9 Tips Membangun Hubungan Baik Dengan Teman Kantor

9 Tips Membangun Hubungan Baik Dengan Teman Kantor
Bekerja itu sebenarnya hampir serupa dengan sekolah atau kuliah.

Akan ada banyak orang yang kita temui dan berinteraksi dengan mereka, serta bekerja sama bahkan hingga waktu yang lama.

Jadi, membina hubungan baik merupakan hal yang penting untuk kita lakukan di lingkungan kerja, sama seperti saat kita masih bersekolah atau kuliah.

Membina hubungan baik dengan rekan kerja ini terkadang bukanlah perkara yang mudah, sebab setiap orang tentunya mempunyai kepentingan dan latar belakang yang berbeda-beda pula.

Baca juga: 5 Cara Menghindari Konflik dalam Persaingan Kerja yang Tidak Sehat

Nah, sebelum kita melangkah lebih jauh mengenai cara untuk membangun hubungan baik dengan rekan kerja, ada baiknya kita mengetahui dulu nih alasan mengapa membangun hubungan baik dengan rekan kerja itu penting untuk dilakukan.


1. Memperbanyak Teman

Perlakukanlah rekan kerja sama seperti layaknya seorang sahabat. Apalagi bagi Anda yang mempunyai jam kerja relatif panjang sehingga akan ada banyak waktu yang Anda habiskan bersama mereka.

Biasanya sih hubungan akan menjadi baik dikarenakan sering kerja bersama, sering ngobrol atau sering kumpul-kumpul pada jam istirahat.

Namun, ada kalanya tidak semua orang bisa cocok dengan kita, dibikin santai saja, toh Anda berada di situ karena pekerjaan.

Satu hal yang pasti, bila kita memperlakukan rekan kerja selayaknya seorang sahabat maka mereka pun akan berlaku baik pada kita.

Untuk itu, Anda perlu untuk mengenal mereka lebih dalam, seperti pepatah bilang “tak kenal, maka tak sayang”.

Ketika hubungan yang baik dengan rekan kerja Anda sudah terbina, maka jadi lebih santai dan tidak segan untuk saling membantu.


2. Membantu Memperlancar Pekerjaan

Percayalah, semakin sering Anda membantu orang, maka orang lain pun akan dengan senang hati untuk membantu kita.

Berperilaku baik kepada orang lain, akan membuat kita pun diperlakukan dengan baik oleh orang lain.

Walau tidak ada jaminan tentang hal itu, tapi tanamkanlah dalam diri Anda untuk dengan senang hati membantu orang lain tanpa pamrih.

Tentunya hal ini akan semakin memperlancar pekerjaan kita, karena kita mendapat dukungan dari rekan-rekan kerja.


3. Meningkatkan Kemampuan Interpersonal dan Cara Berkomunikasi

Sering berinteraksi dengan banyak orang yang memiliki perbedaan latar belakang, kepribadian dan kepentingan, tentunya akan membuat Anda belajar cara berkomunikasi yang lebih baik.

Apalagi bila di tempat kerja Anda terdiri dari orang-orang dengan latar belakang usia yang beragam, tentu cara berkomunikasinya pun akan berbeda-beda antara satu individu dengan individu yang lainnya.

Di samping itu, kemampuan Anda dari sisi interpersonal pun akan menjadi lebih terasah dengan baik. Kemampuan interpersonal ini maksudnya adalah kemampuan untuk bisa mendengarkan, membina hubungan, mengumpulkan informasi, dan membuat orang merasa nyaman bergaul dengan kita.


4. Cepat Mendapat Informasi Penting Tentang Situasi dan Kondisi Kantor

Terkadang, ketika bekerja pun kita tidak hanya dihadapkan dengan urusan kita sendiri saja. Namun, penting juga untuk mendapatkan informasi terbaru tentang situasi dan kondisi di kantor secara umum.

Nah, biasanya dengan adanya hubungan baik dengan rekan-rekan di kantor (apalagi lintas divisi), kita jadi bisa lebih cepat mendapat informasi mengenai kondisi kantor secara umum.

