H2testw - Software Gratis Untuk Cek Kapasitas Asli Flashdisk Anda

Seringkali, masyarakat tertipu dengan beberapa flashdisk yang ternyata berkualitas rendah dengan kapasitas palsu (fake capacity).

Misalnya saja, meskipun dalam sistem terbaca 8 GB, tetapi ketika digunakan untuk menyimpan file, ternyata kapasitasnya tidak mencapai 8 GB.

Untuk jenis flashdisk seperti, biasanya dikenal dengan flashdisk kualitas Grade C dengan fake capacity.

Mungkin jenis-jenis flashdisk seperti memang memiliki harga jual yang jauh lebih murah, akan tetapi bila dibandingkan flashdisk dengan Grade A dengan real capacity (meski harganya lebih mahal), flashdisk dengan grade C akan mudah rusak bila terlalu sering digunakan untuk menyimpan file-file besar.

Baca juga: 5 Tips Penting Merakit Komputer Agar Hasilnya Memuaskan

Nah, untuk mengetahui apakah flashdisk yang Anda beli tersebut memiliki real capacity atau fake capacity, ada sebuah software yang bisa dipakai dalam pengecekan flashdisk tersebut.

Sehingga ketika suatu saat Anda membeli lagi, tidak tertipu terhadap flashdisk-flasdisk dengan fake capacity yang dijual dengan harga grade A.

Software tersebut adalah H2testw, dengan software ini Anda bisa melakukan test terhadap flashdisk. Program ini berukuran kecil dan sangat ringan dijalankan pada PC atau laptop Anda.

Cara kerja software ini adalah melakukan uji data integrity dengan menuliskannya ke dalam USB flashdisk yang kita miliki.

Setelah dituliskan dalam flashdisk, kemudian software ini akan membacanya kembali dan melakukan verifikasi terhadap data integrity tersebut.

Anda tidak perlu menginstall software ini pada PC, sebab software ini bersifat portabel dan bahkan bisa dijalankan dari sebuah removable disk.

Anda tinggal unduh dan extract software H2testw ini pada harddisk kemudian langsung jalankan software tersebut.

Di samping itu, software ini juga bisa digunakan dengan gratis alias free. Bagi Anda yang ingin mencobanya, bisa mengunduhnya pada link download berikut ini:
http://www.softpedia.com/get/System/System-Miscellaneous/H2testw.shtml

Software ini terdapat dalam paket file berformat rar, jadi setelah diunduh Anda harus meng-extractnya dulu ke folder di harddisk Anda, bisa menggunakan WinRAR atau WinZip.


Cara Menggunakan H2testw

Cara menggunakan software ini cukup mudah, Anda tinggal memilih drive USB Flashdisk yang hendak di-test dengan meng-klik button Select Target.

H2testw - Software Gratis Untuk Cek Kapasitas Flashdisk Sebenarnya


Setelah itu, klik lagi button ‘Write + Verify’. Jika pengetesan berhasil maka akan muncul contoh seperti gambar di bawah ini:

H2testw - Software Gratis Untuk Cek Kapasitas Flashdisk Sebenarnya


Nah, cukup mudah bukan? Selamat mencoba kawan!

Sumber dan gambar:
http://usbcraft.com/artikel/test-kapasitas-flashdisk-dengan-h2testw/


Related Posts

H2testw - Software Gratis Untuk Cek Kapasitas Asli Flashdisk Anda
4/ 5
Oleh