Keunggulan Kuliah Jurusan Farmasi Dan Peluang Kerja Yang Tersedia

Keunggulan Kuliah Jurusan Farmasi Dan Peluang Kerja Yang Tersedia
Farmasi adalah salah satu bidang professional kesehatan yang mengkombinasikan ilmu kesehatan dan ilmu kimia.

Bidang profesi farmasi memiliki tanggung jawab untuk memastikan keamanan serta efektivitas dalam pemakaian obat-obatan.

Pada praktiknya, profesi farmasi mempunyai ruang lingkup dalam penyediaan dan peracikan obat, dan juga dalam hal pelayanan terhadap pasien baik pada layanan klinik, keamanan penggunaan obat-obatan, evaluasi efikasi, serta pemberian informasi obat.

Baca juga: Para Wanita yang Berprofesi Sebagai Pro Gamer

Dalam pendidikan tinggi, farmasi merupakan jurusan yang berkaitan dengan ilmu kedokteran dan ilmu kimia.

Bila ilmu kedokteran mungkin akan lebih memfokuskan diri dalam upaya penanganan atau penyembuhan pasien secara langsung.

Sedangkan pada jurusan farmasi fokusnya lebih kepada obat-obatan yang dapat berguna dalam penyembuhan pasien.

Dalam ilmu farmasi, kita akan mempelajari berbagai hal mulai dari pembuatan obat, ramuan tradisional, cara kerja obat di dalam tubuh, pelayanan obat kepada pasien, dan famasetika.

Termasuk juga belajar tentang cara menjelaskan atau memberikan informasi yang dapat diterima dengan mudah oleh pasien mengenai tata cara konsumsi (pemakaian) obat yang benar, indikasi, dan efek samping dari obat tersebut.

Gelar Amd.Far akan didapatkan oleh mereka yang lulus dari jurusan D3 farmasi. Sedangkan bagi yang lulusan S1 farmasi maka akan memperoleh gelar S.Farm (Sarjana Farmasi), dan juga biasanya akan ditambah gelar profesi Apoteker (Apt.) di belakang S.Farm.

Dalam jurusan farmasi sangat mengutamakan kemampuan analisis. Sebab, mereka yang lulus dari pendidikan farmasi ini akan bekerja pada industri farmasi yang membuat mereka harus bersentuhan dengan obat-obatan dan bahan kimia.

Profesi seperti ini membutuhkan ketekunan ketelitian dan juga kesabaran. Calon mahasiswa farmasi harus mempunyai karakter tersebut dalam diri mereka.

Mereka akan dihadapkan oleh banyak penelitian, hafalan, serta praktik kerja di industri farmasi selama mereka menempuh pendidikan di jurusan farmasi.



Peluang Kerja Untuk Lulusan Farmasi

Peluang kerja yang tersedia untuk jurusan farmasi bisa dikatakan cukup menjanjikan. Mengingat keahlian di bidang farmasi juga diharuskan memenuhi kriteria tertentu, maka lulusannya pun memang banyak diserap oleh lapangan kerja, bahkan ada beberapa mahasiswa terbaik yang sebelum lulus sudah banyak dipesan oleh berbagai perusahaan farmasi baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Berdasarkan survey yang dilakukan oleh HESA, sebanyak 94 persen lulusan farmasi dan yang berkaitan dengan kesehatan maupun obat-obatan akan dengan cepat memperoleh pekerjaan. Dan berikut ini kami akan berbagi beberapa tempat kerja yang cocok untuk mereka lulusan farmasi.

Pegawai Instansi Pemerintahan

Sarjana farmasi sangat dibutuhkan oleh berbagai instansi kesehatan semacam Apotek, Rumah Sakit, maupun Puskesmas.

Biasanya, para lulusan farmasi akan dipekerjakan sebagai tenaga apoteker, atau sebagai pengembang, pengolah, peracik, atau pun pengamat obat-obatan.

