Manfaatkan Waktu 24 Jam Anda Dengan Maksimal

Manfaatkan Waktu 24 Jam Anda Dengan Maksimal
Mayoritas orang mungkin menjalani setiap harinya dalam siklus yang monoton.

Bangun pagi, berangkat kerja, lalu pulang kerja. Namun, sebenarnya 24 jam yang kita lalui hari ini, tidak akan sama dengan besok.

Dan pernahkah Anda berpikir apakah semua yang Anda kerjakan saat ini sudah tepat?

Bill Gates selalu bertanya pada diri sendiri sebelum memulai harinya, “Bila besok hari terakhir hidup saya, apa kegiatan hari ini yang ingin saya sangat lakukan?”

Baca juga: Menyongsong Perubahan Pada Era Baru Dunia Kerja Modern

Bila pada pertanyaan tersebut Anda adalah orang yang mengatakan dengan jawaban “Tidak”, mungkin Anda harus mengganti kebiasaan harian Anda.

Pada posting kali ini kami hendak berbagi tentang rutinitas beberapa orang sukses yang bisa Anda tiru dalam aktivitas sehari-hari.


Mengawali Hari Dengan Bangun Lebih Pagi

Nasihat orangtua “Bila bangun siang nanti rezekinya dipatuk ayam”, jangan kita sepelekan. Sebab, hal itu memang benar adanya. Logikanya, semakin pagi Anda bangun, maka semakin banyak pula hal yang dapat Anda kerjakan.

Seperti halnya Benjamin Franklin, harinya dimulai sejak jam lima pagi. Kebiasaan bangun pagi ini tak hanya dibuktikan oleh Franklink saja, orang-orang sukses lain seperti Haruki Murakami, Margaret Thatcher, dan Robert Iger juga selalu bangun lebih pagi dalam memulai harinya.

Franklin membiasakan diri memulai pagi harinya dengan sarapan, merencanakan kegiatan untuk satu hari, memikirkan solusi dari suatu permasalahan.

Dengan mengawalinya dengan sarapan, maka tubuh kita akan memperoleh energi penuh untuk lebih produktif selama 24 jam kemudian.

Jangan lupa juga untuk berolahraga di pagi hari, agar tubuh tetap bugar dan semangat dalam menjalani aktivitas selama satu hari.

Dalam biografinya yang berjudul Dreams for My Father, Barack Obama menyatakan bahwa ia kerap berlari sedikitnya 4 km setiap hari.

Diperkuat oleh studi lain yang menyebutkan bahwa olahraga di pagi hari dengan perut kosong terbukti akan membakar lemak lebih cepat, memperkuat otot, dan juga meningkatkan stamina Anda seharian.


Disiplin Dalam Bekerja

David Karp, pendiri Tumblr selalu membuka email-nya sebelum memukai kerja. Menurutnya, hal ini akan membuatnya mengetahui apa saja yang mesti ia selesaikan hari itu.

Kedisiplinan harus dilatih agar dalam menyelesaikan pekerjaan, kita bisa lebih berkonsentrasi. Rumuskan tujuan yang harus dicapai.

Di samping itu, selalu pertimbangkan hal apa saja yang Anda butuhkan dalam bekerja. Fasilitas kerja yang baik akan membantu Anda lebih efektif dalam melakukan berbagai kegiatan profesional.

Anda dapat melengkapi diri dengan teknologi, seperti menggunakan smartphone untuk selalu mendapatkan informasi terbaru yang akan membantu Anda dalam menghasilkan ide yang inovatif.


Istirahat Seimbang dan Tutup Hari Anda Dengan Evaluasi

Menurut penelitian yang dilakukan oleh American Psychological Association, saat malam hari kegiatan yang paling tepat untuk bersantai di antaranya adalah dengan membaca, mendengarkan musik, menghabiskan waktu dengan keluarga atau teman, serta melakukan hobi yang Anda gemari.

Pastikan Anda juga memiliki waktu tidur berkualitas yang cukup. Shawn Stevenson, seorang pakar kesehatan tubuh mengatakan, tidur yang disarankan adalah mulai dari jam 10 malam hingga jam 6 pagi.

Pola tidur seperti ini memang bisa kita atur secara fleksibel, namun, akan lebih baik bila kita tidur sebelum tengah malam dan bangun di pagi hari untuk mengoptimalkan energi.

Sebelum tidur, jangan lupa tutup hari Anda dengan melakukan evaluasi semua hal yang terjadi selama seharian.

Anda bisa menulisnya dalam sebuah jurnal, atau bila Anda malas menulisnya, manfaatkanlah gadget yang fungsional yang mampu memberikan fasilitas pembantu yang dapat digunakan dengan mudah.

Catatan dari evaluasi Anda tersebut akan sangat berguna untuk menemukan solusi dari masalah yang Anda hadapi di hari-hari berikutnya.


Demikianlah posting kami tentang bagaimana memanfaatkan waktu 24 jam Anda dengan maksimal. Berusahalah agar waktu 24 jam yang tersedia mampu memberikan hasil yang lebih efektif dan efisien.

Bila Anda telah mampu untuk membiasakan diri, maka lihatlah perbedaannya terhadap produktivitas dan kebahagiaan yang akan ditemukan dalam hidup Anda.

Tentunya, hari-hari berkualitas yang Anda lalui akan memberikan Anda tingkat kepuasan hidup yang lebih baik.


Sumber:
http://female.kompas.com/read/2015/05/23/091654420/Begini.Cara.Orang-orang.Sukses.Manfaatkan.Waktu.24.Jam.Maksimal.


Related Posts

Manfaatkan Waktu 24 Jam Anda Dengan Maksimal
4/ 5
Oleh