Tapi ingat ya, tujuannya di sini bukanlah untuk membicarakan tentang gosip-gosip atau isu tidak jelas.

Anda juga harus memilih mana informasi yang baik untuk diterima, mana informasi yang hanya sekadar bahan obrolan saja.


Tips Membangun Hubungan Baik Dengan Rekan Kerja

Nah, setelah Anda tahu bahwa membina hubungan baik dengan rekan kerja di kantor itu merupakan hal yang sangat penting, sekarang baru kita coba beberapa tips di bawah ini!


1. Hindari Pilah-pilih Dalam Berteman

Biasakanlah dan tanamkan dalam diri untuk tidak pilih-pilih dalam berteman. Terutama jika Anda “anak baru” di kantor, sebisa mungkin maka berkenalanlah dan bersikap ramah dengan semua orang di kantor.

Hal ini akan memberikan kesan bahwa diri kita adalah orang yang ramah, baik, dan menyenangkan. Semakin banyak Anda akrab dengan orang di kantor maka akan semakin memudahkan Anda dalam bekerja.

Baca juga: 6 Cara Karyawan Mencegah Konflik di Lingkungan Kerja

Sebab, orang tidak lagi akan merasa canggung ketika minta bantuan kepada Anda, dan juga di saat Anda memerlukan bantuan pun mereka akan dengan senang hati membantu Anda. Hubungan dengan rekan kerja yang lain pun juga akan menjadi nyaman namun tetap profesional.


2. Bina Hubungan Di Luar Jam Kerja

Salah satu cara dalam membina hubungan baik dengan rekan kerja ialah dengan sering berinteraksi di luar jam kerja.

Bila biasanya Anda hanya sering bertemu dengan rekan kerja untuk diskusi mengenai pekerjaan, tak ada salahnya mulai membiasakan diri untuk sarapan bareng, makan siang, ataupun ngopi bareng.

Sesekali berganti teman makan siang juga ada baiknya, jadi tidak hanya orang-orang itu saja yang kita kenal, tapi juga seluruh rekan kerja di kantor tempat Anda bekerja.


3. Mampu Bekerja Sama Dalam Tim

Ada kalanya kita akan dihadapkan dengan suatu projek atau pekerjaan yang memerlukan kerja tim. Untuk itu, Anda harus bisa menjadi orang yang dapat diandalkan dalam tim, siapapun orang-orang yang berada dalam tim tersebut.

Biasakan untuk tidak segan-segan bertanya ketika merasa bingung, tunjukkan bahwa Anda bisa memberikan kontribusi saat bekerja sama dalam tim. Tugas-tugas yang diberikan, maka selesaikanlah dengan usaha yang maksimal.

Meskipun hasilnya belum sesuai dengan yang diharapkan, setidaknya tim Anda sudah melihat bahwa Anda telah memberikan usaha yang maksimal.


4. Jalin Komunikasi Dengan Semua Teman Kantor

Dalam berkomunikasi dengan rekan kerja, tentunya kita harus sopan dan ramah, baik komunikasi yang bersifat tatap muka langsung, atau komunikasi melalui telepon, chatting, maupun email.

Panggillah rekan kerja Anda dengan sebutan “Bapak”, “Ibu”, atau “mba”, “mas” agar terkesan lebih sopan.

Jangan karena melihat usianya mungkin masih muda, lalu Anda sok akrab dengan memanggil namanya saja. Ingatlah, tidak semua orang nyaman dipanggil namanya begitu saja.

Sekali saja Anda membuat kesan kurang sopan dalam berkomunikasi, maka butuh waktu lama untuk Anda bisa akrab dengan rekan kerja di kantor.

Dalam berkomunikasi, jangan hanya perkataan kita saja yang maunya didengarkan oleh orang lain. Tapi kita juga harus mampu menjadi pendengar yang baik.

Dengan menjadi pendengar yang baik bagi orang di sekeliling Anda, maka Anda akan bisa memberikan umpan balik ke rekan kerja sehingga mereka pun merasa lebih dihargai.


