6 Cara Menata Meja Kerja Untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja

6 Cara Menata Meja Kerja Untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja
Sebagai pegawai kantoran, tentunya kantor tempat kerja Anda merupakan rumah kedua.

Bahkan, tidak jarang hari-hari Anda lebih banyak dihabiskan di kantor ketimbang di rumah Anda sendiri.

Sedari pagi, hingga sore bahkan malam hari. Ruangan kerja Anda merupakan tempat di mana Anda menghabiskan waktu sepanjang hari.

Sama halnya seperti rumah, kondisi ruang kerja tentu akan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan Anda dalam bekerja.

Simak juga: Tips Agar Semangat Bekerja Kembali Sesudah Liburan

Ruangan kerja yang kurang nyaman, membuat Anda menjadi tidak betah dan bahkan bisa menurunkan produktivitas Anda dalam bekerja.

Kenyamanan ruang kerja harus dimulai dari kondisi meja kerja Anda. Meja kerja merupakan tempat awal yang harus ditata sedemikian rupa selayaknya barang-barang di rumah Anda, sehingga Anda pun bisa lebih nyaman dalam bekerja.

Banyak ahli mengungkapkan bahwa meja kerja yang tertata dengan rapi bisa mencegah karyawan merasa lesu, mengantuk, dan malas terutama ketika bekerja.

Di samping itu, menata rapi meja kerja Anda tentunya akan memberikan semangat kepada Anda dalam mengerjakan tugas-tugas kantor dari atasan.

Cara Anda dalam bekerja pun akan dicerminkan dari bagaimana kondisi meja kerja Anda sendiri. Berikut ini kami akan berbagi beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menata meja kerja Anda di ruang kantor supaya semangat kerja dan produktivitas bisa lebih meningkat.


1. Bersihkan Seluruh Bagian Meja Kerja

Hal pertama yang harus dilakukan dalam menata meja di kantor supaya nyaman untuk Anda bekerja adalah membersihkan seluruh bagian meja kerja Anda.

Kebersihan ini harus dilakukan secara total, termasuk menyingkirkan benda-benda yang tidak diperlukan atau kurang fungsional yang hanya akan membuat meja Anda terlihat berantakan.


2. Mengatur Peletakkan Dengan Sistematis

Barang-barang yang Anda butuhkan di meja kerja harus diatur lagi sedemikian rupa agar lebih sistematis termasuk semua file agar terlihat rapi dan mudah dicari ketika Anda membutuhkan barang tersebut seketika.

Bila terdapat sticky notes di ruang kerja Anda, maka sediakan tempat khusus untuk menempelnya agar tetap terlihat rapi dan nyaman ketika hendak digunakan.


3. Menata Kabel-kabel

Walaupun bagian ini mungkin bukan tanggung jawab Anda, namun tentu kabel-kabel yang berantakan seperti benang khusus akan membuat ruangan Anda tidak sedap dipandang mata.

Kesemrawutan tersebut tentunya akan mengurangi semangat Anda dalam bekerja. Untuk itu, semua kabel termasuk kabel komputer, monitor, laptop, charger, kabel data, printer, mesin fax, dan lain-lain harus Anda tata sedemikian rupa, gunakan tali atau pengikat dan kelompokkan jadi satu unit agar terkesan rapi.


4. Selalu Sediakan Tempat Sampah Di Dekat Meja Kerja

Hal ini mungkin seringkali disepelekan banyak orang. Padahal, adanya tempat sampah yang diletakkan di dekat meja kerja akan mengurangi sampah-sampah baik berupa kertas atau plastik yang berceceran di meja atau ruang kantor.


5. Gunakan Furniture yang Sesuai Dengan Desain Ruang Kantor

Furniture yang baik untuk meja kerja adalah yang sederhana namun tepat guna. Disarankan memilih furniture dengan desain minimalis, selain menjadi sedap dipandang, juga akan dapat mendukung pekerjaan di kantor.


6. Jangan Makan Di Meja Kerja

Mungkin Anda tidak sadar bila kebiasaan Anda makan atau ngemil dan minum di meja kerja akan membuat ruangan lebih cepat kotor dan juga berantakan.

Di samping itu, dikhawatirkan minuman atau makanan Anda bisa tumpah mengenai peralatan elektronik yang tentunya sangat rentan terkena air sehingga malah mengakibatkan kerusakan pada properti kantor. Untuk itu, sebaiknya hindari sebisa mungkin melakukan aktivitas makan dan minum di meja kerja.


Demikianlah posting kami tentang 6 cara membuat meja kerja Anda tertata dengan baik sehingga akan meningkatkan semangat dan produktivitas Anda dalam bekerja.

Meja kerja yang bersih, rapi, dan nyaman pastinya akan membuat Anda lebih betah berlama-lama duduk di kursi kerja Anda.

Namun, perlu diingat juga terlalu lama duduk di depan komputer atau meja kerja akan memberikan dampak tidak baik untuk kesehatan.

Maka selingi juga dengan beberapa aktivitas kecil seperti jalan-jalan atau senam kecil setiap beberapa jam agar tubuh Anda tidak kaku dan pegal-pegal.

Sumber:
http://www.get-realty.com/marketTrends/read/menata-meja-kerja-sewa-kantor-untuk-tingkatkan-semangat


Related Posts

6 Cara Menata Meja Kerja Untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja
4/ 5
Oleh