer Anda dapat berjalan sukses dengan hasil yang memuaskan.

Sumber:
http://www.duniaberbicara.com/komputer/perhatikan-6-hal-ini-saat-merakit-komputer.html


Related Posts

5 Tips Penting Merakit Komputer Agar Hasilnya Memuaskan
4/ 5
Oleh