Bagi mereka lulusan bidang farmasi juga tersedia peluang kerja di instansi-instansi pemerintahan non-rumah sakit, seperti pada Dinas Kesehatan, Departemen Kesehatan, dan juga Badan Pengawas Obat-obatan dan Makanan.

Selain itu, ada juga lulusan farmasi yang ditempatkan sebagai pengolah dan pengamat obat-obatan serta di bagian administrasi pelayanan obat pada instansi kesehatan Polri dan TNI.

Tenaga Pengajar Dan Instansi Penelitian

Peluang kerja bagi lulusan farmasi juga tersedia di bidang pendidikan, misalnya dengan menjadi dosen bidang farmasi, namun biasanya untuk bisa menjadi tenaga pengajar pada suatu Perguruan Tinggi Anda diharuskan menempuh pendidikan lagi minimal S2 bidang farmasi.

Jika anda merupakan seorang yang ingin menemukan sesuatu yang baru dalam dunia kesehatan, anda sebagai lulusan farmasi juga dapat menjadi peneliti.

Penelitian yang dilakukan sudah pasti penelitian mengenai obat­obatan. Anda dapat mencalonkan diri sebagai peneliti di sebuah instansi penelitian.

Industri Dan Perusahaan Swasta

Lapangan kerja bagi lulusan jurusan farmasi juga terbuka lebar dalam bidang perindustrian. Banyak industri atau perusahaan baik dalam maupun luar negeri yang bergerak di bidang kesehatan dan produksi obat-obatan membutuhkan tenaga-tenaga farmasi yang mumpuni.

Beberapa perusahaan bidang industri biologi dan obat-obatan yang sering membuka lowongan di bidang farmasi di antaranya Bayer, Kalbe Farma, dan Mead Johnson.

Sedangkan, ada juga beberapa perusahan industri makanan yang juga menyediakan lapangan kerja bagi lulusan farmasi seperti Orang Tua Group, Indofood, Nestle, dan Wingsfood.

Kemudian untuk bidang industri kosmetik di antaranya yaitu Martha Tilaar dan Mustika Ratu. Sedangkan untuk industri obat tradisional dan jamu, antara lain Sido Muncul, Nyonya Meneer, Air Mancur, dan Jamu Jago.

Dan selanjutnya untuk bidang industri perdagangan biasanya lulusan farmasi akan ditempatkan sebagai penjamin mutu standar keamanan dan kualitas obat-obatan maupun alat kesehatan.


Itulah beberapa peluang kerja yang tersedia bagi lulusan farmasi, mulai dari instansi pemerintahan, kesehatan, industri, maupun peneliti.

Bagi Anda yang berminat untuk masuk dalam jurusan farmasi haruslah memiliki kemampuan matematika yang baik sebagai penunjang pembelajaran di jurusan farmasi.

Jurusan farmasi juga sangat cocok bagi mereka yang senang dengan pelajaran yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan alam.

Terdapat beberapa mata pelajaran yang sangat mendukung seleksi dalam jurusan farmasi, antara lain Biologi, Kimia, Fisika, Matematika, Ujian Kognitif, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia.

Setidaknya, bagi Anda yang berniat untuk melanjutkan kuliah di jurusan farmasi harus mempunyai nilai minimal 7 untuk setiap mata pelajaran tersebut.

Di samping itu, bagi Anda yang mempunyai masalah buta warna maka akan dipastikan tidak bisa menempuh pendidikan di bidang farmasi.

Sumber:
http://zmurah.com/peluang-prospek-kerja-kuliah-lulusan-fakultas-jurusan-farmasi/


Related Posts

Keunggulan Kuliah Jurusan Farmasi Dan Peluang Kerja Yang Tersedia
4/ 5
Oleh

1 komentar:

25 Agustus 2016 19.50 delete

Good,tapi kurang untuk penjelasan prodi S2,maksudnya untuk gelarnya.

Reply
avatar