5. Saling Menghormati

Salah satu cara sederhana untuk menampilkan kesan bahwa Anda adalah orang yang bisa menghormati orang lain adalah dengan saling menyapa, misalnya ketika berpapasan mengatakan “hai”, atau “selamat pagi”, sambil tersenyum.

Dan jangan segan untuk membicarakan tentang berita-berita terkini saat waktu istirahat atau jam makan siang, atau ketika suasana sedang tidak begitu sibuk.

Begitu pula ketika Anda hendak menanyakan sesuatu atau meminta bantuan kepada rekan kerja, hormati waktu mereka, perhatikan kesibukkan yang sedang dilakukan rekan kerja, dan jangan meminta bantuan saat mereka sedang sibuk bersama pekerjaan mereka sendiri.

Dan lagi, Anda harus lebih mandiri untuk mencari solusinya terlebih dulu, jangan sedikit-sedikit tanya, atau sedikit-sedikit minta dibantu, rekan pun lama-lama akan merasa jemu karena terlalu sering dimintai bantuan oleh Anda.


6. Hindari Membicarakan Topik yang Membuat Orang Lain Tidak Nyaman

Walaupun sudah begitu akrab dengan rekan-rekan kerja di kantor, sebaiknya hindari untuk membicarakan masalah-masalah yang membuat orang lain tidak nyaman, seperti masalah gaji, agama, atau masalah pribadi maupun keluarga.

Topik-topik tersebut sebenarnya dapat membuat orang lain tidak nyaman, cenderung mengarah menjadi bahan gosipan atau bahkan dapat menimbulkan fitnah.

Maksud hati Anda ingin curhat, eh malah membuat orang lain salah paham. Hal ini akan terjadi bila Anda terlalu banyak komplain tentang hal-hal yang tidak menyenangkan di kantor.

Di samping itu, akan ada energi negatif yang menular dari satu orang ke orang lain yang pada akhirnya akan menurunkan tingkat produktivitas para karyawan di kantor tempat Anda bekerja.


7. Hadapi Konflik Secara Profesional

Konflik dalam dunia kerja tentu menjadi hal yang tidak dapat dihindari, terkadang bisa saja terpicu karena masalah sepele.

Untuk itu, hindarilah sebisa mungkin berbagai hal yang berpotensi menimbulkan konflik dengan sesama rekan kerja.

Bila sudah terjadi konflik, maka Anda harus siap untuk menghadapinya secara profesional.


8. Bina Hubungan Baik Dengan Semua Karyawan

Hilangkan ego dalam diri yang membuat Anda merasa lebih hebat daripada orang lain. Berhubungan baik dengan siapa pun di kantor tidak ada ruginya kok, termasuk dengan security, office boy, maupun sekretaris. Tidak jarang, mereka justru menjadi penolong kita di saat-saat yang tidak terduga.


9. Jangan Sungkan Mengucapkan Pujian dan Terima Kasih

Memuji orang lain enggak ada ruginya kok, bahkan caranya sangat sederhana dan tidak memerlukan suatu keahlian khusus. Berikan apresiasi kepada mereka yang memiliki prestasi di kantor.

Tidak usah terlalu berlebihan, sederhana saja dalam memuji, yang penting Anda sudah dapat menyenangkan hati orang lain. Dan hargailah setiap orang yang telah memberikan bantuan kepada Anda mengucapkan terima kasih.

Toh, hanya “dua kata”, ucapan terima kasih akan membuat mereka merasa dihargai atas apa yang telah dilakukannya untuk Anda.

Selain itu, bila Anda memang melakukan kesalahan, entah itu disengaja atau tidak, maka jangan sungkan untuk meminta maaf.


Demikianlah sedikit tips dari kami tentang cara membangun hubungan baik dengan sesama rekan kerja di kantor.

Ingatlah, kesuksesan dalam karir tidak akan bisa Anda raih tanpa peran dan dukungan dari orang-orang di sekitar Anda.

Sumber:
http://www.kaskus.co.id/thread/5599b3fc1a997520758b456a/10-cara-membina-hubungan-baik-dengan-rekan-kerja/


Related Posts

9 Tips Membangun Hubungan Baik Dengan Teman Kantor
4/ 5
Oleh