6 Tips Mudah Mahasiswa yang Ingin Lulus Dengan IPK Tinggi

6 Tips Mudah Mahasiswa yang Ingin Lulus Dengan IPK Tinggi
Sudah menjadi hal yang lazim bila seorang mahasiswa ingin mendapatkan nilai IPK yang tinggi di setiap semesternya.

Begitu juga dengan Anda, yang mungkin sekarang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Di dalam aktivitas perkuliahan, mempunyai nilai IPK tinggi merupakan dambaan bagi setiap mahasiswa.

Sebab, sekarang ini begitu banyak hal yang mensyaratkan mahasiswa atau lulusan perguruan tinggi agar memiliki IPK yang sempurna, misalnya untuk pengajuan beasiswa, atau melamar suatu pekerjaan.

Akan tetapi, untuk memperoleh IPK yang tinggi memang bukan suatu hal yang gampang. Dibutuhkan kerja keras ekstra untuk mencapainya.

Baca juga: Beberapa Kelemahan Budaya Pendidikan Yang Membuat Masyarakat Sulit Berkembang

Nah, bila Anda sangat ingin mendapatkan IPK yang tinggi di setiap semester, maka cobalah untuk menerapkan beberapa tips berikut ini!


1. Awali Dengan Niat dan Tekad yang Kuat

Segala sesuatu harus diawali dengan niat baik dan tekad yang kuat. Bila Anda memiliki keinginan, maka harus ditanamkan niat dan tekad yang kuat di awal. Tetapkan target Anda untuk mendapatkan IPK tinggi, dan kejar target tersebut tahap demi tahap.

Dengan melakukan start yang bagus, maka seorang pelari bisa menjadi yang terdepan, begitu juga dengan suatu pencapaian yang diawali dengan niat dan tekad yang kuat, segala tantangan atau rintangan yang menghadang tentunya tidak akan mudah membuat Anda goyah.


2. Jangan Bergantung Pada Orang Lain

Segera buang kebiasaan Anda yang selama ini cenderung mengerjakan tugas kuliah bergantung dengan jawaban teman.

Kebiasaan tersebut hanya membuat Anda semakin larut dalam kemalasan untuk berpikir tentang suatu solusi dari sebuah permasalahan.

Berusaha dan yakinlah bahwa Anda bisa mengerjakan tugas tersebut dengan kemampuan sendiri. Dengan mengerjakan tugas-tugas kuliah sendiri, maka Anda akan belajar untuk mencari sebuah solusi dari setiap permasalahan dan apa yang Anda pelajari dari tugas tersebut, otak akan dengan mudah untuk menyerapnya.

Terkecuali, bila memang tugas yang diberikan adalah tugas kelompok. Hindari untuk mengerjakan semuanya sendiri, kerjakan apa yang sudah menjadi porsi Anda dalam kelompok tersebut.

Karena akan ada banyak hal yang bisa kita pelajari dari tugas kelompok yang memang untuk dikerjakan secara tim.


3. Jadilah Mahasiswa Proaktif

Menjadi mahasiswa proaktif, terutama di dalam kelas akan membuat Anda semakin mudah mengejar IPK tinggi. Anda harus aktif dalam bertanya, menjawab, atau berdiskusi, dengan demikian dosen akan mudah mengenal nama Anda dan mencatat bahwa Anda memang memiliki antusiasme dalam perkuliahannya, dan biasanya orang-orang yang antusias terhadap sesuatu akan mencoba untuk lebih mendalami hal tersebut.

Keaktifan Anda dalam kelas juga bisa menjadi nilai tambah yang akan meningkatkan nilai pada mata kuliah tersebut, biasanya dosen akan memberikannya sebagai hadiah secara subjektif karena ia senang dengan mahasiswa yang aktif di dalam kelas.


4. Duduk Di Bangku Paling Depan

Meski duduk paling depan tidak menjamin Anda mendapatkan IPK tinggi, namun seperti pepatah modern mengatakan “posisi menentukan prestasi”, biasanya pelajar atau mahasiswa yang selalu duduk di deretan bangku paling depan akan lebih berkonsentrasi dalam menyimak materi yang diberikan dosen, Anda akan lebih mudah mendengar dan melihat apa yang disampaikan dosen, sehingga otak akan lebih mudah dalam menyerap ilmu tersebut. Jadi, memang ada hubungan yang erat antara posisi duduk Anda dengan nilai IPK yang memuaskan.


5. Bergaul Dengan Teman yang Rajin

Bergaul dengan teman yang rajin akan membuat Anda tetap terpacu semangatnya untuk dapat mengejar target yang sebelumnya telah Anda tentukan di awal yang disertai dengan niat dan tekad yang kuat.

Ketika semangat Anda mulai kendur di tengah perjalanan, maka teman yang rajin akan memberikan Anda motivasi untuk tidak menyerah pada apa yang sedang Anda perjuangkan.

Mitos tentang pergaulan yang dapat menularkan berbagai hal positif maupun negatif memang benar adanya, bila tidak percaya, bisa Anda buktikan sendiri!


6. Iringi Dengan Rajin Ibadah dan Doa

Segala usaha yang kita lakukan rasanya tidak lengkap bila tidak didampingi dengan doa. Sebab, manusia hanya bisa berencana dan berusaha, tapi tetap Tuhan lah yang akan menentukan. Dan doa tanpa diiringi ibadah, maka akan sulit untuk bisa terkabul.

Dengan rajin ibadah, maka Tuhan akan terasa semakin dekat dengan kita. Logikanya, bagaimana Tuhan akan memperhatikan doa kita, bila kita sebagai mahluknya saja tidak pernah ibadah, dalam arti tidak pernah berusaha untuk dekat dengan Tuhan?

Nah, jadi jangan Anda meremehkan kekuatan doa dan ibadah. Namun, keduanya pun hanya akan menjadi mimpi belaka jika kita tidak mau berusaha.


Nah, itulah beberapa tips dari kami yang semoga bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba dan jadilah mahasiswa berprestasi yang dapat mengangkat harkat dan martabat bangsa.

Sumber:
http://blognyavenny.blogspot.com/2013/03/6-tips-meningkatkan-nilai-ipk.html


Related Posts

6 Tips Mudah Mahasiswa yang Ingin Lulus Dengan IPK Tinggi
4/ 5
Oleh